Sabtu, 18 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

Angga Purwanda

Kamis, 07 Juni 2018 - 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat
Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat
A A A

Beritacianjur.com - PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.

Hal itu diungkapkan Direktur Perumdam Tirta Mukti Cianjur, Budi Karyawan, saat dihubungi wartawan, Kamis (7/6/2018). Budi menyebutkan, kerusakan itu berupa kebocoran pada pipa berdiameter 8inc yang terjadi di enam titik dan terjadi kebocoran pada pipa berdiameter 6inc yang terjadi di delapan titik.

Akibat kerusakaan atau kebocoran pipa itu, Budi menuturkan, mengakibatkan pasokan air bersih ke sejumlah wilayah menjadi tidak maksimal. "Kebocorannya terjadi di daerah Cimanesi, Kampung Garogol, Desa Cibulakan, Kecamatan Cugeunang. Sementara daerah yang terdampak seperti wilayah BLK, Joglo, Kalimaya, Bukit Ponddok Indah, Jalan Dr Muwardi (Bypas), dan wilayah yang terairi oleh reservoir Panembong," ungkap Budi.

Budi menjelaskan,pihaknya akan berupaya agar proses perbaikan itu dapat segera selesai diperbaiki sehingga masyarakat dapat menikmati air bersih dengan normal. "Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, kondisi ini akan menjadi perhatian sehingga ke depannya tidak terjadi lagi," jelasnya.

Selain itu, Budi mengakui, konsumsi air masyarakat selama Ramadan terpantau normal, namun pola pemakaian air oleh pelanggan mengalami perubahan. "Perubahan pola pemakaian air bersih itu mengikuti kegiatan masyarakat, yaitu sahur, berbuka puasa, dan salat tarawih. Biasanya puncak pemakaian air bersih terjadi pada jam 5 hingga 8 pagi, untuk puasa ini pemakaiannnya berubah menjadi jam 2 hinga 6 pagi. Untuk pemakaian sore hari biasanya terjadi puncak pemakaian sekitar jam 16.00 hingga 18.00, saat ini berubah menjadi jam 14.00 hingga 17.00," beber Budi.

Budi menuturkan, Perumdam Tirta Mukti juga menyiapkan mobil tanki air bersih, untuk memberikan pelayanan jika terjadi gangguan, seperti pipa bocor. "Jadi kami jamin pasokan air bersih selama Ramadan ini tetap terpenuhi," tuturnya.

Budi mengimbau para pelanggan air bersih agar juga menyiapkan tanki atau bak penyimpanan. Sehingga, ketersediaan air bersih dapat terus terpenuhi. "Maksimalkan pemakaian, matikan kran jika memang bak atau penampungan air sudah penuh," imbaunya.

Sementara itu, Dinda RG, seorang pelanggan air bersih, mengaku cukup kerepotan dengan tersendatnya pasokan air bersih ke rumahnya. Terutama pada saat waktu sahur dan sore hari menjelang buka puasa.

"Hampir dua hari terakhir ini pasokan air bersih tak ada. Klo pun ada itu tengah malam mengalirnya pun hanya sebentar. Ya, semoga cepat diselesaikan saja agar pelanggan atau konsumen tak kesulitan. Sebab, klo kita telat bayar selalu di denda, jadi harus sesuai dengan pelayanan," tegas Dinda. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…