Rabu, 23 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Penghuni Lembah KOI Tempati Lahan Negara

Susi Susilawati

Selasa, 08 September 2015 - 07:17 WIB

bangli di kawasan lembah koi/Asri/BC
bangli di kawasan lembah koi/Asri/BC
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIPANAS – Puluhan Kepala Keluarga (KK) yang menempati bangunan di lembah koi Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Cianjur siap menanggung resiko tidak mendapat ganti rugi. Soalnya, bangunan rumah tersebut tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) karena milik negara.

Saat ini terdata sebanyak 15 KK yang nekad mendirikan bangunan yang berdekatan dengan daerah aliran sungai (DAS) Cisarua. Bahaya mengintai mereka karena selama ini lokasi tersebut berpotensi terjadinya banjir di musim penghujan..

Kasi Trantib Linmas Kecamatan Cipanas, Suryana Prawira, mengatakan pihaknya sudah berulang kali menyampaikan teguran. Sayangnya, seluruh KK tidak bersedia untuk meninggalkan lokasi tersebut karena alasan tidak ada biaya untuk pindah rumah sehingga harus membuat pernyataan untuk siap tidak menerima ganti rugi jika terjadi bencana alam.

"Ada tahapannya kita memperingati para penghuni bangunan ilegal tersebu, selain himbauan juga teguran. Karena mereka tak mau pindah akhirnya didata sembari dibuatkan kesepakan yang harus di patuhi, antara lain jika terjadi bencana alam itu menjadi tanggungan sendiri,” katanya kepada ‘BC’, Senin (7/9).

Selain itu, ditegaskan Suryana, mereka harus siap harus siap membongkar sendiri jika sewaktu-waktu dimintakan oleh pihak berwenang. “Jika tak mengindahkan kesepakatan tersebut maka dengan sendirinya siap untuk menerima sanksinya,” tegasnya.

Petugas Satpol PP Cipanas, Holis SE mengaku pihaknya melarang mereka untuk menuntut jika terjadi sesuatu di kemudian hari. Soalnya, mereka secara sadar menempati bangunan secara liar sehingga tidak pada tempatnya meminta pertanggungjawabkan pemerintah.

"Selain pendataan juga memberikan himbaun pada mereka yang tinggal disana untuk hati hati karena akan memasuki musim penghujan, lantaran di khawatirkan ada longsor. Kedepannya, jangan meminta pertanggung jawaban pemerintah, karena pada hakikatnya mereka yang tinggal di tempat tersebut bisa dikatakan ilegal,” ungkapnya. (ree)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 19 menit yang lalu

Ini Pemborosan dan Penyelewengan Anggaran

PENGAKUAN Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman yang menyebutkan bahwa dirinya dan pejabat Pemkab Cianjur lainnya termasuk bupati, menerima bagian dari alokasi dana insentif pemungutan Pajak Penerangan…

Si Maung 9 jam yang lalu

JAGA KEANGKERAN 'KANDANG MAUNG'

DEMI harga diri tampil di 'kandang maung' dan target menembus papan atas, kemenangan menjadi harga mati bagi Persib saat menjamu PSM Makassar dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-10, di Stadion Gelora Bandung…

Bisnis Line 10 jam yang lalu

Paket Kombo D'Abah Jadi Menu Andalan 'Bukber'.

BULAN Ramadhan merupakan momentum keberkahan bagi umat Islam. Uniknya, momen keberkahan ramadhan ternyata dirasakan tidak hanya untuk muslim, tetapi juga dirasakan oleh para pebisnis kuliner. Bagaimana…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

PJU Tak Ada, Jalan Kebon Jeruk Rawan Lakalantas

TIDAK tersedianya fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang ruas jalan Ciranjang - Bojongpicung tepatnya di Kampung Kebon Jeruk, Kecamatan Bojongpicung menyebabkan lokasi tersebut rawan terjadi…

Aktualita 24 jam yang lalu

Wabup Akui Nikmati Upah Pungut

TERNYATA, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman mengakui jika dirinya memang menerima bagian dari alokasi dana insentif pemungutan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU). Kok bisa?

Cianjur Euy 22/05/2018 06:05 WIB

Longsor Tutup Akses Jalan Ke Gunung Padang

BENCANA longsor kembali menerjang Kabupaten Cianjur, kini terjadi di wilayah Kecamatan Campaka. Akibatnya, akses jalan menuju situs Meghalitikum Gunung Padang sempat tertutup longsoran tanah, Jumat (18/5/2018)…

Cianjur Euy 22/05/2018 06:03 WIB

Muspida Kabupaten Cianjur Komitmen Berantas Minuman Keras dan Oplosan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur berkomitmen untuk memberantas minuman keras (Miras) bermerk dan oplosan dengan cara meningkatkan razia gabungan diberbagai wilayah setiap pekannya.

Cianjur Euy 22/05/2018 06:00 WIB

Kecamatan Ciranjang Gelar Sertijab Serentak Kepala Desa

PASCA pelantikan Kepala Desa oleh Bupati Cianjur empat hari lalu, Kecamatan Ciranjang langsung menggelar Serah Terima Jabatan (Sertijab) tiga Kepala Desa di wilayahnya, Senin (21/5).

Bisnis Line 21/05/2018 21:15 WIB

Pizza Hut Cianjur Diduga Operasional Tanpa Izin Andalalin

DINAS Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Cianjur bakal memberikan surat teguran terhadap restauran Pizza di Jalan Ir H Juanda. Pasalnya, sampai saat ini restauran pizza…

Cianjur Euy 21/05/2018 21:14 WIB

Pembangunan Simbol Keagamaan Rentan Memicu Konflik

BANGUNAN monumental sekarang ini marak bermunculan di Kabupaten Cianjur. Berbagai bangunan tugu dibangun pemerintah di sejumlah lokasi yang tersebar di 32 Kecamatan.