Sabtu, 24 Juni 2017 - Pukul 17:31

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sport

Nasib 'Oranje' di Ujung Tanduk

Oleh: Yadi Haryadi - Selasa 08 September 2015 | 12:00 WIB

Nasib 'Oranje' di Ujung Tanduk

arjen robben/net

BERITACIANJUR.COM, BELANDA - Sebagai salah satu tim besar di Eropa, Belanda jadi satu dari sekian yang dijagokan melenggang ke putaran final Piala Eropa 2016. Siapa sangka Der Oranje saat ini dalam kondisi kritis malah terancam tak lolos ke Prancis tahun depan.

 

Belanda punya semua latar belakang untuk disebut sebagai salah satu unggulan di Piala Eropa 2016 nanti. Mereka punya rekam jejak sebagai juara meski sudah cukup lama diraih yakni pada 1988 silam. Selain itu, mereka juga datang dengan status peringkat tiga dunia pada Piala Dunia 2014 lalu. Di turnamen tersebut, Belanda bahkan menaklukkan dua tim kuat dengan amat meyakinkan: Spanyol dilibas dengan skor 5-1 di fase grup, sedang tuan rumah Brasil dihantam 3-0 pada perebutan tempat ketiga.

 

Sekalipun Blind belum punya pengalaman sebagai pelatih timnas, namun dinilai punya pengetahuan cukup untuk menukangi Belanda karena sudah menjadi asisten pelatih di tim tersebut sejak 2012. Dia juga setidaknya mengenal metode Van Gaal yang terbilang sukses di Piala Dunia lalu.

 

Tapi sejauh ini belum tampak sinyal bagus. Dalam dua laga di bawah polesannya, Belanda menelan kekalahan masing-masing 0-1 dari Islandia dan 0-3 dari Turki di Kualifikasi Piala Eropa 2016. Dua hasil merah itu membuat mereka terancam tak lolos ke turnamen yang berlangsung di Prancis tahun depan tersebut.

 

Saat ini Belanda ada di peringkat empat Grup A dengan nilai 10 dari delapan laga. Dua tiket lolos langsung sudah dipastikan Islandia dan Republik Ceko yang sama-sama mengoleksi nilai 19 dengan dua laga tersisa. Mereka sudah tak bisa dikejar lagi oleh Turki di urutan ketiga yang punya 12 poin.

 

Otomatis, jalan bagi Belanda untuk lolos hanya dengan finis ketiga, melalui jalur play-off atau mencatatkan diri sebagai peringkat ketiga terbaik. Tapi tak akan mudah juga karena mereka harus berharap Turki kehilangan angka-angka di dua partai tersisa.

 

Sepanjang sejarahnya ikut Piala Eropa sendiri, Belanda sudah sembilan kali lolos ke putaran final. Dari sembilan keikutsertaan, hanya dua kali mereka gagal melewati fase grup. Satu kali 'Negeri Kincir Angin' itu juara, empat kesempatan lainnya terhenti di semifinal, dan dua kali mandek di perempatfinal.

 

Terlepas dari prestasi finis di urutan tiga pada Piala Dunia lalu, Belanda sejatinya dalam tren menurun di Piala Eropa. Sejak terakhir kali merebut posisi tiga pada edisi 2004 di Portugal, mereka berangsur-angsur menurun: terhenti di perempatfinal pada edisi 2008, lalu mentok di fase grup pada 2012 silam. (net)

Komentar