Jumat, 17 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Larangan Parkir di Badan Jalan Dinilai Masih Minim Sosialisasi

Angga Purwanda

Kamis, 05 Juli 2018 - 20:23 WIB

Larangan Parkir di Badan Jalan Dinilai Masih Minim Sosialisasi
Larangan Parkir di Badan Jalan Dinilai Masih Minim Sosialisasi
A A A

Beritacianjur.com - LARANGAN parkir di badan jalan yang diterapkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur pada kawasan tertib lalulintas (KTL), seperti ruas Jalan Hos Cokroaminoto dan Mangunsarkoro dinilai masih perlu sosialisasi yang maksimal dari dishub.

Seperti yang diungkap Zeead (35), seorang pengguna jalan. Meskipun larangan parkir itu dinilai cukup baik untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di sejumlah ruas jalan tersebut. Namun, dishub harus lebih gencar dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Selain itu, sebut Zeead, petugas juga agar lebih tegas untuk menindak para pemilik kendaraan yang masih melakukan bongkar muat di badan jalan. Sebab, kondisi itu juga menjadi pemicu terjadinya kemacetan di ruas jalan tersebut.

“Kami setuju dengan adanya larangan tersebut, tapi pemerintah juga harus segera menyediakan kantong-kantong parkir bagi kendaraan. Jangan sampai, karena tidak adanya kantong parkir. Khususnya pemilik motor, justru parkir diatas trotoar,” ungkap Zeead, kepada wartawan, Kamis (5/7/2018).

Tak hanya penyediaan kantong parkir, Zeead juga meminta Dishub Cianjur agar menambah rambu dan menyiapkan petugas untuk mengarahkan para pengendara agar tidak kembali parkir di badan jalan.

Kepala Bidang Teknik Sarana dan Keselamatan Dishub Kabupaten Cianjur, Prihadi Wahyu Santosa, menjelaskan, sesuai dengan surat edaran yang sudah disebar, larangan parkir tersebut mulai diterapkan Senin (25/6/2018) lalu.

“Kami masih maksimalkan sosialisasi, tapi jika telah diterapkan secara resmi. Tentunya, kami akan siapkan penindakan bagi para pelanggar yang masih berani parkir di badan jalan,” jelas Prihadi, kepada wartawan, belum lama ini.

Terkait waktu larangan parkir, Prihadi menyebutkan, jika penerapannya mulai dari pagi hingga sore hari. Ke depan, rencananya akan disesuaikan kembali, mengikuti kondisi arus lalulintas. "Bisa saja nanti diatur pada jam tertentu atau tetap dari pagi sampai sore. Tujuannya tentu untuk mengantisipasi kemacetan di jam padat aktivitas," katanya.

Prihadi menuturkan, dishub menyediakan lahan parkir di area eks pasar malam yang diklaim mampu menampung volume kendaraan yang biasa parkir di badan jalan. Bahkan selain itu, area parkir di perbankan pun jadi alternatif bagi pemilik kendaraan, terutama yang memang merupakan karyawan dari perbankan tersebut.

"Sebenarnya untuk area parkir sudah direncanakan untuk dibuat di eks bangunan Bank BJB, tapi sampai saat ini belum dapat persetujuan, sehingga kami gunakan lahan eks pasar malam yang dipinjamkan pemiliknya," tutur dia.

Terkait maih adanya pemotor yang masih memarkirkan kendaraanya di trotoar, Prihadi mengaku telah berkoordinasi dengan instansi lainnya untuk mengambil tindakan."Untuk trotoar kan ada instansi lain yang lebih berwenang, kami akan koordinasi supaya semuanya tertib. Setelah masa sosialisasi ini, kami akan evaluasi lagi untuk menentukan kebijakan selanjutnya. Kami juga masih perlu menambah rambu untuk mempermudah informasi ke pengguna kendaraan," pungkasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…