Kamis, 16 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Gedung PLN Cianjur di Duduki Pengunjukrasa

Massa Menuntut Pertanggungjawaban Atas Korban Sengatan Listrik

Angga Purwanda

Selasa, 17 Juli 2018 - 20:09 WIB

Gedung PLN Cianjur di Duduki Pengunjukrasa
Gedung PLN Cianjur di Duduki Pengunjukrasa
A A A

Beritacianjur.com - TIM Peduli Advokasi Kemanusiaan beserta sejumlah elemen masyarakat mendatangi Kantor PT PLN (Persero) Area Cianjur, Selasa (17/7/2017).

Seratusan pengunjukrasa itu menuntut PLN bertanggungjawab terhadap pengobatan Enda Supriyadi (7) warga Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, yang mengalami luka parah dibagian tangan sebelah kanan yang tersengat listrik.

Koordinator aksi, Deni ‘Gawel’ Sunarya, mengatakan pihak PLN Cabang Cianjur dinilai lalai karena kabel bertegangan tinggi tidak dibungkus sehingga membahayakan masyarakat.

“PLN harus bertanggungjawab sesuai dengan UU No 30 Tahun 2009, didalamnya tercantum  PLN harus melindungi dan bertanggung jawab terhadap pengguna listrik negara,” kata Deni, kepada wartawan, Selasa (17/7/2018).

Deni menyebutkan, hingga saat ini, kondisi korban semakin memprihatinkan, bedasarkan diagnosa medis tangan kanan korban akan mengalami cacat permanen.
“Saat ini, pihak keluarga sudah tidak mampu membiayai pengobatan korban karena ekonomi lemah. Sedangkan pihak PLN terkesan lepas tanggungjawab,” katanya.

Asisten Manager PLN Area Cianjur, Agung Wicaksono, mengatakan pihaknya sudah menanggapi tuntutan peserta aksi yang sempat diterima untuk melakukan audiensi.

“PLN sudah datang ke rumah sakit saat korban mendapat perawatan medis dan memberikan  santunan, meskipun pihak keluarga berkeinginan ke pengobatan alternatif,” ujar Agung.

Bahkan PLN memberikan beberapa alternatif santunan dan bantuan pada keluarga korban, namun perwakilan pengujukrasa menolak alternatif tersebut dan meminta pertemuan dijadwal ulang.

Sementara itu, Wakil Ke­tua Komisi IV DPRD Kabupaten Cianjur, Sapturo, mengaku sangat prihatin dengan terjadinya musibah itu.
Dengan kondisi seperti itu, menurut Sapturo, tangan korban yang hampir putus dan kondisinya kian memburuk.

“Saya titip pesan selain anaknya, tolong keluarganya juga diperhatikan,” tegas Sapturo.

Beberapa tuntutan pengunjukrasa adalah menuntut pengobatan Enda sampai sembuh dan dibiayai PLN. Menuntut biaya pendidikan Enda sampai perguruan tinggi.
Hasil audiensi menyebut bahwa pihak PLN siap memberi santunan Rp 25 juta dan memberikan biaya Rp 1 juta perbulan. Namun hal tersebut ditolak oleh para pengunjuk rasa.

Akibat tidak adanya titik temu antara pengunjukrasa dan PT PLN, para pengunjuk rasa mengancam jika tak ada solusi dalam tiga hari maka masalah akan dilanjutkan ke jalur hukum. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…