Senin, 18 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

Operasi Ketupat Lodaya 2018 Akan Dimulai 8 Juni hingga 22 Juni

Angga Purwanda

Rabu, 06 Juni 2018 - 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah
PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah
A A A

Beritacianjur.com - DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim penerangn dan rambu-rambu.

Kepala Dishub Kabupaten Cianjur, Rahmat Hartono, mengatakan, ada dua ruas jalur alternatif yang rencananya akan digunakan untuk arus mudik Idul Fitri 2018, yaitu ruas jaur alternatif Jonggol dan Sukabumi.

Rahmat menyebutkan, untuk sarana prasarana di jalur alternatif Jonggol dinilai masih minim dan perlu penambahan dibadingkan dengan jalur Sukabumi. "Iya, kami maksimalkan dengan yang ada, baik rambu-rambu, petunjuk, maupun peringatan. Kami siapkan, baik yang sifatnya permanen maupun portable," kata Rahmat, kepada wartawan, Rabu (6/6/2018).

Rahmat mengungkapkan, jajarannya sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Cianjur dalam menentukan titik-titik mana saja yang perlu penambahan rambu-rambu atau marka jalan. Namun sejauh ini jalur alternatif yang terpantau minim penerangan dan rambu-rambu di antaranya di Cipanas dan Cikalongkulon.

"Jalur-jalur alternatif memang harus diperhatikan karena bisa jadi mengantisipasi kemacetan. Misalnya seperti di Kecamatan Cipanas dan Cikalongkulon, kami prioritaskan menambah rambu-rambu dan penerangan," ungkapnya.

Pada Operasi Ketupat Lodaya 2018 yang akan dimulai 8 Juni hingga 22 Juni mendatang, kata Rahmat, Dinas Perhubungan mengerahkan sebanyak 150 personel. Mereka akan bergabung dengan personel Polres Cianjur dan elemen lainnya di setiap pos pengamanan. "Kami siap mengamankan berjalannya Operasi Ketupat Lodaya," tandasnya.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Rendy Setia Permana, mengatakan sudah menyiapkan dua jalur alternatif bagi para pemudik yang melintas Cianjur menuju ke Jakarta atau sebaliknya. Dua jalur alternatif itu disiapkan untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan volume kendaraan di ruas-ruas jalur utama mudik. "Jalur utama mudik dari arah Puncak hingga ke Citarum berjarak 50,30 kilometer," kata Rendy.

Dua jalur alternatif yang disiapkan itu yakni Cianjur-Jakarta melalui Jonggol. Jalurnya melalui Jalan KH Abdullah bin Nuh, Jalan Pramuka, Mande, Cikalongkulon, Cariu, Jonggol, Cileungsi, dan berakhir di tol Jagorawi. Jarak tempuhnya mencapai 111 kilometer dengam waktu normal mencapai 3 jam 34 menit.

Sementara untuk jalur alternatif Cianjur-Jakarta via Sukabumi, pengendara akan melintasi Jalan KH Abdullah bin Nuh, Warungkondang, Sukaraja, Kota Sukabumi, Cibadak, dan masuk ke tol Jagorawi dengan jarak tempuh 142 kilometer atau perjalanan selama 4 jam 41 menit.

Sebelumnya,  Polres Cianjur mendesak pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat untuk menambah sarana dan prasarana di jalur Jonggol. Pasalnya, ruas jalan tersebut kemungkinan bakal digunakan sebagai jalur alternatif saat arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Kapolres Cianjur AKBP Soliyah, SIK, MH mengatakan, jajarannya sudah melayangkan surat kepada dinas terkait agar menambah sarana penunjang, seperti penerangan jalan umum (PJU), dan marka jalan. "Untuk jalur alternatif Jonggol ini masih sangat sangat minim penerangan dan marka jalan. Kami surati ke dinas untuk segera menambah penerangan dan perbaikan marka jalan," kata Soliyah.

Soliyah menyebutkan, kondisi sarana PJU dan marka jalan di ruas Jonggol berbeda jauh, jika dibandingkan dengan sarana dan prasarana penunjang di ruas Jalur Puncak yang dinilai lebih memadai. Padahal, lanjut dia, Jonggol merupakan jalur alternatif yang keberadaannya cukup vital mengatasi kepadatan volume di ruas-ruas jalur utama perlintasan mudik. "Kalau di sepanjang jalur Puncak insya Allah sarana dan prasarana paling tidak sudah cukup memadai," imbuhnya.

Relatif pentingnya keberadaan jalur alternatif Jonggol juga tak terlepas masih dilakukannya pengerjaan perbaikan dan penataan di sekitar Puncak Pass yang mengalami dua kali ambles. Apalagi tebing yang berada di seberang tikungan Puncak Pass sedang dalam tahap pemapasan dengan tujuan memperlebar ruas jalan. "Pengerjaan jalan sedang dilakukan. Nanti ada pelebaran jalan yang akan dijadikan dua jalur dengan memapas tebing di sebelah kanan," tandasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Cianjur, Dedi Supriadi, mengatakan progres pemeliharaan ruas-ruas jalan di Kabupaten Cianjur terus berjalan. Target jangka pendek, sebelum Idul Fitri 1439 Hijriah, semua ruas jalan bisa digunakan para pemudik. "Pemeliharaan (jalan) sudah mulai sedikit demi sedikit. Mudah-mudahan sebelum Lebaran nyaman digunakan para pemudik," kata Dedi.

Panjang jalan yang dikelola Pemkab Cianjur sekitar 1.301 kilometer. Hingga tahun lalu, tingkat kemantapan jalan baru mencapai sekitar 43,17% atau sekitar 562 kilometer. Tahun ini Pemkab Cianjur menargetkan peningkatan kemantapan jalan sebesar 52%.

Targetnya, pada akhir masa jabatan bupati dan wakil bupati pada 2020 nanti bisa tercapai tingkat kemantapan jalan sebesar 70%. "Tahun ini kita targetkan bisa mencapai jalan mantap 52%. Tahun lalu baru mencapai 44%. Rata-rata setiap tahun kita targetkan kemantapan jalan 8%," ujarnya.

Anggaran yang dialokasikan Pemkab Cianjur untuk infrastruktur jalan tahun ini sekitar Rp300 miliar. Semua ruas jalan dikerjakan dengan cara pembetonan. "Semuanya dibeton. Mudah-mudahan semuanya bisa segera selesai," ungkap Dedi. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…

Si Maung 06/06/2018 11:02 WIB

Ini Kemenangan Tandang Perdana dan Kado Idul Fitri

DENGAN skor telak 3-0, Skuad Maung Bandung berhasil meraih kemenangan tandang perdana usai membungkam tuan rumah PSMS Medan, pada laga klasik di Stadion Teladan, Medan, Selasa (5/6/2018) malam. Dua gol…