Senin, 23 Oktober 2017 - Pukul 03:46

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

SABA DESA : Desa Balegede Tingkatkan Mutu Pendidikan

Oleh: Yadi Haryadi - Selasa 08 September 2015 | 12:00 WIB

 SABA DESA : Desa Balegede Tingkatkan Mutu Pendidikan

ilustrasi/net

BERITACIANJUR.COM, NARINGGUL – Desa Balegede adalah salah satu desa diantara 11 desa yang ada di Kecamatan Naringgul yang termasuk wilayah diujung selatan Kabupaten Cianjur, dengan jarak tempuh sekitar 168 Km dari kota kabupaten, dengan ketinggian 700 M diatas permukaan laut.

 

Desa Balegede yang mempunyai luas wilayah sekitar 8,160 hektare, merupakan desa yang mempunyai jumlah Penduduk sebanyak 5,620 jiwa dimana jumlah penduduk laki-laki berjumlah 2,851 jiwa, dan penduduk perempuan berjumlah 2,679 jiwa, yang tersebar di 5 Kedusunan, 14 RW dan 40 RT.

 

Desa Balegede tentunya sangat kaya akan budaya yang merupakan suatu potensi yang harus dikembangkan dan dibina, sehingga akan menumbuh kembangkan suatu keanekaragaman budaya menjadi satu alat pemersatu warga. Kesenian tradisi masih dipertahankan oleh masyarakat desa, di desa ini beberapa kelompok warga masih mempertahankan kesenian tradisional berupa pencak silat, seni degung, mamaos cianjuran, buncis, reog, serta calung.

 

Letak geografis desa yang berada di daerah pegunungan, penduduk Desa Balegede kebanyakan bermata pencaharian sebagai petani, baik petani sawah maupun petani kebun. Namun yang menjadi ciri khas paling unggul di desa ini merupakan daerah penghasil gula aren, yang sudah tentu gula aren ini dipasarkan ke beberapa kota besar seperti Bandung dan Jakarta.

 

Pemerintah Desa Balegede, saat ini sedang melakukan peningkatan di bidang pendidikan, dimana sebelumnya tingkat pendidikan warga sekitar masih dibawah rata-rata. Pemerintah desa menilai pendidikan merupakan paktor penting dalam memajukan tingkat kesejahteraan perekonomian warga masyarakat.

 

Dengan tingkat pendidikan yang tinggi maka akan mendongkrak tingkat kecakapan serta mendorong tumbuhnya keterampilan dan kewira usahaan, yang nantinya akan mendorong terciptanya lapangan kerja, sehingga akan mendorong pemerintah dalam penuntasan pengangguran. (day)

Komentar