Kamis, 16 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Antisipasi Krisis Air, Masyarakat Diajak Buat Lubang Biopori

Angga Purwanda

Minggu, 08 Juli 2018 - 20:19 WIB

Antisipasi Krisis Air, Masyarakat Diajak Buat Lubang Biopori
Antisipasi Krisis Air, Masyarakat Diajak Buat Lubang Biopori
A A A

Beritacianjur.com - PANGLIMA Kodam III Siliwangi, Mayjen TNI Besar Harto Karyawan meminta masyarakat, khsususnya yang yang tinggal disepanjang Sungai Citarum agar membuat lubang biopori.

Hal itu, lanjut orang nomor satu dilingkungan Kodam III Siliwangi itu sebagai solusi untuk mengatasi potensi krisis air jika terjadi musim kemarau.

“Pembuatan lubang biopori dapat dilakukan di ladang, kebun maupun pekarangan rumah. Jadi, mari kita maksimalkan dengan membuat lubang-lubang biopori. Sebab, nantinya lubang tersebut akan menjadi tangkapan air,” jelas Harto, kepada wartawan, saat ditemui di Cianjur, belum lama ini.

Harto mengungkapkan, dengan tertampungnya air melalui lubang biopori, maka nantinya bakal menjadi sumber bagi masyarakat sekitar. Hal itu tentunya bisa menjadi solusi mengatasi potensi krisis air saat kekeringan.

"Pembuatan lubang biopori itu bisa dilakukan sambil menunggu proses penghijauan berjalan. Makanya pembuatan lubang biopori wajib dilakukan. Bisa di mana saja. Di ladang, di kebun, atau di pekarangan rumah," ungkapnya.

Harto mengatakan kondisi cuaca saat ini yang diprediksi akan memasuki musim kemarau, dinilainya tak terlalu akan berpengaruh terhadap ketahanan pangan. Pasalnya, kemarau saat ini masih diselingi hujan.

"Apalagi kita masih memiliki waduk dan irigasi yang bagus. Di Cianjur juga kondisi pada sektor pertanian masih cukup bagus. Tak terkendala seperti di daerah lainnya," ujarnya.

Secara umum, lanjut Harto, di wilayah Jawa Barat sendiri belum terpantau daerah yang mengalami kekekeringan sebagai dampak musim kemarau. Terlebih musim pancaroba sekarang kondisinya tak terlalu ekstrem.

"Sejauh ini belum ada (laporan). Kalau lihat sekarang musim pancaroba juga tak terlalu ekstrem. Sekarang yang mesti dipikirkan adalah bagaimana kita menyelamatkan air sebagai sumber kehidupan. Masyarakat harus mau memekihara dan menjaga debit dan kualitas air dari hal-hal yang sederhana. Misalnya jangan buang sampah atau limbah ke sungai," tandasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…