Kamis, 16 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Tingkat Penyerapan Beras Petani di Semeseter I Mencapai 80,78%

Angga Purwanda

Kamis, 12 Juli 2018 - 21:08 WIB

Tingkat Penyerapan Beras Petani di Semeseter I Mencapai 80,78%
Tingkat Penyerapan Beras Petani di Semeseter I Mencapai 80,78%
A A A

Beritacianjur.com - BULOG Subdivre Cianjur mengklaim tingkat penyerapan beras petani memasuki semester I tahun ini sudah mencapai 80,78 persen. Hal itu, tak terlepas dari mulai meningkatnya kepercayaan petani menjual hasil panennya ke Bulog daripada ke tengkulak.

Hal itu, disampaikan Kepala Seksi Pengadaan Bulog Subdivre Cianjur, Dedi Prayoga, kepada wartawan, belum lama ini.

“Hingga saat ini kami sudah menyerap sebanyak 17.368 ton beras atau 80,78 persen dari yang ditargetkan tahun ini sebanyak lebih kurang 22 ribu ton,” ungkap Dedi.

Harga Pembelian Pemerintah (HPP) beras berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2015 tentang Kebijakan Pengadaan Gabah/Beras dan Penyaluran Beras, kata Dedi, saat ini di kisaran Rp8.030 per kilogram.

Relatif besarnya harga yang ditetapkan pemerintah bisa jadi pemicu tingginya tingkat penyerapan beras tahun ini.

"Insya Allah, mudah-mudahan target tercapai. Kami terus menyerap sampai akhir tahun untuk pemupukan stok," ujarnya.

Dedi tak terlalu khawatir prediksi musim kemarau tahun ini akan berdampak terhadap progres penyerapan beras dari petani. Pasalnya, sampai sekarang masih ada panen rendeng.

"Dampak (kemarau) pasti ada. Tapi mudah-mudahan tidak terlalu berdampak besar karena masih ada panen rendeng," tegasnya.

Satu di antara upaya menggenjot tingkat penyerapan beras yakni dengan melakukan pendekatan kepada para petani atau mitra kerja pengadaan. Bulog Subdivre Cianjur membawahi enam wilayah kerja yakni Kabupaten Cianjur, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, serta Kota Depok.

"Pendekatan kepada petani atau mitra kerja pengadaan ini sangat penting supaya bisa memasukkan beras ke Bulog," bebernya.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Holtikultura Kabupaten Cianjur, Mamad Nano, mengatakan kualitas gabah atau beras di Cianjur rata-rata di atas jenis medium. Mereka sudah memiliki pangsa pasar tersendiri, terutama pembelinya berasal dari luar daerah.

"Bagi kami kondisi ini alhamdulillah. Kapan lagi para petani di Cianjur bisa menikmati nilai tambah dari panjualan hasil panen mereka," jelas Nano.

Menurut Nano, menjual hasil panen petani dari Cianjur tak terlalu sulit. Apalagi dengan kualitas yang relatif di atas rata-rata standar medium.

Namun tak sedikit juga petani yang menjual hasil panen mereka ke Bulog. Hal ini tak terlepas peran Bulog sebagai institusi yang bisa mengendalikan stabilitas harga dan pasokan. "Itu tinggal kembali lagi ke petaninya. Mau menjual ke Bulog berdasarkan HPP atau ke tengkulak," tandasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…