Kamis, 16 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

KPU Cianjur Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Suara Pilgub Jabar 2018

Angga Purwanda

Rabu, 04 Juli 2018 - 22:08 WIB

KPU Cianjur Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Suara Pilgub Jabar 2018
KPU Cianjur Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Suara Pilgub Jabar 2018
A A A

Beritacianjur.com - KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur gelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 di Aula Greenhil Resort, Panyaweuyan, Kecamatan Pacet, Rabu (4/7/2018).

Rapat pleno yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB itu, mendapat pengawalan ketat dari personel gabungan yang terdiri dari Polres Cianjur, Kodim 0608 Cianjur, dan Brimob Polda Jabar.

Bahkan, untuk memastikan pelaksanaan sidang pleno berjalan dengan aman. Polres Cianjur menyiapkan kendaraan taktis penjinak bom, water canon dan juga menyiagakan unit satwa (K-9).

Dari hasil rapat pleno yang berakhir pada pukul 20.50 WIB itu, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 dengan nomor urut satu, yaitu Ridwan Kamil- Uu Ruzhanul Ulum menempati posisi pertama dengan perolehan suara sebanyak 338.346 ribu suara.

Untuk posisi kedua ditempati pasangan calon nomor urut empat, yaitu Deddy Mizwar-Deddy Mulyadi, dengan perolehan suara 326.547 ribu suara.
Posisi ketiga diperoleh pasangan calon nomor urut tiga, yaitu Sudrajat-Ahmad Syaikhu dengan perolehan suara sebanyak 263.464 ribu suara.

Sementara untuk posisi keempat diperoleh oleh pasangan calon dengan nomor urut dua, yaitu TB Hasanuddin-Anton Charlyan denhan perolehan suara sebanyak 101.525 ribu suara.

Dalam rapat pleno itu juga disampaikan untuk jumlah surat suara yang sah dengan tidak sah sebanyak 1.071.654 ribu suara, yang terdiri dari 1.029.882 ribu suara sah dan untuk suara tidak sah mencapai 41.772 ribu suara.

“Untuk Surat suara sah jumlahnya 1.029.882 surat suara, sementara untuk surat suara tidak sah sebanyak 41.772 surat suara. Untuk total surat suara sah dan tidak sah, berjumlah 1.071.654 surat suara,” ujar Ketua KPU Kabupaten Cianjur,  Anggy Shopia Wardani saat pembacaan penetapan hasil rapat pleno terbuka, Rabu (4/7/2018) malam.

Anggy menyebutkan, tidak ada keberatan atas kejadian khusus yang disampaikan dari saksi yang mewakili masing-masing pasangan calon.  Namun ada beberapa hal yang diungkapkan, di antaranya terkait pemilih disabilitas,  masih banyaknya pemilih yang menggunakan e-KTP atau dengan kata lain di luar DPT (Daftar Pemilih Tetap),  dan partisipasi pemilih yang masih belum maksimal.

“Untuk disabilitas itu kan ada form baru,  membuat tim PPK belum terbiasa. Jadi koreksi tersebut muncul karena murni human eror bukan karena ada unsur kesengajaan. Terkait banyaknya yang menggunakan e-KTP akan jadi bahan evaluasi ke depan,  dan menyangkut partisipasi pemilih kami sudah sangat maksimal melakukan sosialisasi meski dengan keterbatasan anggaran.  Partisipasi sebanyak 64 persen itu sudah ada peningkatan,  meskipun masih belum maksimal, “ katanya.

Namun,  lanjut dia, untuk secara keseluruhan, hasil pemungutan suara dan rekapitulasi sudah sesuai.  Bahkan data dari KPU dengan Panwaskab Cianjur sudah sesuai,  sehingga tidak ada penggelembungan atau pengurangan surat suara.

“Tadi sudah disampaikan oleh Panwas jika datanya sesuai,  tidak ada penggelembungan atau pengurangan.  Semua sudah bekerja dengan baik,  dan diharapkan bisa jadi gambaran agar lebih baik di penyelenggaraan pemilihan umum ke depan,” jelasnya.
Meskipun pelakasanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 itu berjalan aman dan lancar.

Namun ada beberapa catatan yang disampaikan, baik dari para saksi pasangan calon maupun Panitia Pengawas Pemilu (Panswalu) Kabupaten Cianjur.
Terkait pelanggaran,  Panwaslu mencatat ada banyak pelanggaran yang terjadi selama penyelenggaraan Pilgub Jabar 2018 di Kabupaten Cianjur. Di antaranya yang sampai ke pihak kepolisian, ialah keterlibatan ASN dalam kampanye salah satu Paslon. Saat ini berkasnya sudah ada di pihak kepolisian.

“Untuk pleno nya sendiri berjalan lancar,  data semua sudah diperbaiki. Namun kami akan tetap fokus mengawal satu pelanggaran yang sudah masuk ke kepolisian.  Kami akan kawan sampai tuntas,” ungkap Ketua Panwaslu Kabupaten Cianjur, Hadi Dzikri Nur.

Hadi menyebutkan, dalam pelaksanaan pleno memang terjadi kesalahan dari sisi penulisan data,  termasuk kaum difabel,  tapi semuanya sudah diperbaiki.
“Dari 3921 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di Kabupaten Cianjur tidak ada kejadian khusus di tingkat kecamatan, dan tidak ada kasus atau kejadian penggelembungan suara,” pungkasnya.(angga purwanda)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…