Kamis, 16 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

9 Pemuda Terampil Siap Bangun Perkonomian Desa

Apip Samlawi

Kamis, 19 Juli 2018 - 21:33 WIB

Foto: Apip Samlawi/BC
Foto: Apip Samlawi/BC
A A A

Beritacianjur.com - SEDIKITNYA 12 pemuda desa diberangkatkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Haurwangi, Kabupaten Cianjur mengikuti pendidikan keterampilan di kota Bekasi. Mereka diberangkatkan TKSK sekitar 4 bulan lalu.

Dari 12 orang yang berangkat, 9 orang diantaranya kini telah kembali ke kampung halaman, berbekal keterampilan menjahit dan sablon hasil pendidikan selama 4 bulan di Kota Bekasi. Tentu saja keberhasilan mereka mengenyam ilmu baru itu membuat kebanggaan dirinya, keluarga dan berbagai pihak.

TKSK Haurwangi, Roni Ruswandi menjelaskan mulanya rekrutmen calon peserta pelatihan keterampilan tenaga kerja dilakukan secara selektif, dengan kreteria paling utama yaitu, memiliki minat untuk belajar, kuarga kerang beruntung, memiliki impian ingin maju dan kuat mental.
 
Roni mengungkapkan, empat bulan lalu pihaknya hanya mampu merekrut dan memberangkatkan 12 orang pemuda dari Desa Ramasari dan Haurwangi, untuk mengikuti pelatiha keterampilan di Kota Bekasi. Namun yang mampu menyelesaikan pendidikan hanya 9 orang pemuda.

"9 orang yang pulang tiba di Haurwangi Rabu (18/7)  lalu. 7 orang dari Desa Ramasari dan 2 orang dari Desa Haurwangi, sedangkan yang lainnya pulang duluan alias gugur,"ujarnya kemarin.

Mereka yang tamat mengikuti pelatihan keterampilan menjahit dan sablon, sambung Roni, sebentar lagi akan menerima peralatan mesih jahit untuk membuka konveksi dan peralatan sablon.

"Nantinya supaya bisa membuka perusahaan sablon printing di kampung nya masing-masing,"kata Roni

Tidak hanya membuka peluang usaha pribadinya saja, tambah Roni, 9 pemuda tadi kedepanya akan dijadikan Tutor/Pelatih pendidikan  pelatihan keterampilan di Kecamatan Haurwangi.

Sementara itu, Kepala Desa Ramasari Agus Rusmana menjelaskan, dengan kepulangannya 7orang para pemuda dari pelatihan Keterampilan kerja di Kota Bekasi, dengan membawa bekal ilmu dan keterampilan menjahit dan sablon, diharapkan kedepannya akan mampu membuat lapangan kerja dan sedimitnya akan mampu menekan aka pengangguran di Desa Ramasari.

Dengan itu, pihaknya berucap terimakasih pada Pihak Kecamatan Haurwangi, Pemkab Cianjur, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang telah mampu mendidik 7 Orang pemuda Desa Ramasari menjadi calon pengusaha handal dan profesional, Ucap Agus kemarin, (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…