Kamis, 16 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Kalangan Ulama dan Masyarakat Cianjur Deklarasikan Gerakan Nasional #J2P

Angga Purwanda

Kamis, 02 Agustus 2018 - 07:00 WIB

Kalangan Ulama dan Masyarakat Cianjur Deklarasikan Gerakan Nasional #J2P
Kalangan Ulama dan Masyarakat Cianjur Deklarasikan Gerakan Nasional #J2P
A A A

Beritacianjur.com - KALANGAN ulama dan elemen masyarakat mendeklarasikan Gerakan Nasional #J2P atau Jokowi 2 Periode di Pondok Pesantren Gelar, Desa Peuteuycondong, Kecamatan Cibeber, Rabu (1/8/2018).

Deklarasi itu merupakan ijtihad politik yang menyatakan dukungan Joko Widodo (Jokowi) 2 Periode sebagai tindak lanjut kegiatan serupa yang digelar di Monumen Juang, Kota Bandung, 26 Juli lalu.

"Gerakan #J2P tidak ada perintah dari siapapun. Gerakan ini murni hasil musyawarah para relawan sebagai sebuah sikap politik. Kenapa kita harus menentukan sikap? karena hidup adalah pilihan. Jika kita salah memilih (pemimpin), maka kita yang akan menanggung kerugiannya," kata Pembina Forum Bersama Aksi Care Center Gerakan Nasional #J2P, Anton Charliyan, kepada wartawan, Rabu (1/8/2018).

Anton menyebutkan, Gerakan Nasional #J2P merupakan wahana menampung aspirasi suara rakyat dari kalangan manapun dengan tujuan mendukung Jokowi dua periode. Gerakan Nasional #J2P merupakan bentuk kepedulian terhadap negara.

"Ini merupakan deklarasi pertama kali Gerakan Nasional #J2P dari kalangan ulama di Jawa Barat. Ini yang dinamakan ijtihad politik yakni memberikan suara jelas. Kita semua hadir di sini mempunyai tujuan sama yaitu mendukung Jokowi dua periode," ucapnya.

Pilpres 2019 merupakan sarana menyalurkan hak demokrasi mendukung Jokowi dua periode memimpin Indonesia lima tahun ke depan. Sebagai deklarator dan inisiator Gerakan Nasional #J2P, Anton menuturkan deklarasi diikuti daerah lainnya sebagai penentuan sikap.

"Hari ini kalangan ulama mendeklarasikan Gerakan Nasional #J2P. Saya hargai penyataan sikap dan dukungan ini," ujarnya.

Pada kepemimpinannya sekarang, lanjut Anton, kinerja Jokowi sudah banyak berprogres terhadap kemajuan Indonesia. Tak hanya kemajuan yang sifatnya pengakuan secara nasional, tapi juga pengakuan dari dunia internasional.

"Selama empat tahun memimpin Indonesia, Jokowi sudah bisa memakmurkan Indonesia yang memiliki bargaining power dengan negara lain. Satu hal penting, sosok beliau (Jokowi) mampu menjaga keutuhan NKRI, Pancasila, UUD 1945, serta Bineka Tunggal Ika," pungkasnya.

Panitia kegiatan, Haerul Latif, mengatakan Gerakan Nasional #J2P merupakan gerakan langsung dukungan terhadap Joko Widodo memimpin kembali Indonesia. Gerakan #J2P sudah banyak minta dideklrasikan di seluruh wilayah di Indonesia.

"Gerakan ini dimotori dan dibidani melalui kegiatan Halo-halo Bandung di Monumen Juang di Bandung pada 26 Juli lalu," kata Haerul, kemarin.

Haerul mengungkapkan deklarasi Gerakan #J2P spontanitas sebagai tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Indonesia. Ijtihad politik dengan mendeklarasikan Gerakan #J2P diharapkan merupakan media dukungan penuh terhadap Jokowi.

"Deklarasi ini dilakukan dengan sesungguhnya dalam keadaan dan penuh tanggung jawab sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Kami akan menjalankannya dengan sepenuh hati berpedoman kepada Pancasila, UUD 1945, Bineka Tunggal Ika, dan NKRI. Bagi kami para ulama, NKRI merupakan harga mati dan harus dipertahankan," tegasnya.

Haerul menyebutkan Jokowi merupakan figur yang saat ini tak tergantikan. Figurnya selama ini nyaris tanpa cela.

"Kerja kolektifnya bisa diandalkan menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa dan negara ini. Sehingga, Indonesia bisa terus maju da berkembang saat ini dan di masa mendatang. Jokowi memenuhi semua aspek kriteria pemimpin nasional. Makanya, kami berkumpul di sini untuk melakukan ijtihad politik," tuturnya.

Alasan pelaksanaan deklarasi Gerakan #J2P di Gelar, kata Haerul, didasari pertimbangan karena pesantren tersebut merupakan tebu ireng kedua. Pesantren Gelar menjadi bagian munculnya resolusi jihad dalam rangka menghalau gangguan kolonial Belanda saat zaman penjajahan dulu.

"Waktu itu dalam rangka menyelamatkan pemimpin nasional, Ir Soekarno," tandasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…