Sabtu, 21 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Puskesmas Karangtengah Ditargetkan Juara Nasional Puskesmas Ramah Anak

Angga Purwanda

Selasa, 10 Juli 2018 - 21:09 WIB

Puskesmas Karangtengah Ditargetkan Juara Nasional Puskesmas Ramah Anak
Puskesmas Karangtengah Ditargetkan Juara Nasional Puskesmas Ramah Anak
A A A

Beritacianjur.com - PUSAT Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Karangtengah dikunjungi tim penilai puskesmas ramah anak tingkat nasional 2018. Puskesmas itu, ditargektkan menjadi juara nasional dan menjadi percontohan bagi puskesmas lainnya di Indonesia.

Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, masuknya Puskesmas Karangtengah dalam penilaian nasional puskesmas layak anak menjadi pembuktian meningkatnya layanan kesehatan di Cianjur. Apalagi programnya bisa mengungguli daerah lain.

"Kami juga optimis jika layanan puskesmas ini bisa memenangi penilaian puskesmas layak anak secara nasional, sebab secara fisik dan program sudah jelas serta nyata, " kata Herman, kepada wartawan di sela kegiatan penilaian, Selasa (10/7/2018).

Herman menjelaskan, untuk mencapai tingkat juara dengan katagori Puskesmas Ramah Anak itu, di antaranya,  tersedianya tenaga tesehatan yang memiliki kompetensi atau pengetahuan mengenai KHA,  tersedia  media dan materi KIE terkait kesehatan anak,  tersedia ruang pelayanan konseling khusus bagi anak, dan banyak lagi

"Diharapkan ini akan menjadi prestasi membanggakan lainnya bagi bidang kesehatan, mengingat selama kurun waktu dua tahun terakhir sudah ada belasan prestasi juga ditorehkan, baik di tingkat provinsi ataupun nasional, " jelasnya.

Sementara itu, Kabupaten Cianjur untuk tingkat  Provinsi Jawa Barat,  sudah menerima predikat Puskesmas Layanan Ramah Anak.  Hal itu menjadi prestasi lanjutan usai Kota Santri meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) katagori Pratama,  selama dua tahun berturut-turut.

"Prestasi ini sungguh amat membanggakan.  Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas merupakan bentuk apresiasi yang diberikan kepada Puskesmas Karangtengah karena telah berkomitmen melaksanakan dan memenuhi indikator-indikator Puskesmas Ramah Anak,  yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari indikator Kabupaten/ Kota Layak Anak, " ujar Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Cianjur, Esih SukaesihKaro- Karo.

Kepala Dinas yang akrab disapa Alit pun mengharapkan semua pihak  dan elemen masyarakat untuk lebih meningkatkan pengawasan terhadap tumbuh kembang anak. Di samping peran pemerintah yang memastikan program kota layak anak dan ditambah puskesmas layak anak. "Dengan begitu,  anak akan terhindar dari kekerasan fisik dan (atau) kejahatan seksual. Selain itu ciptakan lingkungan yang kondusif, termasuk kantor yang ramah anak," pungkasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20/07/2018 07:00 WIB

Rancangan Perubahan RTRW Sarat Kepentingan

BELUM beres dengan persoalan sejumlah kasus dugaan korupsi di Cianjur, kini kembali muncul permasalahan baru yang juga menjadi sorotan tajam publik Cianjur. Ada apa lagi?

Bisnis Line 19/07/2018 21:31 WIB

Sentral Motor Gelar Program Kemerdekaan DP 1 Juta.

DALAM rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus mendatang, Sentral Motor mulai Kamis (19/7/2018) menggelar Program Kemerdekaan dengan DP satu juta rupiah hingga akhir Agustus 2018.…

Bisnis Line 19/07/2018 21:30 WIB

Bank Bjb Dirikan Bjb University Demi Terciptanya SDM Berkualitas

UNTUK menciptakan sumber daya manusia yang andal dan berkualitas, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk meresmikan bjb University, Rabu (18/7/2018) di Jalan Cikapundung, Kota Bandung.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:12 WIB

Pesantren Ideal Untuk Filter Penyebaran Hoax

PONDOK Pesantren (Pontren) menjadi tempat yang dinilai efektif untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) di lingkungan masyarakat.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:09 WIB

PLN Upayakan yang Terbaik untuk Bocah Korban Tersengat Listrik

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) Area Cianjur memaksimalkan upaya kemanusiaan untuk Enda Supriyadi (7) bocah yang tersengat listrik, dan kini menjalani pengobatan alternatif di wilayah Sukalarang, Kabupaten…

Cianjur Euy 19/07/2018 18:06 WIB

Satreskrim Polres Cianjur Tangkap Lima Pelaku Tindak Pidana

SATUAN Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur berhasil mengungkap sejumlah kasus tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Cianjur dalam beberapa bulan terakhir.

Aktualita 19/07/2018 07:00 WIB

Ini Deretan Dugaan Kasus Korupsi

BUKAN hanya Megaproyek Campaka, ternyata ada lebih dari tujuh kasus dugaan korupsi lainnya yang terjadi di Cianjur. Benarkah?

Cianjur Euy 18/07/2018 19:26 WIB

SMAN 1 Cianjur Diduga Labrak Permendikbud Soal PPDB

Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMAN 1 Cianjur menjadi perhatian karena sekolah memberlakukan aturan kontroversial.

Cianjur Euy 18/07/2018 19:26 WIB

Hari Terakhir Pendaftaran Bacaleg Banyak Berkas Harus Diperbaiki

HARI terakhir pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Cianjur, terdapat sejumlah temuan berkas yang harus segera diperbaiki. Beberapa temuan diketahui cukup mencolok sehingga berkas yang…

Aktualita 18/07/2018 07:00 WIB

Jawaban Eksekutif Dinilai Ngaco

SETELAH kejanggalan pada laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2017 dibongkar, kini jawaban eksekutif dianggap makin janggal. Benarkah?