Sabtu, 21 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Disdukcapil Cianjur Maksimalkan Pencetakan e-KTP

Angga Purwanda

Senin, 09 Juli 2018 - 20:09 WIB

Disdukcapil Cianjur Maksimalkan Pencetakan e-KTP
Disdukcapil Cianjur Maksimalkan Pencetakan e-KTP
A A A

Beritacianjur.com - DINAS Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur mempercepat pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Kondisi itu dilakukan dengan semakin banyaknya ajuan pembuatan e-KTP.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Moch Ginanjar, mengatakan, percepatan itu dilakukan untuk memenuhi permintaan pemohon yang setiap harinya terus meningkat.

Selain itu, sebut Ginanjar, hal itu juga menjadi upaya agar dinas tidak menerbitkan surat keterangan sebanyak dua kali. Maksimal, masyarakat yang sudah memiliki surat keterangan pertama kali, sudah mendapat e-KTP dalam bentuk fisik.

“Selama blanko mencukupi kami terus melakukan pencetakane-KTP. Kami bergerak cepat, karena yang memohon identitas juga tidak habis-habis. Alhamdulillah, blangko e-KTP aman sejauh ini. Jadi bisa terus mencetak fisik kartu,” ujar Ginanjar, kepada wartawan, Senin (9/7/2018).

Ginanjar mengungkapkan, hingga saat ini disdukcapil diklaim aktif menerbitkan e-KTP, setidaknya terdapat 34 ribu kartu yang harus dicetak. Sementara, terhitung ada 24 ribu blangko e-KTP yang tersedia. Walaupun dianggap kurang, tapi Ginanjar memastikan setiap pemohon akan memperoleh kartu identitas mereka.

Hal itu dikarenakan, dinas berusaha aktif untuk mengajukan blangko e-KTP ke pemerintah pusat. ”Jadi sistemnya ketika habis, kami minta lagi, habis lalu minta lagi. Terus seperti itu, jadi blangko juga terus tersedia. Beruntung, respon pemerintah pusat juga cepat ketika ada permintaan penambahan blangko e-KTP,” ucap dia.

Ia mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir kehabisan persediaan. Soalnya, dinas juga akan terus memperbaharui informasi ketersidiaan blangko di papan pengumuman setiap hari. Kalaupun di tingkat dinas blangko menipis, masyarakat dimungkinkan untuk mendapatkan kartu mereka di tujuh kecamatan yang dikerahkan menjadi titik pelayanan pencetakan.

Ginanjar memastikan, pencetakan e-KTP akan terus berjalan lancar sehingga pada pelaksanaan pileg dan pilpres tahun depan tidak ada masalah administrasi. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20/07/2018 07:00 WIB

Rancangan Perubahan RTRW Sarat Kepentingan

BELUM beres dengan persoalan sejumlah kasus dugaan korupsi di Cianjur, kini kembali muncul permasalahan baru yang juga menjadi sorotan tajam publik Cianjur. Ada apa lagi?

Bisnis Line 19/07/2018 21:31 WIB

Sentral Motor Gelar Program Kemerdekaan DP 1 Juta.

DALAM rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus mendatang, Sentral Motor mulai Kamis (19/7/2018) menggelar Program Kemerdekaan dengan DP satu juta rupiah hingga akhir Agustus 2018.…

Bisnis Line 19/07/2018 21:30 WIB

Bank Bjb Dirikan Bjb University Demi Terciptanya SDM Berkualitas

UNTUK menciptakan sumber daya manusia yang andal dan berkualitas, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk meresmikan bjb University, Rabu (18/7/2018) di Jalan Cikapundung, Kota Bandung.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:12 WIB

Pesantren Ideal Untuk Filter Penyebaran Hoax

PONDOK Pesantren (Pontren) menjadi tempat yang dinilai efektif untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) di lingkungan masyarakat.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:09 WIB

PLN Upayakan yang Terbaik untuk Bocah Korban Tersengat Listrik

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) Area Cianjur memaksimalkan upaya kemanusiaan untuk Enda Supriyadi (7) bocah yang tersengat listrik, dan kini menjalani pengobatan alternatif di wilayah Sukalarang, Kabupaten…

Cianjur Euy 19/07/2018 18:06 WIB

Satreskrim Polres Cianjur Tangkap Lima Pelaku Tindak Pidana

SATUAN Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur berhasil mengungkap sejumlah kasus tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Cianjur dalam beberapa bulan terakhir.

Aktualita 19/07/2018 07:00 WIB

Ini Deretan Dugaan Kasus Korupsi

BUKAN hanya Megaproyek Campaka, ternyata ada lebih dari tujuh kasus dugaan korupsi lainnya yang terjadi di Cianjur. Benarkah?

Cianjur Euy 18/07/2018 19:26 WIB

SMAN 1 Cianjur Diduga Labrak Permendikbud Soal PPDB

Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMAN 1 Cianjur menjadi perhatian karena sekolah memberlakukan aturan kontroversial.

Cianjur Euy 18/07/2018 19:26 WIB

Hari Terakhir Pendaftaran Bacaleg Banyak Berkas Harus Diperbaiki

HARI terakhir pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Cianjur, terdapat sejumlah temuan berkas yang harus segera diperbaiki. Beberapa temuan diketahui cukup mencolok sehingga berkas yang…

Aktualita 18/07/2018 07:00 WIB

Jawaban Eksekutif Dinilai Ngaco

SETELAH kejanggalan pada laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2017 dibongkar, kini jawaban eksekutif dianggap makin janggal. Benarkah?