Jumat, 20 Oktober 2017 - Pukul 03:00

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sosialita

Mau Kulit Bersih, Jangan Konsumsi Ini

Oleh: Raka Pramudya - Selasa 08 September 2015 | 17:00 WIB

Mau Kulit Bersih, Jangan Konsumsi Ini

ilustrasi/net

INGIN kulit bersih dan sehat, tidak perlu harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk kecantikan dan perawatan kulit. Karena pada prinsipnya asupan makanan yang dimbangi gaya hidup sehat merupakan kunci utama dari perawatan kulit itu sendiri.

 

Seperti yang dilansir dari klikdokter.com, disebutkan untuk mendapatkan kulit yang sehat cukup dengan menghindari mengonsumsi 5 makanan dan minuman dibawah ini dalam jumlah tinggi karena dapat mengurangi keindahan kulit, memicu timbulnya garis keriput, dan membuat Anda tampak lebih tua.

 

Karbohidrat dan Gula

Pada prinsipnya, apa pun yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah juga akan memicu proses peradangan pada tingkat seluler, yang menjadi cikal bakal penyakit seperti kanker, penyakit jantung, hingga kerusakan kulit. Ketika kadar gula naik secara cepat dan terus-menerus, gula tersebut akan menempel dengan protein jaringan seperti kolagen pada kulit, dan terjadilah proses glycation. Akibatnya, jaringan kolagen yang sehat akan kehilangan elastisitasnya, menjadi kaku, rapuh, dan mudah rusak. Kulit juga akan tampak keriput dan kendur.

 

Oleh karena itu, batasi konsumsi makanan yang tinggi akan karbohidrat seperti nasi putih, mi, tepung, pasta, biskuit; serta asupan tinggi gula seperti permen, cokelat, dan makanan manis lainnya.

 

Minyak

Minyak yang dipanaskan akan berubah menjadi lemak trans, yang dapat berbahaya untuk kulit. Lemak trans mengandung zat radikal bebas yang dapat merusak sel DNA, memicu kanker kulit, dan membuat kulit tampak keriput dan kehilangan elastisitasnya.

 

Contoh makanan dengan kandungan minyak tinggi adalah makanan yang digoreng atau makanan siap saji. Berikut hal lainnya yang mencetus penuaan dini, halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya.

 

Alkohol

Konsumsi alkohol tinggi dapat meningkatkan gula darah secara cepat, memicu peradangan sel, dan menghasilkan zat kimia toksik aldehyde dan ketone yang bersifat merusak sel. Alkohol juga membuat tubuh menjadi dehidrasi, sehingga kulit tampak tidak segar.

 

Kafein

Seperti alkohol, kafein dapat memicu dehidrasi pada tubuh. Kafein juga meningkatkan produksi hormon kortisol. Hormon kortisol membantu meregulasi keseimbangan energi, namun pada kulit, level yang tinggi dapat mempercepat proses penuaan.

 

Garam

Konsumsi makanan asin dalam jumlah tinggi menyebabkan tubuh meretensi cairan, sehingga timbul pembengkakan. Pada area dengan kulit tipis seperti di bawah mata, pembengkakan ini mudah terlihat sehingga kulit tampak tidak segar dan tampak lebih tua. (net)

Komentar