Kamis, 16 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Pendaftaran Bacaleg di KPU Cianjur Masih Sepi

Polres Cianjur Maksimalkan Pelayanan, Saat Ini Legalitas SKCK Bagi Bacaleg tak Selalu Harus Ditandatangani Kapolres

Angga Purwanda

Kamis, 05 Juli 2018 - 20:13 WIB

Pendaftaran Bacaleg di KPU Cianjur Masih Sepi
Pendaftaran Bacaleg di KPU Cianjur Masih Sepi
A A A

Beritacianjur.com - PENDAFTARAN bakal calon legislatif (Bacaleg) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur memasuki hari kedua pembukaan masih sepi pendaftar, Kamis (5/7/2018). Kemungkinan kondisi itu, lantaran setiap bacaleg masih mempersiapkan kelengkapan berkas administrasi pendaftaran.

Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Anggy Shopia Wardhani, mengatakan, meskipun relatif masih sepi. Namun, ada beberapa bacaleg yang datang untuk berkonsultasi dan berkoordinasi terkait proses pendaftaran.

“Hingga hari ini belum ada yang mendaftar. Tapi ada yang beberapa bacaleg yang datang untuk berkonsultasi dan berkoordinasi terkait persiapan dokumen pendaftaran bacaleg,” kata Anggy, saat ditemui wartawan diruang kerjanya, Kamis (5/7/2018).

Meskipun waktu pendaftaran dibuka hingga 17 Juli 2018, tetapi Anggy mengimbau agar setiap bacaleg tak mendaftarkan diri di akhir. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya kekurangan pemberkasan kelengkapan dokumen administrasi.

"Secara waktu memang masih panjang karena pendaftaran dibuka mulai 4-17 Juli 2018. Tapi kami ingatkan agar pendaftaran tak dilakukan di akhir karena bisa jadi nanti ada kekurangan berkas adminstrasi," ujar Anggy.

Apalagi saat ini pendaftaran berkas bakal calon legislatif harus dilakukan secara online (Daring). Anggy mengaku KPU sudah maksimal menyosialisasikan aplikasi sistem pencalonan (Silon) ke semua partai politik.

“Sebelum mereka (Bacaleg, red) datang ke KPU dengan membawa berkas hard copy. Para bacaleg wajib meng-upload dulu dokumennya secara online melalui Silon,” jelasnya.

Selesai pendaftaran bacaleg, lanjut Anggy, tahapan selanjutnya verifikasi pemberkasan. Satu di antaranya verifikasi ijazah.  "Berdasarkan PKPU Nomor 20/2018, kami juga akan meneliti apakah pencalegan sudah memenuhi kuota perempuan minimal 30 persen. Kalau tidak terpenuhi, secara otomatis tidak dapat diterima. Makanya, komposisi caleg perempuan harus dipikirkan dari sekarang. Kami tak akan keluarkan tanda terimanya," tegasnya.

Pada Pileg 2018 jumlah daerah pemilihan di Kabupaten Cianjur tak mengalami perubahan. Hanya saja komposisi kuota jumlah kursi yang terjadi perubahan.

"Kalau dapil tak bertambah, masih lima dapil. Yang berubah komposisi kuota jumlah kursi. Di dapil 1 sebanyak 9 kursi yang asalnya 10 kursi, di dapil 2 sebanyak 11 orang, di dapil 3 sebanyak 11 kursi, di dapil 4 semula 10 kursi jadi 9 kursi, dan di dapil 10 kursi," tandasnya.

Sementara itu, Kasat Intelkam Polres Cianjur, AKP Rachmat Hamdan mengungkapkan, sejak beberapa hari terakhir sudan banyak bacaleg yang mengajukan permohonan pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). Diakumulasi jumlahnya sekitar 20-30 orang.

"Hingga saat ini yang sudah membuat SKCK para bacaleg di antaranya dari NasDem, Golkar, Demokrat, dan Hanura," ungkap Rachmat.

Pembuatan SKCK untuk bakal caleg berbeda dengan masyarakat umum lainnya. Jika persyaratan masyarakat umum hanya melampirkan fotokopi KK, KTP elektronik, serta ijazah terakhir, maka untuk bacaleg harus dilengkapi dengan ijazah pendidikan dari mulai masuk sekolah hingga pendidikan terakhir.

"Untuk sementara ini tidak ada permohonan yang ditolak. Blangko alhamdulillah masih cukup banyak hingga akhir tahun," jelasnya.

Rachmat memastikan pelayanan pembuatan SKCK para bakal caleg tak ada terhambat. Polres Cianjur sudah memaksimalkan pelayanan karena saat ini legalitas SKCK bagi para caleg tak selalu harus ditandatangani kapolres.

"Ini sudah atas sepengetahuan dari polda dan Mabes Polri termasuk kesepakatan dengan KPU. Intinya, karena aktivitas kapolres sangat padat, dikhawatirkan akan menghambat penandatanganan SKCK, khususnya bagi para bakal caleg, maka diperkenankan ditandatangani kasatintelkam," tandasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…