Kamis, 16 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Warga Mekargalih Kudu Waspada

Awas Maling Spesial Rumah Kosong "Gentayangan"

Apip Samlawi

Minggu, 15 Juli 2018 - 23:09 WIB

Foto: Apip Samlawi/BC
Foto: Apip Samlawi/BC
A A A

Beritacianjur.com - WARGA Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur harus lebih waspada saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, tak berpenghuni.

Pasalnya akhir akhir ini, kerap terjadi tindak kriminal pencurian di wilayah desa Mekargalih. Kawanan maling spesial rumah kosong bergentayangan mencari sasaran rumah warga yang ditinggal pergi penghuninya.

Seperti terjadi pada pekan lalu, rumah milik keluarga Adang Suparman, (36), Warga Kampung Sirnagalih RT 03/09 Desa Mekargalih Kecamatan Ciranjang, Cianjur, Jumat  (6/7) sekira  pukul 17,00 Wib, didapati telah disatroni kawanan maling.
Dari rumah Adang, kawanan maling berhasil menggondol barang-barang elektronik berharga seperti, 1 unit TV LCD 32 inch warna hitam merk Samsung, 1 unit TV LCD 42 inch warna hitam merk LG, uang tunai dalam celengan kurang lebih senilai Rp. 400.000, 1 unit perangkat Komputer (CPU, LCD, Keyboard) dan 1 buah tabung gas Elpiji 3Kg.

Nasib baik rupanya masih berpihak pada si korban. Beberapa barang yang sudah digondol kawanan maling berhasil ditemukan kembali di semak belukar area, pesawahan yang lokasinya tak jauh dari rumah korban.

Barang tersebut antaralain, 1 buah tabung gas ukuran 3 Kg, 1 unit CPU, 1 unit LCD dan 1 unit Keyboard. Diduga kuat barang tersebut sengaja ditinggal para pelaku disana.

Informasi yang dapat dihimpun, rumah yang disatroni kawanan  malin sering ditinggal pergi pemiliknya, karena bekerja di salah satu pabrik di kawasan Sukabumi dan sering menginap di rumah orang tuanya di kawasan Bojong, Kecamatan Karangtengah.

Aksi kawanan maling menjarah rumah Adang pertama kali diketahui setelah salah seorang warga setempat As yang sedang menyabit rumput menemukan setumpuk barang di semak belukar tam jauh dari rumah Adang.

Saat itu pula  As langsung melaporkannya pada Ketua RW 09, Lukman, setelah menerima laporan Lukman beserta 3 orang  Ketua RT dan dua orang pemuda Karang Taruna langsung ke lokasi membuktikan laporan warganya tersebut.

Setelah yakin baru pihaknya mengumumkan kepada waraganya yang merasa kehilangan barang barang seperti yang ditemukan As disemak belukar.

"Setelah 2 jam kemudian, baru diketahui kalau rumah yang disatroni maling itu rumah milik Adang Suparman. Rumah itu sudah dua hari ditinggalkan pemilk dalam keadaan kosong. Infonya pemilik menginap di rumah orangtuanya di Bojong, Karang tengah,"ujar Lukman kepada wartawan.

Dengan tejadinya aksi ini, pihaknya berharap kepada seluruh warga RW, 09 Desa Mekargalih lebih waspada lagi.  Bila mengosongkan rumah harus lopor ke Ketua RT.

"Kan bisa dititipkan kepada saudara, tetangga terdekat, supaya bila ada terjadi yang tidak diinginkan bisa cepat diketahuinya, "Ucap Lukman Ketua RT 09,Warga Kampung Pasir Dawuan, Desa Mekargalih.

Sementara itu, Babinkantibmas Desa Mekargalih, Ipda Budi menambahkan, memang nenar adanya bahwa di Kampung Sirnagalih, Desa Mekargalih,  Jumat 06 /07,  di semak tengah sawah telah ditemukan warga setempat, 1buah tabung gas LPG 3Kg, 1 unit CPU, 1 unit LCD dan 1 unit Keyboard.

"Semua barang tersebut milik Adang Suparman warga Sirnagalih, yang sengaja ditinggal kawanan maling, karena malam harinya telah menyatroni rumah Adang. Kejadian tersebut, sedang dalam pengawasan pihaknya,"ucapnya.

Pihaknya berharap seluruh warga Desa Mekargalih, tiap malam harus benar waspada dan ronda malam harus benar konsisten melaksanakan ronda malan sesuai jadwal.

"Kontrol tiap malam lebih ditingkatkan di lingkungan desa Mekargalih,"tandasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…