Senin, 18 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

Net

Jumat, 08 Juni 2018 - 06:05 WIB

Foto:net
Foto:net
A A A

Beritacianjur.com - DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018) menjadi puncak arus mudik.

Ia pun memperkirakan masyarakat akan langsung melakukan perjalanan Jumat malam. "Puncak arus mudik diprediksikan menjadi 8  dan 9 Juni, mulai besok (hari ini, red)," ungkap Budi Karya, saat ditemui di Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Kamis (7/6/2018).

Sebelumnya, Budi menyebut puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada H-3 lebaran atau 12 Juni 2018 mendatang. Namun karena pemerintah menambah waktu cuti bersama yang sebelummya mulai tanggal 12 menjadi tanggal 11, maka puncak arus mudik pun bergeser.

"Pertama kali merekomendasikan hari mudik tertinggi itu pada tanggal 12-13 Juni 2018, namun karena ada perubahan hari libur maka berubah puncak mudik menjadi 8 dan 9 Juni," kata Budi Karya.

Sementara itu arus balik diprediksikan akan terjadi pada pada H+3 dan H+4 Lebaran atau pada 19 Juni hingga 20 Juni 2018.

Terpisah, Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko menyebutkan, demi mengantisipasi kemacetan panjang, KSP telah menyediakan informasi terkait lalu lintas mudik pada situs infomudik.co.id. Website tersebut, menurutnya, berisi banyak kumpulan informasi dari pemerintah dan pihak-pihak terkait.

Sebagai persiapan mudik, ada baiknya diperhatikan sejumlah titik yang berpotensi terjadi kemacetan yang diprediksi oleh pemerintah. Hal ini sebagai langkah antisipasi untuk mencari jalur alternatif atau mempersiapkan fisik jika tidak ada pilihan lain.

Tak KSP, Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) pun memberikan saran untuk mengantisipasi kemacetan panjang. MTI menyarankan pemudik untuk memanfaatkan aplikasi mudik yang saat ini banyak ditemui karena sangat membantu mereka, antara lain agar tidak terjebak kemacetan.

"Manfaatkan informasi mudik. Melalui aplikasi seperti itu, jika macet misalnya, pemudik bisa memilih jalur lain. Seperti non-tol di Pantura atau Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS)," kata Ketua MTI Moda Darat Djoko Setijowarno di Jakarta, Kamis (7/6/2018).

Menurut dia, mudik kali ini tidak berbeda jauh dibandingkan tahun sebelumnya, namun diharapkan kelancaran arus lalu lintas bisa dijaga.

Selain melalui aplikasi mudik, pemerintah juga membuka beberapa tol serta ada layanan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) yang ditingkatkan Pertamina hingga dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Oleh karena itulah, tambahnya, diharapkan tragedi Brexit seperti dua tahun silam tidak akan terulang kembali.

Terkait dukungan Pertamina dalam distribusi BBM, menurut Djoko, juga sangat membantu karena berbagai layanan BUMN itu bisa memudahkan pemudikmendapatkan bahan bakar minyak.

Dia mencontohkan melalui layanan Motoris Kemasan yang bisa mengantarkan BBM kepada pemudik yang terjebak macet di jalan tol atau KiosK Pertamax yang menyediakan BBM dalam bentuk kemasan.

Begitu pula dengan KiosK Pertamax yang menyediakan BBM jenis Pertamax dalam bentuk kemasan 10 liter, menurut Djoko, layanan tersebut tidak hanya mempermudah pemudik memperoleh BBM, namun juga lebih aman.

"Itu lebih baik daripada pengemudi bawa BBM sendiri yang tentu berbahaya. Yang penting, penyediaan tidak hanya di Pantura tetapi juga jalur selatan," katanya.

Dalam mudik kali ini, Pertamina memang menyiapkan berbagai layanan tambahan, selain pengoperasian SPBU layanan lain di Sumatera dan Jawa. Yaitu, 13 unit Serambi Pertamax, 60 unit KiosK Pertamax, 200 unit Motoris Kemasan, 105 unit Kantong BBM, dan 16 unit Mobil Dispenser.(*)

Arus Mudik dan Balik, Ini 13 Titik Rawan Kemacetannya:

  • Km 19 Tol Jakarta-Cikampek
  • Gerbang Tol Palimanan
  • Gerbang Tol Kertasari
  • Jembatan Kali Kuto di Tol Batang-Semarang.
  • Tol Manyaran, Semarang.
  • Pasar Tonjong Brebes akibat ada persimpangan KA yang belum jadi.
  • Jalan nasional Bandung–Garut
  • Jalan nasional Nagrek-Garut
  • Jalan nasional Nagrek-Limbangan
  • Gentong di jalur selatan Jawa Barat
  • Rest area di Tol Cipali dan Tol Cikampek yakni Km 30 dan Km 101
  • Pelabuhan Merak di Banten
  • Pelabuhan Ketapang di Jawa Timur

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…

Si Maung 06/06/2018 11:02 WIB

Ini Kemenangan Tandang Perdana dan Kado Idul Fitri

DENGAN skor telak 3-0, Skuad Maung Bandung berhasil meraih kemenangan tandang perdana usai membungkam tuan rumah PSMS Medan, pada laga klasik di Stadion Teladan, Medan, Selasa (5/6/2018) malam. Dua gol…