Kamis, 16 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Konsultasi Publik Revisi RTRW Disorot

Peserta Undangan Didominasi ASN

Nuki

Selasa, 17 Juli 2018 - 06:55 WIB

Konsultasi Publik Revisi RTRW Disorot
Konsultasi Publik Revisi RTRW Disorot
A A A

Beritacianjur.com - PELAKSANAAN kegiatan konsultasi publik revisi Renca Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Cianjur 2011-2013 disorot.

Pasalnya, peserta yang hadir saat kegiatan yang digelar di Aula Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Senin (16/7/2018) tersebut, didominasi para pejabat teras Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, ketimbang kalangan masyarakat. Kok bisa? Ada apa?

Pantauan Berita Cianjur, dari sekitar 60 orang peserta yang hadir, 90 persen di antaranya merupakan pejabat Pemkab Cianjur. Sedangkan sisanya instansi pemerintah lainnya dan beberapa tokoh serta perwakilan dari forum masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, pihak konsultan pelaksana pembuat revisi RTRW memaparkan sejumlah rancangan revisi pada Peraturan Daerah (Perda) 17 Tahun 2012 Tentang RTRW Kabupaten Cianjur.

Ketua Bappeda Cianjur, Agus Indra saat dikonfirmasi soal peserta kegiatan yang cenderung didominasi kalangan ASN mengaku, sebelumnya sudah menyebar undangan ke sejumlah pihak untuk diminta bisa menghadiri acara konsultasi publik tersebut.

“Kita sudah layangkan surat ke sejumlah pihak. Soal kenapa mereka tidak bisa hadir ke acara ini saya tidak tahu alasannya kenapa,“ kata Agus saat ditemui seusai acara.

Terpisah, Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Cianjur, Erwin Rustiana saat dikonfirmasi ada tidaknya undangan dari Bappeda untuk LBH mengaku, pihaknya sama sekali tidak mendapat undangan untuk kegiatan konsultasi publik tersebut. Erwin tak mengetahui alasannya, mengapa Bappeda sampai tidak mengundang lembaga yang dipimpinnya tersebut.

“Tidak ada undangannya tuh, saya juga tidak tahu kenapa. Padahal lembaga kami ini legal dan terdaftar di Kesbangpol Cianjur,” ujar Erwin saat dihubungi Berita Cianjur, Senin (16/7/2018).

Padahal, terang Erwin, konsultasi publik soal RTRW sangat penting buat masyarakat, karena ini menyangkut soal nasib Cianjur ke depan seperti apa. Artinya kegiatan konsultasi publik tersebut tidak bisa dianggap main-main, perlu adanya keikutsertaan publik Cianjur dari berbagai kalangan.

“Semua lapisan seharusnya diundang, mulai dari pegiat aktivis, LSM, forum, praktisi hukum, buruh tani, buruh pabrik juga kalangan pemerhati. Dengan begitu, hasil revisi RTRW yang dilakukan konsultan bisa lebih teruji,” jelas Erwin.(*)

Tag

  1. RTRW

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…