Jumat, 22 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Ada 'Niagara' di Cianjur, Ayo Jelajah dan Buktikan!

Zulfah Robbania

Selasa, 08 September 2015 - 17:00 WIB

curug cikondang/net
curug cikondang/net
A A A

Ada Niagara di Cianjur? Ya, begitulah orang menyebutkan, curug atau air terjun ini dikenal luas dengan sebutan Niagara mini. Mungkin pemberian nama ini diberikan karena ukurannya yang besar.

Terkait nama Curug Cikondang, ternyata tidak berkaitan dengan artian “terkenal” atau sejenisnya. Penamaan Cikondang, bahkan oleh warga pun tidak diketahui asal mulanya.

Untuk sampai ke Curug Cikondang yang berada di Desa Sukadana, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, bisa ditempuh dengan dua jalur. Yakni jalur pertama dari Warungkondang atau dari Situs Gunung Padang, sedangkan yang kedua dari arah Cibeber. Untuk jarak tempuh, sekitar dua jam dari kota.

Akses untuk smapai ke Curug Cikondang memang tidak terlalu baik. Meski begitu, pemandangan menuju Curug Cikondang mampu menepis rasa ketidaknyamanan akibat jalan yang rusak. Hamparan “karpet hijau” alami dari perkebunan teh dan sawah menjadi suguhan yang menyejukkan mata.

Pemandangan tersebut hampir bisa dilihat sepanjang jalan menuju curug. Bahkan, Curug Cikondang berada diantara hamparan kebun teh PTP VIII dan terasering sawah. Namun, bagi anda yang ingin langsung pergi ke Curug Cikondang dengan kondisi musim panas seperti ini, sebaiknya hati-hati.

Dihimbau bagi anda yang menggunakan mobil, untuk tidak membuka kaca jendela, begitu pun dengan yang menggunakan motor dihimbau tetap menggunakan masker. Hal ini disebabkan debu yang berseliweran dari tanah merah kering akibat tertiup angin.

Setiba di kawasan Curug Cikondang, terdapat lahan parkir luas. Namun, disebutkan warga, areal parkir tersebut khusus bagi pengendara mobil dengan tarif Rp 5.000. Sedangkan pengendara motor, area parkirnya berada di depan, persis jalan masuk menuju area curug.

Dari area parkir, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih satu kilometer untuk sampai ke area curug. Medan menuju curug tidak terlalu sulit. Jalan lurus, berbelok dan menurun akan sering ditemui.

Selain pemandangan kebun teh dan sawah, aktivitas pencucian para penambang emas oleh warga lokal juga bisa jadi “tontotan” menarik lainnya. Maklum, Kecamatan Campaka, selain memiliki potensi bidang pertanian dan perkebunan juga memiliki potensi pertambangan, salah satunya emas.

Deburan air terjun makin terdengar jelas, ini tandanya kami makin dekat dengan lokasi curug. Medan yang ditemui pun sering berupa turunan. Untuk memudahkan para pengunjung, pengelola membuat jalan setapak berupa batu. Mungkin pembuatan ini dimaksudkan sebagai antisipasi jika kondisi musim hujan, yang dipastikan jalanan menuju curug akan sangat licin karena tanah merah.

Pemandangan indah pun langsung terhampar. Air terjun setinggi 50 meter menyambut setiap pengunjung yang datang. Namun, lagi-lagi karena musim kemarau, debit air Curug Cikondang sangat berkurang. Sehingga sebutan Niagara Mini sedikit kurang tergambarkan. Tapi itu tidak mengurangi pemandangan yang disuguhkan.

Pemandangan indah ini, tentunya akan mengundang banyak wisatawan jika dikelola dengan baik. Sayangnya, sampai saat ini, pengelolaan masih belum maksimal. Hal ini terlihat dari tidak adanya sarana seperti toilet, tempat pemandian umum atau mushola.

Bahkan, karena kurang pengelolaan, sekedar untuk tempat sampah pun tidak ada. Padahal, curug ini sudah dikenal luas dan menjadi tujuan wisata selanjutnya dari Kecamatan Campaka setelah Situs Gunung Padang. (bbs)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…