Sabtu, 21 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

BNI Gelar Padat Karya Tunai Saluran Irigasi

Nuki Nugraha

Minggu, 01 Juli 2018 - 23:30 WIB

Foto: Nuki Nugraha/BC
Foto: Nuki Nugraha/BC
A A A

Beritacianjur.com - PT Bank Negara Indonesia (BNI) menggelar program Padat Karya Tunai (PKT) di Kabupaten Cianjur, Minggu (1/7/2018).

Program PKT di Cianjur dilaksanakan di Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet. Kegiatan yang melibatkan masyarakat bahyak itu  berupa pengerjaan normalisasi saluran irigasi Cinangka.

CEO PT BNI Wilayah Bandung, Afien Yuni Yahya dalam sambutanya mengatakan, sebagai salah satu upaya pemberdayaan dan penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat, Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia menggelar apa yang dinamakan Program PKT.

Program ini jelas Afien, menghimpun dan menitikberatkan pada aktivitas bina lingkungan dari berbagai BUMN untuk memobilisasi budaya gotong royong yang sudah tertanam di dalam masyarakat pedesaan, kemudian memanfaatkannya untuk membangun atau merenovasi sarana serta prasaarana publik yang penting.

"PT BNI sebagai salah satu perusahaan BUMN, merupakan institusimperbankan yang paling awal memulai program ini,"kata Afien.

Afien mengungkapkan, program PKT BNI pertama kali dilaksanakan di Desa Ngimbang, Kecamatan Palang, Tuban, Jawa Timur pada 21 Maret 2018 lalu. Sedabgkan untuk di Jawa Barat, sambung Afien, program PKT sudah dilaksanakan di Desa Ciwaru, Desa Taman Jaya dan Desa Mekarsari, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan di Sukabumi tersebut berupa normalisasi saluran irigasi atau proses normalisasi saluran irgasi menuju lahan pertanian sepanjang 5 kilometer di tiga desa tersebut dengan tenaga 400 orang, dimana setiap 100 orang warga akan menormalisasi irigasi sepanjang 1 Km.

"Hari ini, sekaligus dalam rangka menyambut HUT BNI ke 72 pada tanggal 5 Juli 2018. Kita akan mengadakan program serupa di Kabupaten Cianjur, tepatnya di Desa Sukanaglih, Kecamatan Pacet,"ucapnya.

Afien menuturkan, sesuai hasil pemantauan tim kami, yang berkordinasi dengan aparat desa, kami mendapatkan bahwa di lokasi terdapat kebutuhan untuk melakukan saluran irigasi.

Dengan perbaikan ini diharapkab sistem penyaluran air dapat terpelihara guna menjaga produksi padi di area desa Sukanaglih. Kegiatan ini juga, dapat membantu masyarakat desa memperoleh tambahan pendapatan.

"Kami berharap, semoga niat baik kami bisa diterima masyarakat,"tandasnya.

Tampak hadir saat acara HNS Bandung Oktovianus Pardede, Pemimpin Cabang Cianjur R. Siswandi Tirtakusumah, Sekda Cianjur Aban Sobandi, Camat Pacet Muzani dan Kepala Desa Sukanagalih. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20/07/2018 07:00 WIB

Rancangan Perubahan RTRW Sarat Kepentingan

BELUM beres dengan persoalan sejumlah kasus dugaan korupsi di Cianjur, kini kembali muncul permasalahan baru yang juga menjadi sorotan tajam publik Cianjur. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 19/07/2018 21:35 WIB

Harga Map Pengurusan Adminduk Disoal Warga

PENGURUSAN administrasi penduduk (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur seluruhnya gratis. Namun, beberapa hari ini, masyarakat yang mengurus adminduk mempertanyakan…

Cianjur Euy 19/07/2018 21:34 WIB

Masyarakat Cibiuk Datangi DPMPTSP

PULUHAN masyarakat Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis (19/7).

Cianjur Euy 19/07/2018 21:33 WIB

9 Pemuda Terampil Siap Bangun Perkonomian Desa

SEDIKITNYA 12 pemuda desa diberangkatkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Haurwangi, Kabupaten Cianjur mengikuti pendidikan keterampilan di kota Bekasi. Mereka diberangkatkan TKSK sekitar 4 bulan…

Cianjur Euy 19/07/2018 18:23 WIB

Ratusan Hektar Sawah di Cibeber Alami Kekeringan

RATUSAN hektar lahan sawah di Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber kekeringan akibat terdampak kemarau panjang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:20 WIB

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup

MENGANTISIPASI kerusakan vegetasi karena kekeringan akibat musim kemarau. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango akan ditutup pada pertengahan Agustus mendatang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:12 WIB

Pesantren Ideal Untuk Filter Penyebaran Hoax

PONDOK Pesantren (Pontren) menjadi tempat yang dinilai efektif untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) di lingkungan masyarakat.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:09 WIB

PLN Upayakan yang Terbaik untuk Bocah Korban Tersengat Listrik

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) Area Cianjur memaksimalkan upaya kemanusiaan untuk Enda Supriyadi (7) bocah yang tersengat listrik, dan kini menjalani pengobatan alternatif di wilayah Sukalarang, Kabupaten…

Cianjur Euy 19/07/2018 18:06 WIB

Satreskrim Polres Cianjur Tangkap Lima Pelaku Tindak Pidana

SATUAN Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur berhasil mengungkap sejumlah kasus tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Cianjur dalam beberapa bulan terakhir.

Aktualita 19/07/2018 07:00 WIB

Ini Deretan Dugaan Kasus Korupsi

BUKAN hanya Megaproyek Campaka, ternyata ada lebih dari tujuh kasus dugaan korupsi lainnya yang terjadi di Cianjur. Benarkah?