Sabtu, 21 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Didemo Warga, Pengusaha Balik Ancam Akan Tutup Perusahaan

Apip Samlawi

Jumat, 13 Juli 2018 - 06:55 WIB

foto:Istimewa
foto:Istimewa
A A A

Beritacianjur.com - Ratusan warga Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, mendemo PT Three Six World (PT.TSW), Kamis (12/7/2018)

Aksi demo warga ke pabrik yang beralamat di Kampung Andir, Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang itu menyusul sejumlah dugaan pelanggaran yang telah dilakukan perusahaan. Saat aksi, warga didampinggi sejumlah aktivis asal Cianjur yang tergabung dalam Cianjur Aktivis Independen (CAI). 

Pantauan di lapangan, ratusan masa tampak bergerumul di depan pintu masuk pabrik yang saat itu dijaga ketat aparat kepolisian. Bergantian, warga bersama aktivis CAI berorasi menyampaikan keluhan dan kecaman yang ditujukan pada pihak perusahaan. 

Pernyataan sikap yang dibacakan pentolan CAI langsung disambut sorak sorai para demonstran. Disebutkan dalam pernyatan sikapnya, pendirian pabrik diduga melanggar aturan dan Undang-Undang.

Tak hanya itu, warga juga mengeluhkan sejumlah hal lainnya, antara lain terkait pembuangan limbah industri yang dinilai sangat merugikan, perusahaan tak mengeluarkan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR), serta warga setempat tidak diberi ruang untuk bisa bekerja di perusahaan.

Setelah hampir satu jam berorasi, pihak perusahaan akhirnya membuka ruang para demonstran untuk beraudiensi. Saat itu beberapa perwakilan warga dan aktivis dipersilahkan masuk ke dalam pabrik. Sayang, saat itu pihak perusahaan tidak memperkenankan awak media ikut masuk ke dalam menyaksikan audiensi yang digelar di kantor HRD.

Ditemui seusai audiensi, koordinator aksi yang juga Ketua CAI Parid Sandi menjelaskan, unjuk rasa dilakukan tiada lain ingin menuntut pihak pemilik PT. Three Six World Ciranjang, karena telah melanggar aturan dan ingkar janji pada warga.

"Pihak perusahaan janji akan mempekerjakan warga setempat tapi kenyataannya tidak. Kita menuntut perusahan supaya keinginan warga direalisasikan," kata Farid.

Namun, ungkap Farid, saat audiensi dengan pihak pemilik yaitu Mr Sanjamin, pengusaha berkewarganegaraan asal Korea itu dengan tegas menolak untuk merealisasikan apa yang menjadi tuntutan warga.

"Ketimbang merealisasikan tuntutan warga, saat itu Mr Sanjamin berkata justru dalam waktu dekat akan menutup usahanya (PT Three Six World)," ucapnya.

Dengan adanya pernyataan pemilik PT. Three Six World tersebut, pihaknya berucap terimakasih, bahkan masyarakat setempat tiap hari akan terus memonitor perusahaan.

"Kalau besok hari ternyata masih beroperasi, maka masyarakat akan datang lagi dengan membawa massa yang lebih banyak," tegasnya.

Pernyataan dari pemilik PT Three Six World, Mr Sanjamin yang mengancam akan menutup perusahaan saat audiensi berlangsung, dibenarkan Kepala Desa Cibiuk Yandhi Ruhyandi. Z, yang saat itu ikut masuk bersama perwakilan warga beraudiensi dengan pihak perusahaan.

Yandi menuturkan, pernyataan dari Mr Sanjanim itu disampaikan saat koordinator aksi membacakan pernyataan sikap yang berisikan tuntutan dari warga.

"Belum juga tuntutan selesai dibacakan, Mr. Sanjanim langsung angkat bicara bahwa pihaknya langsung akan menutup PT. Three Six beroperasi dengan total, karena dianggap bahwa PT. Three Six World tidak aman," kata Yandi menirukan apa yang disampaikan Mr Sanjanim.

Yandi mengaku, malam sebelum dilaksanakan aksi, HRD perusahaan sempat menemui dan menyampaikan jika aksi demo besok hari jadi, maka pemilik PT. Three Six  akan langsung menutup dan pindah ke kabupaten lain di luar Kabupaten Cainjur.

"Pak Kades mohon maaf bila besok unjuk rasa jadi, maka pihaknya akan menutup PT. Three Six World dan pindah ke Kabupaten lain," pungkas Yandi menirukan ucapan Hoerudin, HRD PT Three Six World. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 19/07/2018 21:35 WIB

Harga Map Pengurusan Adminduk Disoal Warga

PENGURUSAN administrasi penduduk (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur seluruhnya gratis. Namun, beberapa hari ini, masyarakat yang mengurus adminduk mempertanyakan…

Cianjur Euy 19/07/2018 21:34 WIB

Masyarakat Cibiuk Datangi DPMPTSP

PULUHAN masyarakat Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis (19/7).

Cianjur Euy 19/07/2018 21:33 WIB

9 Pemuda Terampil Siap Bangun Perkonomian Desa

SEDIKITNYA 12 pemuda desa diberangkatkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Haurwangi, Kabupaten Cianjur mengikuti pendidikan keterampilan di kota Bekasi. Mereka diberangkatkan TKSK sekitar 4 bulan…

Bisnis Line 19/07/2018 21:31 WIB

Sentral Motor Gelar Program Kemerdekaan DP 1 Juta.

DALAM rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus mendatang, Sentral Motor mulai Kamis (19/7/2018) menggelar Program Kemerdekaan dengan DP satu juta rupiah hingga akhir Agustus 2018.…

Bisnis Line 19/07/2018 21:30 WIB

Bank Bjb Dirikan Bjb University Demi Terciptanya SDM Berkualitas

UNTUK menciptakan sumber daya manusia yang andal dan berkualitas, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk meresmikan bjb University, Rabu (18/7/2018) di Jalan Cikapundung, Kota Bandung.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:23 WIB

Ratusan Hektar Sawah di Cibeber Alami Kekeringan

RATUSAN hektar lahan sawah di Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber kekeringan akibat terdampak kemarau panjang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:20 WIB

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup

MENGANTISIPASI kerusakan vegetasi karena kekeringan akibat musim kemarau. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango akan ditutup pada pertengahan Agustus mendatang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:12 WIB

Pesantren Ideal Untuk Filter Penyebaran Hoax

PONDOK Pesantren (Pontren) menjadi tempat yang dinilai efektif untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) di lingkungan masyarakat.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:09 WIB

PLN Upayakan yang Terbaik untuk Bocah Korban Tersengat Listrik

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) Area Cianjur memaksimalkan upaya kemanusiaan untuk Enda Supriyadi (7) bocah yang tersengat listrik, dan kini menjalani pengobatan alternatif di wilayah Sukalarang, Kabupaten…

Cianjur Euy 19/07/2018 18:06 WIB

Satreskrim Polres Cianjur Tangkap Lima Pelaku Tindak Pidana

SATUAN Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur berhasil mengungkap sejumlah kasus tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Cianjur dalam beberapa bulan terakhir.