Jumat, 17 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Ini Kemenangan Tandang Perdana dan Kado Idul Fitri

Bungkam PSMS 3-0, Ezechiel Jadi Top Skor, Persib Tembus 5 Besar

Gie/bbs/net

Rabu, 06 Juni 2018 - 11:02 WIB

Foto:net
Foto:net
A A A

Beritacianjur.com - DENGAN skor telak 3-0, Skuad Maung Bandung berhasil meraih kemenangan tandang perdana usai membungkam tuan rumah PSMS Medan, pada laga klasik di Stadion Teladan, Medan, Selasa (5/6/2018) malam. Dua gol diciptakan Ezechiel N'Douassel dan satu lainnya Oh In Kyun.

Selain membuat Persib merangsek ke posisi 5 klasemen sementara, kemenangan laga yang mempertemukan dua tim sejarah kemarin pun menjadi kado kemenangan terakhir sebelum libur Idulfitri untuk bobotoh.

Tak hanya itu, berkat dua gol yang diciptakan Eze, pemain berpaspor Chad, Afrika Tengah tersebut pun mengukuhkan dirinya sebagai top skor sementara Liga 1 2018. Sejauh ini, Eze sudah mengoleksi 10 gol atau satu gol lebih banyak disbanding torehan Fernando Rodriguez (Mitra Kukar).

Eze mencetak gol pembuka untuk Persib pada menit ke-22. Tandukan kepalanya memanfaatkan umpan sepak pojok Supardi Nasir membuat bola meluncur deras ke sudut atas gawang PSMS yang dikawal Dhika Bhayangkara.

Pertandingan semakin menarik setelah Persib Bandung berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-38 melalui gol yang dicetak Oh Inkyun. Pemain asal Korea Selatan itu sempat melepaskan umpan panjang dari sisi kanan kepada Ghozali Siregar yang berada di sisi kiri. Setelah Ghozali melepaskan umpan silang, Oh Inkyun sudah berada di kotak penalti dan langsung melepaskan tembakan first time yang tak mampu dihalau Dhika Bhayangkara.

PSMS Medan mendapatkan kesempatan untuk memperkecil ketertinggalan pada akhir babak pertama melalui titik putih. Namun, eksekusi Legimin Raharjo mentah begitu saja karena tembakan yang dilepaskan oleh sang kapten terkena kaki Dede Natshir yang salah membaca arah bola tapi justru membuat bola tak masuk ke dalam gawangnya. Kedudukan 2-0 pun bertahan hingga babak pertama usai.

Setelah babak pertama dikuasai Persib Bandung sampai bisa unggul 2 gol, pada babak kedua PSMS Medan balik menguasai pertandingan. Sejak awal babak kedua digelar, Ayam Kinantan langsung mengirim serangan bertubi ke gawang Persib. Salah satunya lewat tendangan bebas Firza Handika yang masih bisa ditepis kiper M Natshir.

Belum selesai, Legimin dan kawan-kawan terus mengurung para pemain Persib. Untuk lebih mengefektifkan serangan, pelatih PSMS Medan melakukan penyegaran di lini serang dengan memasukkan Suhandi. Langkah ini efektif karena tekanan ke pertahanan Persib kian deras. Salah satunya lewat tendangan Frets Butuan pada menit ke-55. Namun bola hasil tendangan jarak dekatnya masih tepat mengarah ke posisi kiper M Natshir.

Hanya berselang dua menit kemudian, serangan PSMS Medan lagi-lagi hampir membuat Pangeran Biru kebobolan. Pasalnya, M Natshir harus meninggalkan gawang untuk menghalau bola. Pada saat bersamaan, bola jatuh di kaki Frets Butuan yang langsung menendangnya. Beruntung Victor Igbonefo dan Bojan Malisic sudah siaga di gawang yang kosong untuk menahan bola dengan sundulan. Gawang Persib selamat.

Sadar pertahanan terus digempur, pelatih Persib, Mario Gomez melakukan penyegaran di lini pertahanan dengan memasukkan Tony Sucipto. Meski belum mampu membuat Pangeran Biru keluar dari tekanan, namun tim kebanggaan bobotoh ini beberapa kali berhasil mengirim serangan balik. Efektivitas transisi dari formasi bertahan ke menyerang menjadi andalan Pangeran Biru.

Sebagaimana seharusnya laga klasik, pertandingan kian berlangsung dengan tensi tinggi dan tempo cepat. Kondisi ini membuat beberapa pemain terjatuh dan harus mendapatkan pengobatan. Sayap Pangeran Biru yang juga mantan pemain PSMS Medan, Supardi bahkan harus keluar di pertengahan babak kedua karena cedera di kaki kiri. Eka Ramdani masuk menggantikan.

Masuknya Eka Ramdani mampu membuat variasi serangan Persib lebih banyak. Pangeran Biru mulai bisa mengimbangi pertarungan sejak sekitar menit ke-70.

Hasilnya, Persib menambah kepedihan PSMS Medan dengan gol tambahan pada menit ke-80. Lagi-lagi lewat sundulan Ezechiel N'Douassel. Umpan bola mati Oh In Kyun disambut King Eze dengan kepalanya. Bola meluncur ke sudut bawah gawang PSMS Medan. Keunggulan tiga gol untuk Persib Bandung.

Tertinggal tiga gol, tim tuan rumah langsung kembali menyerang membabi buta. Namun tekanan yang dikirim PSMS Medan tak ada yang bisa berbuah gol. Sampai laga berakhir, skor 3-0 untuk keunggulan Persib Bandung atas tuan rumah PSMS Medan tetap bertahan.

Menanggapi hasil positif tersebut, Pelatih Persib Roberto Carlos Mario Gomez mengaku puas dengan hasil yang diraih anak asuhnya dan meraih kemenangan di laga tandang pertamanya.

"Saya tahu PSMS selalu sulit dikalahkan jika bermain di kandang, tapi kami bermain sangat baik tadi dan bisa menciptakan tiga gol. Kami juga memiliki banyak peluang, tapi yang terpenting kami mendapat 3 poin malam ini, dan ini kemenangan tandang pertama kami. Tidak semua tim bisa menang di sini. Sangat sulit mengalahkan PSMS disini," tutur Mario Gomez usai pertandingan.

Dia menyatakan, pertemuan dengan PSMS kali ini jauh berbeda bila dibandingkan saat babak penyisihan grup A Piala Presiden 2018. Persib kini telah jauh mengalami perubahan karena ada beberapa pemain baru yang masuk.

"Pertandingan waktu itu sangat berbeda, kami mengalami perubahan karena ada pemain baru yang datang dan kami mengalami perkembangan. PSMS tim yang bagus, tapi kami meningkat dibandingkan tiga bulan yang lalu," katanya.

Pelatih asal Argentina tersebut menyatakan, kemenangan kali ini sangat penting karena Persib dapat menang di tempat yang menurut semua orang sulit ditaklukan.

"Semua pemain menjalankan istruksi dengan baik. Mereka bekerja keras ingin memenangi pertadingan. Kami menguasai permainan, mencoba sabar dan menciptakan peluang agar menjadi gol. Mereka buktikan di lapangan tadi, apalagi Deden Natshir yang bisa menahan tendangan penalti. Itu sangat penting," ucapnya.

Sementara di kubu lawan, Pelatih PSMS Medan Djadjang Nurdjaman mengatakan, penampilan timnya saat menjamu Persib tidak sesuai dengan harapan. Dalam laga itu, Persib menang 3 gol tanpa balas.

"Pertama, saya ucapkan selamat kepada Persib yang sudah berhasil memenangi pertandingan yang sangat penting buat kedua tim, tapi Persib lebih berhak memenangi pertandingan. Makanya saya ucapan selamat," ujarnya.

Dia menyatakan, pada pertandingan malam ini, timnya tampil buruk dibandingkan pertandingan-pertandingan sebelumnya di Stadion Teladan. Semua koordinasi tidak berjalan serta ada satu kesalahan pada awal laga ketika Lobo keluar karena mendapat masalah.

"Semua skenario sudah disiapkan dan terjadi dengan apa yang sudah kami siapkan dalam latihan, tetapi saat Ezechiel ditinggal dan Lobo harus keluar, kemudian terjadilah gol. Setelah itu hancur permainan kami. Sejak itu semua terlihat tidak percaya diri, bermain terburu-buru, dan akhirnya kami sangat tidak berkembang," pungkasnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…