Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

KAPOLDA: Basmi Miras Juga Bergantung Kultur Masyarakat

Misbah Hidayat

Selasa, 08 September 2015 - 12:00 WIB

kapolda jabar/arlan/BC
kapolda jabar/arlan/BC
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Polda Jabar bersiap akan memberantas peredaran miras karena dampaknya yang membahayakan.  Upaya pencegahan maupun penindakan hukum itu sekaligusnya untuk melenyapkan miras oplosan yang selama ini telah merenggut nyawa.

“Miras itu sangat berbahaya apalagi kalau dioplos sehinggaTak kita berusaha untuk memberantasnya secara optimal. Upaya yang dilakukan tidak hanya sebatas penegakan hukum namun juga pencegahannya,” kata Kapolda Jabar Irjen Pol. Moechgiyarto saat melakukan kunjungan kerja ke Mapolres Cianjur, kemarin.

Beragam cara dilakukan guna memerangi miras baik melalui patrol skala besar, patroli beranting maupun pos mobile. Bahkan, setiap bhabinkambtibmas juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya mengkonsumsi miras.

“Sudah banyak yang kita kerjanya untuk memerangi miras ini dengan memberikan penyuluhan hingga penyampaian informasi tujuannya agar memahami bahaya miras itu. Harapannya agar tidak ada lagi berita-berita yang berkaitan dengan korban meninggal karena mengkonsumsi miras,” bebernya.

Ia menambahkan tak segan-segan untuk menindak oknum yang membekingi peredaran miras ilegal karena cukup membahayakan. Selain itu dia berharap adanya partisipasi masyarakat karena keterbatasan personel kepolisian dalam mengawasi peredaran miras.

“Kita akan tindak tegas terhadap oknumnya tentu saja sesuai aturan. Namun  kita membutuhkan partisipasi masyarakat dalam memberantas miras ini karena keterbatasan sumber daya,” imbuhnya.

Berusaha memerangi miras baik preventif maupun penegakkan hukum, pemusnahan. Patrol skala besar, patroli beranting, pos mobile bhabin penyuluhan itu barang berbahaya apalagi dioplos. Sudah disampaikan semua, kembali kepada budaya masyarakat.

Keterbatasan sumber daya sehingga butuh partisipasi masyarakat, itu harapannya sehingga tidak ada lagi berita-berita yang meninggal dunia karena miras ini. Kita akan tindak, kita sesuai aturan. kalau ada yang membekingi, uu lembek sehingga buat jera itu kurang. Peminum bisa dijerat pasal 509 tapi itukan tindak pidana ringan.  Bagaimana kembali kepada keinginan masyarakat.

Bahkan, ia tak menampik jika kendala terbesar yang dihadapi saat ini berkaitan rendahnya hukumnya terhadap pelaku. Walaupun didalamnya peminum juga bisa dijerat dengan hukum. Hanya saja sesuai ketentuan hukum itu semua termasuk dalam kategori tindak pidana ringan (tipiring).

 "Permasalahannya miras ini kan aturan undang-undangnya boleh dikatakan lembek. Sehingga  tidak membuat efek jera terhadap pelakunya meskipun peminum juga bisa dijerat hukum. Soal itu mau diperberat hukumannya itu dikembalikan kepada budaya masyarakat, kita kan bekerja sesuai aturan,” pungkasnya. (ree)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 8 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.