Sabtu, 19 Agustus 2017 - Pukul 23:47

Image
Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

Pemdes Gunungsari Gelar Pembinaan Pengelolaan APBDes

Oleh: Apip Samlawi - Selasa 08 September 2015 | 13:03 WIB

Pemdes Gunungsari Gelar Pembinaan Pengelolaan APBDes

BERITACIANJUR.COM, CIRANJANG – Aparatur Desa Gunungsari, Kecamatan Ciranjang, Senin (7/9), mengikuti pembinaan dan pengawasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), yang bertujuan untuk mengetahui ketentuan pengelolan keuangan desa yang saat ini gencar dilakukan pemerintah kecamatan.

 

Sejumlah aparatur Desa Gunungsari mengikuti pembinaan dan pengawasan verifikasi Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD), dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), dengan didampingi beberapa staf pemerintahan Kecamatan Ciranjang sebagai pemberi materi.

 

Tujuan dilaksanakannya kegiatan dan pembinaan ini, agar aparatur desa dapat memahami mekanisme dan tahapan penyusunan anggaran dalam menyusun APBDes serta menyamakan persepsi antara tim verifikasi ADD di desa, Kecamatan dan BPMPD, dalam penyusunan laporan pertanggung jawaban.

 

Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) merupakan rencana keuangan tahunan pemerintahan desa yang dibahas dan disetujui bersama oleh pemerintah desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan ditetapkan dengan peraturan desa.

 

Sementara untuk pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan desa adalah kepala desa yang karena jabatannya mempunyai kewenangan menyelenggarakan keseluruhan pengelolaan.

 

Dikatakan ketua tim pelaksana pembinaan Kecamatan Ciranjang, Tatang Basari, menjelaskan, pembinaan dan pengawasan APBDes terhadap aparatur desa di Kecamatan Ciranjang dilaksanakan dengan cara berkesinambungan dan berkelanjutan, dengan mendatangi setiap pemerintahan desa yang ada di wilayah kecamatan.

 

"Sekarang ini, dana yang akan diterima pihak desa cukup banyak dan besar nilainya. Dengan adanya itu maka aparatur desa wajib mengetahui aturan pasal 112 UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, pasal 154 PP Nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan UU Nomor 6 tahun 2014, pasal 21 PP Nomor 19 tahun 2008 tentang kecamatan, serta Permendagri Nomor 7 tahun 2008 tentang pedoman tatacara pengawasan atas penyelenggaraan pemerintahan desa dan Permendagri Nomor 113 tahun 2015 tentang pengelolaan keuangan desa. Seluruh materi pembinaan tersebut dilaksanakan secara bergantian dan berkelanjutan," ungkapnya. (day)

Komentar