Kamis, 16 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Kondisi Gelap Dimanfaatkan Oknum Membuang Sampah

Warga Muhara Minta Fasilitas PJU

Nuki Nugraha

Senin, 30 Juli 2018 - 21:23 WIB

Foto: Nuki Nugraha/BC
Foto: Nuki Nugraha/BC
A A A

Beritacianjur.com - WARGA Kampung Muhara, Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur mengeluhkan minimnya fasilitas lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di ruas jalan Citarum lama.

Pasalnya, kondisi gelap di ruas jalan tersebut, kerap dimanfaatkan oknum tak bertanggungjawab, membuang sampah seenaknya di sepanjang bahu ruas jalan.

Pantauan Berita Cianjur, tumpukan sampah plastik, kain dan sisa makanan rumah tangga tampak berceceran di sepanjang bahu ruas jalan, sehingga sekitar lokasi terlihat kumuh dan semrawaut.

Bukan sekali dua kali warga sekitar membersihkan lokasi, bahkan papan peringatan keras bernada ancaman dipasang bagi siapapun yang membuang sampah disana. Namun upaya tersebut seperti sia sia, oknum warga yang membuang sampah tetap saja ada, malah sekarang ini makin menjadi.

"Buang sampahnya kalau ga malam, biasanya menjelang pagi sekitar habis subuh. Kayaknya memanfatkan kondisi di lokasi yang gelap, soalnya tidak ada penerangan sama sekali,"ujar Ketua RW 10 Kampung Muhara, Iwan Sutisna kepada wartawan saat ditemui di lokasi, Senin (30/7).

Melihat kondisi tersebut, Iwan meminta pihak pemerintah agar segera menyediakan fasilitas PJU di loaksi. Dengan harapan bisa meminimalisir lokasi, agar tidak lagi di manfaatkan hal yang bisa merugikan banyak pihak.

"Kalau kondisinya terang benderang orang juga akan segan berbuat yang tidak tidak. Membuang sampah disana misalnya,"ucapnya.

Menurut Iwan, tersedianya fasilitas bak sampah angkut di lokasi ruas jalan Citarum Lama bisa menjadi solusi mengatasi persoalan sampah yang kerap menumpuk dan berserakan di lokasi. Minimal bisa membuat lokasi tampak lebih rapi, tidak sembrawut san kumuh seperti sekarang.

"Itu kang bak sampah dari besi, yang biasa terpasang di truk sampah. Kan bisa disimpan disana, jadi bisa langsung diangkut,"kata Iwan.

Pihaknya berharap, pemerintah Kecamatan selaku kepanjangan tangan pemerintan daerah bisa menyediakan bak sampah sejenis itu di sekitar lokasi.

"Kalau dijaga terus tentu tidak bisa setiap hari. Pasti bakal kucing kucingan. Nah kalau disediakan bak sampah bukan permanen di sekitar lokasi, paling tidak tumpukan sampah tidak berserakan,"ucapnya

Kondisi menumpuknya sampah di sepajang ruas jalan Citarum Lama bukan tak menjadi perhatian warga sekitar. Buktinya, warga kerap bergiliran memantau lokasi, untuk menangkap tangan oknum pelaku pembuang sampah.

"Tumpukan sampah disana sering kita bersihkan. Tapi tetap saja ada oknum yang membuang kesana, meskipun sudahTersedianya fasilitas bak sampah angkut di lokasi ruas jalan Citarum Lama bisa menjadi solusi mengatasi persoalan sampah yang kerap menumpuk dan berserakan di lokasi.

Hal tersebut dikatakan Ketua RW 10 Kampung Muhara, Desa Haurwangi, Iwan Sutisna. Menurutnya, ketersedian bak sampah angkut di lokasi tersebut, minimal bisa membuat lokasi tampak lebih rapi, tidak sembrawut san kumuh seperti sekarang.

"Itu kang bak sampah dari besi, yang biasa terpasang di truk sampah. Kan bisa disimpan disana, jadi bisa langsung diangkut,"kata Iwan.

Pihaknya berharap, pemerintah Kecamatan selaku kepanjangan tangan pemerintan daerah bisa menyediakan bak sampah sejenis itu di sekitar lokasi.

"Kalau dijaga terus tentu tidak bisa setiap hari. Pasti bakal kucing kucingan. Nah kalau disediakan bak sampah bukan permanen di sekitar lokasi, paling tidak tumpukan sampah tidak berserakan,"ucapnyadipasangi himbauan larangan," kata Solihin, Ketua RT Kampung Muhara.

Peria yang akrab disapa Bimbim ini mengaku, bersama anak anak Karangtaruna Kampung Muhara kerap memantau lokasi, mengintip siapa pelaku pembuang sampah disana.

"Pengintaian kita selama itu ga sia sia Kang, beberapa waktu lalu kita berhasil menangkap tangan salah seorang pelaku,"akunya.

Bimbim menegaskan, warga sekitar bukan enggan untuk membersihkan lokasi, sebab berulangkali dibersihkan tetap saja ada oknum yang mencuri curi waktu, membuang sampah di lokasi.

"Pastinya sangat kesal Kang. Jadi kaya kucing kucingan saja. Entah mesti bagaimana supaya disana bisa terlihat bersih,"keluhnya.

Pihaknya berharap siapapun warga yang biasa membuang sampah ke sekitar lokasi tidak lagi melakukan tindakan seperti itu, sebab bisa merugikan banyak pihak.

"Yu kita jaga sama sama kebersihannya. Kan kalau banyak tumpukan sampah seperti ini lingkungan sekitar jadi terlihat kotor dan kumuh,"tandasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…