Minggu, 22 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Nasib 'Oranje' di Ujung Tanduk

Yadi Haryadi

Selasa, 08 September 2015 - 12:00 WIB

arjen robben/net
arjen robben/net
A A A

BERITACIANJUR.COM, BELANDA - Sebagai salah satu tim besar di Eropa, Belanda jadi satu dari sekian yang dijagokan melenggang ke putaran final Piala Eropa 2016. Siapa sangka Der Oranje saat ini dalam kondisi kritis malah terancam tak lolos ke Prancis tahun depan.

Belanda punya semua latar belakang untuk disebut sebagai salah satu unggulan di Piala Eropa 2016 nanti. Mereka punya rekam jejak sebagai juara meski sudah cukup lama diraih yakni pada 1988 silam. Selain itu, mereka juga datang dengan status peringkat tiga dunia pada Piala Dunia 2014 lalu. Di turnamen tersebut, Belanda bahkan menaklukkan dua tim kuat dengan amat meyakinkan: Spanyol dilibas dengan skor 5-1 di fase grup, sedang tuan rumah Brasil dihantam 3-0 pada perebutan tempat ketiga.

Sekalipun Blind belum punya pengalaman sebagai pelatih timnas, namun dinilai punya pengetahuan cukup untuk menukangi Belanda karena sudah menjadi asisten pelatih di tim tersebut sejak 2012. Dia juga setidaknya mengenal metode Van Gaal yang terbilang sukses di Piala Dunia lalu.

Tapi sejauh ini belum tampak sinyal bagus. Dalam dua laga di bawah polesannya, Belanda menelan kekalahan masing-masing 0-1 dari Islandia dan 0-3 dari Turki di Kualifikasi Piala Eropa 2016. Dua hasil merah itu membuat mereka terancam tak lolos ke turnamen yang berlangsung di Prancis tahun depan tersebut.

Saat ini Belanda ada di peringkat empat Grup A dengan nilai 10 dari delapan laga. Dua tiket lolos langsung sudah dipastikan Islandia dan Republik Ceko yang sama-sama mengoleksi nilai 19 dengan dua laga tersisa. Mereka sudah tak bisa dikejar lagi oleh Turki di urutan ketiga yang punya 12 poin.

Otomatis, jalan bagi Belanda untuk lolos hanya dengan finis ketiga, melalui jalur play-off atau mencatatkan diri sebagai peringkat ketiga terbaik. Tapi tak akan mudah juga karena mereka harus berharap Turki kehilangan angka-angka di dua partai tersisa.

Sepanjang sejarahnya ikut Piala Eropa sendiri, Belanda sudah sembilan kali lolos ke putaran final. Dari sembilan keikutsertaan, hanya dua kali mereka gagal melewati fase grup. Satu kali 'Negeri Kincir Angin' itu juara, empat kesempatan lainnya terhenti di semifinal, dan dua kali mandek di perempatfinal.

Terlepas dari prestasi finis di urutan tiga pada Piala Dunia lalu, Belanda sejatinya dalam tren menurun di Piala Eropa. Sejak terakhir kali merebut posisi tiga pada edisi 2004 di Portugal, mereka berangsur-angsur menurun: terhenti di perempatfinal pada edisi 2008, lalu mentok di fase grup pada 2012 silam. (net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 41 menit yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 1 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 1 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?