Kamis, 20 September 2018 | Cianjur, Indonesia

BI dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Gelar OP Telur dan daging

Rls/Mustofa

Senin, 23 Juli 2018 - 21:35 WIB

Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi
A A A

Beritacianjur.com - BERDASARKAN pemantauan harga di Portal Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jawa Barat bersumber dari 7 (tujuh) Kota penghitung inflasi Jawa Barat yaitu Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Sukabumi, Kota Tasikmalaya dan Kota Cirebon, kedua komoditas tersebut terpantau merangkak naik sejak bulan Juni 2018.

Fenomena ini tentunya berbeda dengan pola historis pergerakan harga 5 (lima) tahun terakhir yang biasanya mengalami normalisasi harga pasca Idul Fitri. Terdapat beberapa faktor anomali yang menyebabkan terbatasnya pasokan kedua komoditas dimaksud. Faktor-faktor tersebut diantaranya yaitu: faktor cuaca ekstrim yang mempengaruhi produktivitas para peternak ayam pembatasan pembibitan.

Di sisi lain, terdapat egg drop syndrome atau penyakit ayam dimana ayam yang diternak tidak mati namun tidak menghasilkan telur. Berbagai kendala ini diharapkan dapat segera diatasi pemerintah. Penyakit yang menyerang ayam ternak peningkatan harga pakan ayam seiring volatilitas nilai tukar rupiah. Pemotongan ayam petelur untuk memenuhi permintaan pada saat Idul Fitri.

Menurut data yang diperoleh, andil inflasi komoditas telur ayam ras dan daging ayam ras di Jawa Barat dalam 5 (lima) tahun terakhir masing-masing sebesar 0,064% (yoy) dan 0,066% (yoy) serta dengan bobot sebesar 1,38% (daging ayam ras) dan 0,77% (telur ayam ras) dari sekitar 800 komoditas yang disurvei oleh BPS. Artinya andil inflasi dan bobot kedua komoditas tersebut cukup tinggi dan berdampak cukup signifikan terhadap daya beli masyarakat.

Melihat fenomena tersebut, TPID Provinsi Jawa Barat yang pada tanggal 20 Juli 2018 telah melakukan rapat koordinasi yang salah satunya membahas mengenai fenomena kenaikan harga komoditas tersebut, berinisiatif untuk melakukan stabilitasasi harga melalui program Bazar Murah. Kegiatan program bazar murah akan dilaksanakan secara serentak di 7 (tujuh) Kota penghitung inflasi yang ditentukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dengan bersinergi antara Pemerintah Daerah, Bank Indonesia, Bulog Divre Jawa Barat dan Bank Jawa Barat Banten.

Khusus Kota Bandung, kegiatan bazar murah dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2018 bertempat di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung, Jl. Arjuna, No 45 dan di Pasar Ujung Berung pada tanggal 24 Juli 2018. Namun demikian, Pemerintah juga menghimbau kepada para pelaku bisnis (pedagang dan distributor) untuk ikut andil dalam melakukan stabilisasi harga sehingga dampaknya akan semakin masif demi kebaikan bersama.

"Kota Bandung dilakukan dua hari yakni di Jalan Arjuna dan Pasar Ujung Berung," kata Eli Wasliah, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung, Senin (23/7/2018). (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…