Selasa, 14 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Pekan Ketiga Ramadan, Harga Daging dan Telur Ayam Relatif Turun

Angga Purwanda

Senin, 04 Juni 2018 - 19:09 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Harga Daging dan Telur Ayam Relatif Turun
Pekan Ketiga Ramadan, Harga Daging dan Telur Ayam Relatif Turun
A A A

Beritacianjur.com - HARGA daging dan telur ayam pada pekan ketiga Ramadan relatif turun meskipun besarannya masih di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

Tidak banyak yang bisa dilakukan pemerintah setempat, karena sejumlah pihak terpaku pada patokan yang ditetapkan oleh pusat.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur, Himam Haris mengatakan, selain karena patokan harga, peternak hingga distributor juga terkendala oleh sistem produksi ternak yang memang sudah terganggu sejak lama.

”Ada pengurangan induk ayam sejak setahun lalu, jadi dampaknya sekarang ke harga DOC yang mahal. Belum lagi, pasokan ayam DOC-nya berkurang. Jadi peternak akhirnya berebut untuk produksi ayam sehingga harga pun naik,” ujar Himam, Senin (4/6/2018).

Saat ini, jelas Himam, harga jual daging ayam yang semula dijual Rp 40 ribu per kilogram menjadi Rp 36 ribu per kilogram. Besaran itu, dinilai masih tinggi karena sebenarnya pemerintah menginginkan harga jual maksimal adalah Rp 32 ribu per kilogram.

Sementara itu, harga telur ayam kini berkisar Rp 25 ribu per kilogram yang seharusnya bisa dijual seharga Rp 22 ribu per kilogram.

Himam tidak menyangkal, pada akhirnya harga jual daging dan telur ayam itu masih lebih tinggi dibandingkan HET.

”Kami tidak bisa menindak meski mereka menjual di atas HET yang ditetapkan. Soalnya, peternak juga beralasan kalau banyak faktor yang berdampak pada kenaikan harga daging dan telur ayam,” ucapnya.

Namun, jika terjadi penimbunan barang kebutuhan masyarakat, Himam memastikan tindak tegas akan diberlakukan. Hanya saja, untuk saat ini penimbunan tidak begitu memungkinkan. Apalagi, komoditas daging ayam dinilai tidak mungkin untuk ditimbun lama.

Menyiasati harga yang masih relatif tinggi itu, dinas pun akan melaksanakan Operasi Pasar Murah (OPM) bagi masyarakat tidak mampu. Himam mengungkapkan, setidaknya tersedia 4.500 paket pada OPM yang digelar di Mapolres Cianjur dan 4.000 paket pada OPM di Kecamatan Haurwangi.

Walaupun harga sejumlah komoditas masih tinggi, Himam mengklaim pasokan kebutuhan masyarakat akan aman sampai Lebaran mendatang. Hal itu pun diamini oleh Kepala UPT Pasar Induk Pasirhayam Cianjur, Asep Kusmiyadi.

”Sejauh ini, pasokan dan persediaan berbagai komoditas kebutuhan masyarakat masih bisa terpenuhi. Kenaikan yang terjadi juga tergolong masih dalam batas wajar,” ujar Asep.

Berdasarkan data di UPT Pasar Induk Pasirhayam, saat ini salah satu kebutuhan masyarakat yakni beras berada pada kisaran Rp 9 ribu per kilogram untuk jenis medium kualitas II. Sementara kualitas premium dijual Rp 10.500 per kilogram. Kemudian gula pasir, dijual Rp 11.500 per kilogram, minyak goreng curah Rp 11.500 per kilogram, dan daging sapi Rp110 ribu per kilogram.

Ia melanjutkan, harga komoditas yang kini cenderung fluktiatif adalah jenis cabai. Harga cabai tanjung kini Rp 45.000 per kilogram, cabai merah Rp 32.000 per kilogram, cabai keriting Rp 28.000 per kilogram, cabai rawit hijau Rp 18 ribu per kilogram, dan cabai rawit merah Rp 22 ribu per kilogram.

”Diperkirakan, permintaan akan kembali melonjak pada H-7 Lebaran. Tapi, Insya Allah persediaan dan pasokan berbagai komoditas yang dibutuhkan masyarakat dapat kami penuhi. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir,” pungkas Asep. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 9 jam yang lalu

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…