Kamis, 16 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Asian GamesXVIII Ajang Dongkrak Sektor Pariwisata

Pemkab Cianjur Siap Sambut Parade Obor Asian GamesXVIII

Angga Purwanda

Minggu, 15 Juli 2018 - 20:15 WIB

Asian GamesXVIII Ajang Dongkrak Sektor Pariwisata
Asian GamesXVIII Ajang Dongkrak Sektor Pariwisata
A A A

Beritacianjur.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur bakal memaskimalkan momentum gelaran Asian Games XVIII/2018 untuk mempromosikan dan mendongkrak sektor pariwisata. 

Mengingat akan banyak atlet dan pendukung dari berbagai negara yang datang ke Indonesia, tak terkecuali Cianjur sebagai salah satu kota/kabupaten tujuan wisata. 

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, mengatakan, pelaksanaan Asian GamesXVIII akan menjadi peluang promosi wisata di Cianjur, sebab selain di Palembang, banyak juga cabang pertandingan yang digelar di Jakarta.

"Bahkan untuk paralayang rencananya di kawasan Puncak. Itu yang mengikuti hampir setengah dari total negara yang bertanding di Asian Games," kata Asep, kepada wartawan, Minggu (15/7/2018).

Menurutnya, banyaknya negara yang terlibat dengan atlet yang turut serta akan menjadi peluang besar untuk mendongkrak pariwisata di Cianjur.  Mengingat, ada juga potensi pendukung setiap negara yang datang.

"Tentu itu jadi potensi besar, baik untuk cabang olahraga yang digelar di dekat Cianjur ataupun yang di Jakarta. Pastinya disela atau seusai pertandingan, akan ada agenda untuk berkunjung ke destinasi wisata terdekat," kata dia.

Asep menuturkan, destinasi wisata yang akan jadi unggulan ialah wisata yang ada di kawasan Cipanas, selain itu ada juga situs megalitikum Gunung Padang yang selama ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan asing. 

Untuk memaksimalkannya, lanjut dia, Disparpora juga mengeluarkan edaran Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) agar turut mempromosikan Cianjur. 

"Hotel dan restoran juga menjadi hal yang potensial sebagai sarana promosi, mengingat atlet juga menggunakan keduanya selama helaran. Kami harap potensi ini bisa maksimal dan wisata di Cianjur semakin dikenal," pungkasnya.

Sebelumnya, Pemkab Cianjur siap menyambut Obor Asian Games XVIII, yang rencananya akan tiba dan diinapkan di Pendopo Kabupaten Cianjur pada 13 Agustus mendatang.

Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyambut parade Obor Asian Games XVIII menjelang penyelenggaraan even olahraga tingkat Asia yang akan digelar di Jakarta dan Palembang, pada 18 Agustus-2 Septemeber mendatang.

“Cianjur menjadi salah satu kota yang akan dilintasi oleh parade Obor Asian Games. Ini menjadi satu kebanggaan, bahkan direnacanakan obor tersebut akan diinapkan di Pendopo Kabupaten Cianjur untuk selanjutnya dibawa ke kota selanjutnya. Rencananya akan tiba, pada 13 Agustus mendatang,” kata Irvan, kepada wartawan, belum lama ini.

Irvan menyebutkan, even olahraga itu wajib dan patut diarayakan oleh seluruh bangsa Indonesia, tak terkecuali masyarakat Kabupaten Cianjur.

Obor Asian Games sedianya akan dilaksanakan 15 Juli mendatang di India, selanjutnya obor akan tiba di Indonesia pada 17 Juli di Yogyakarta, selanjutnya dilaksanakan penyatuan api dengan Mrapen di Candi Prambanan.

Setelah itu pawai obor akan dilanjutkan menuju 18 provinsi dan 49 kabupaten serta kota di Indonesia yang salah satunya akan melintasi Kabupaten Cianjur pada 13 Agsutus mendatang.

Sementara itu, Kapolres Cianjur AKBP Soliyah, SIK, MH, mengungkapkan, jajarannya telah membuat rencana pengamanan, tidak hanya untuk menyambut Obor Asian Games XVIII. Tetapi juga untuk pengamanan, salah satu venue atau lokasi pelaksanaan salah satu cabang olahraga, yaitu Paralayang.

“Semuanya telah disiapkan, termasuk pengamanan dari unsur TNI. Karena, Cianjur memiliki satu venue yang dijadikan lomba paralayang, di wilayah Puncak. Meskipun, tidak seluruhnya berada di wilayah Cianjur (sebagian Bogor, red). Tapi untuk pengamanan, venue tersebut tentunya menjadi prioritas kami,” ungkap Soliyah. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…