Sabtu, 18 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

Top Skor, Umpan Terbanyak dan Penyelamatan Gemilang

Gie/bbs/net

Jumat, 08 Juni 2018 - 03:08 WIB

Foto:net
Foto:net
A A A

Beritacianjur.com - SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik sepak bola nasional.

Ya, mereka adalah striker andalan Maung Bandung, Ezechiel N'Douassel; pemain mungil di sektor sayap, Ghozali Muharam Siregar; serta penjaga gawang Pangeran Biru, M. Natshir Fadhil Mahbuby.

Ketiga pemain tersebut disorot dengan keunggulannya masing-masing. King Eze dengan golnya, Ghozali dengan umpan matangnya, sedangkan Natshir dengan penyelamatan gemilangnya.

Soal King Eze, Liga 1 2018 memang menjadi ajang pembuktian bagi juru gedor asal Chad ini. Untuk sementara, King Eze merupakan pencetak gol terbanyak di Liga 1 2018.

Sampai saat ini, Ezechiel N'Douassel sudah mengoleksi 11 gol. Di peringkat kedua pencetak gol terbanyak sementara, terdapat pemain Mitra Kutai Kartanegara, Fernando Rodriguez dengan 9 gol. Kemudian di urutan ketiga, Aleksandar Rakic dari PS Tira dengan koleksi 8 gol. 

Perlu diingat pula, 11 gol itu disumbangkan Ezechiel hanya dalam sembilan pertandingan Persib yang dia ikuti. Pasalnya, dua pertandingan Persib lainnya harus dilewatkan King Eze karena sempat cedera dan akumulasi kartu kuning.  

Catatan yang ditorehkan Ezechiel N'Douassel pada awal musim ini, jauh lebih baik dibandingkan musim sebelumnya. Pada musim 2017, Ezechiel mengabdi untuk Persib dalam setengah musim terakhir, sebagai pengganti Carlton Cole. Diturunkan dalam 14 pertandingan, striker asal Chad itu cuma menyumbang 4 gol

Bahkan jika ditelaah lebih jauh, produktivitasnya musim ini pun menjadi yang paling mengerikan sepanjang karier King Eze. Catatan paling mentereng Ezechiel sebelumnya, diperoleh pada musim 2010 saat dia memperkuat USM Blida, tim liga Mesir. Bermain sebanyak 13 kali, dia mencetak 7 gol. 

Dua golnya di pertandingan kontra PSMS Medan membuat banyak pencinta sepak bola mengidentikan King Eze dengan sundulan mematikan. Kedua gol Ezechiel N'Douassel di laga yang berkesudahan 3-0 untuk kemenangan Persib tersebut, memang sama-sama diciptakan lewat sundulan kepala. 

Jika melihat catatan pada musim ini, kepala milik Ezechiel N'Douassel memang menjadi organ tubuh paling berbahaya di Persib Bandung. Dari 11 gol yang diciptakan King Eze, lima di antaranya tercipta lewat sundulan. Hampir setengahnya. 

Jumlah tersebut sama dengan gol yang dia ciptakan dengan kaki kanan. King Eze juga lima kali menjebol gawang lawan menggunakan kaki kanannya. Sementara satu gol lainnya lahir dari kaki kiri.

Namun jika turut menelaah proses terjadinya gol, maka sundulan kepala kian mutlak menjadi spesialisasi Ezechiel. Pasalnya dari 6 gol yang tercipta lewat kakinya, dua di antaranya adalah eksekusi penalti, hanya empat yang prosesnya adalah permainan terbuka.

Sementara soal Ghozali, pemain yang satu ini memang mengejutkan, meski merupakan pemain baru Persib, namun ia telah membukukan 4 assist dalam 9 penampilannya bersama Persib. Catatan tersebut menjadikan Ghozali sebagai pemain Persib dengan umpan atau assist terbanyak di musim ini. 

“Jujur enggak nyangka juga bisa bikin 4 assist. Tapi, itu memang tugas saya,” kata pria yang akrab disapa Gozo itu sambil tersenyum, Kamis 7 Juni 2018.

Dengan catatan itu, Gozo mengatakan dirinya menjadi semakin termotivasi. Ia pun mengaku ingin meneruskan tren assist-nya demi memberikan kemenangan bagi Maung Bandung. “Mudah-mudahan di setiap pertandingan, saya bisa terus kasih assist dan kemenangan,” ujarnya. 

Empat assist yang dibuat Gozo dicatat kala berhadapan dengan Mitra Kukar, PSM Makassar, Madura United, dan PSMS Medan

Terakhir soal Natshir, penyelamatan gemilangnya kala Persib menjamu Bhayangkara FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), 31 Mei 2018 lalu, terpilih menjadi Go-Ride Save of the Week pekan ke-12 Liga 1 2018. 

Kiper yang akrab disapa Deden ini berhasil mengambil hati pecinta sepakbola tanah air lewat polling yang digelar akun Twitter @liga1match, Senin 5 Juni 2018.

Dari total 2.137 peserta polling, Deden mengumpulkan 54% suara. Ia mengalahkan kiper Bali United, Wawan Hendrawan yang mengoleksi 30% suara dan Rivky Mokodompit (PSM Makassar) yang hanya mengumpulkan 16% suara.  

Super save yang dilakukan Deden terjadi di babak kedua. Secara heroik, ia berhasil menahan tembakan keras jarak dekat Paulo Sergio yang berdiri bebas di kotak penalti Persib. Peluang emas itu pun gagal dikonversi menjadi gol tim asuhan Simon McMenemy. Sayangnya, aksi ciamik Deden tak lantas mampu menyelamatkan Persib dari kekalahan 0-1 dari The Warriors, akhir bulan lalu.  

Sebelumnya, penyelamatan gemilang bapak satu anak tersebut dinobatkan sebagai Go-Ride Save of the Week edisi pekan kelima. Tampil di hadapan pendukung sendiri, Deden sukses menangkis sepakan keras pemain Borneo FC, Julien Faubert setelah menerima umpan matang dari Titus Bonai.

Terakhir, penyelamatan yang tak kalah penting ketika ia mampu menjegal tendangan penalti kapten PSMS Legemin Raharjo pada babak pertama. Ia kemudian mendapat pujian dari pendukung Maung Bandung.

Melalui lini masa, banyak bobotoh Persib melemparkan pujian kepada kiper yang akrab disapa Deden. Ini setelah tembakan Legimin berhasil ditahan menggunakan kakinya.

"Super Deden : De Gea," cuit pemilik akun @bosshev dengan tagar #persibday seperti dikutip laman resmi klub, Selasa (5/6).

Sementara itu pemilik akun @Runrahman menulis "Save-nya Deden bikin adem."

Pujian tak hanya mengalir dari para pendukung, namun sesama pemain Persib, Atep melalui akun Instagram @4tep menulis "Goodjob@deden_natshir01," tulis Atep.(*)

Tag

  1. Persib

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…