Kamis, 21 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

KAPOLDA: Basmi Miras Juga Bergantung Kultur Masyarakat

Misbah Hidayat

Selasa, 08 September 2015 - 12:00 WIB

kapolda jabar/arlan/BC
kapolda jabar/arlan/BC
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Polda Jabar bersiap akan memberantas peredaran miras karena dampaknya yang membahayakan.  Upaya pencegahan maupun penindakan hukum itu sekaligusnya untuk melenyapkan miras oplosan yang selama ini telah merenggut nyawa.

“Miras itu sangat berbahaya apalagi kalau dioplos sehinggaTak kita berusaha untuk memberantasnya secara optimal. Upaya yang dilakukan tidak hanya sebatas penegakan hukum namun juga pencegahannya,” kata Kapolda Jabar Irjen Pol. Moechgiyarto saat melakukan kunjungan kerja ke Mapolres Cianjur, kemarin.

Beragam cara dilakukan guna memerangi miras baik melalui patrol skala besar, patroli beranting maupun pos mobile. Bahkan, setiap bhabinkambtibmas juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya mengkonsumsi miras.

“Sudah banyak yang kita kerjanya untuk memerangi miras ini dengan memberikan penyuluhan hingga penyampaian informasi tujuannya agar memahami bahaya miras itu. Harapannya agar tidak ada lagi berita-berita yang berkaitan dengan korban meninggal karena mengkonsumsi miras,” bebernya.

Ia menambahkan tak segan-segan untuk menindak oknum yang membekingi peredaran miras ilegal karena cukup membahayakan. Selain itu dia berharap adanya partisipasi masyarakat karena keterbatasan personel kepolisian dalam mengawasi peredaran miras.

“Kita akan tindak tegas terhadap oknumnya tentu saja sesuai aturan. Namun  kita membutuhkan partisipasi masyarakat dalam memberantas miras ini karena keterbatasan sumber daya,” imbuhnya.

Berusaha memerangi miras baik preventif maupun penegakkan hukum, pemusnahan. Patrol skala besar, patroli beranting, pos mobile bhabin penyuluhan itu barang berbahaya apalagi dioplos. Sudah disampaikan semua, kembali kepada budaya masyarakat.

Keterbatasan sumber daya sehingga butuh partisipasi masyarakat, itu harapannya sehingga tidak ada lagi berita-berita yang meninggal dunia karena miras ini. Kita akan tindak, kita sesuai aturan. kalau ada yang membekingi, uu lembek sehingga buat jera itu kurang. Peminum bisa dijerat pasal 509 tapi itukan tindak pidana ringan.  Bagaimana kembali kepada keinginan masyarakat.

Bahkan, ia tak menampik jika kendala terbesar yang dihadapi saat ini berkaitan rendahnya hukumnya terhadap pelaku. Walaupun didalamnya peminum juga bisa dijerat dengan hukum. Hanya saja sesuai ketentuan hukum itu semua termasuk dalam kategori tindak pidana ringan (tipiring).

 "Permasalahannya miras ini kan aturan undang-undangnya boleh dikatakan lembek. Sehingga  tidak membuat efek jera terhadap pelakunya meskipun peminum juga bisa dijerat hukum. Soal itu mau diperberat hukumannya itu dikembalikan kepada budaya masyarakat, kita kan bekerja sesuai aturan,” pungkasnya. (ree)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?