Kamis, 14 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Koalisi Merah Putih Tengah Kencang Digembosi

Disma M. Taryum

Rabu, 09 September 2015 - 07:19 WIB

kmp/net
kmp/net
A A A

BERITACIANJUR.COM, JAKARTA – Bergabungnya Partai Amanat Nasional (PAN) dengan pemerintah dan kencangnya serangan terhadap Ketua DPR Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang hadir di acara jumpa pers Donald Trump di New York Amerika Serikat, dianggap sebagai alat untuk menggembosi kekuatan oposisi, Koalisi Merah Putih (KMP).

Menurut pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Muhammad Budyatna, cara ini sedang intensif digunakan kekuatan penguasa. "Itu cara penguasa mempreteli kekuatan KMP yang mendeklarasikan diri sebagai kekuatan penyeimbang pemerintah," kata Budyatna, Selasa (8/9).

Masalahnya ujar Budyatna, Prabowo sebagai 'petinggi' di KPM tidak bereaksi. Ini bisa membuat pendukungnya apatis karena figur yang diharapkan bisa mengkritik pemerintahan malah diam.

"Sudah jelas satu-persatu kekuatan KMP dipreteli, Prabowo kok malah jadi lembek. PAN itu lari di samping memang pragmatis ingin mendapatkan kursi menteri, tapi bisa juga lari karena intimidasi dan ketua umumnya diduga juga punya kasus hukum," tegasnya.

Demikian juga halnya dengan isu pelanggaran etika yang dilakukan Ketua DPR Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Menurut Budyatna, gencarnya kecama dari blunder pimpinan DPR itu adalah sebuah gerakan untuk melemahkan KMP.

"Ini sebenarnya salah KMP juga memilih Setya Novanto jadi Ketua DPR, sebab Setya diduga banyak kasus sehingga mudah dimainkan untuk menjatuhkannya. Jadi isu mereka dengan Donald Trump bagian dari upaya mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap KMP," tegasnya.

Budyatna juga mengingatkan, diamnya semua gerakan mahasiswa dan rakyat juga merupakan gambaran tidak adanya pemimpin yang berani tampil untuk menggerakan mereka.

"Dalam sejarah Indonesia, rakyat tidak mungkin bergerak sendiri, harus ada seorang tokoh yang berani tampil melawan ketidakadilan. Jadi kalau saa ini semua elemen masyarakat diam, yah karena tidak ada tokoh yang mau memimpin. Di sini seharusnya Prabowo tampil," pungkasnya. (net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 10 jam yang lalu

24 Siswa SMK Darmawangsa Siap Prakerin

Sebanyak 24 siswa kelas XI SMK Kesehatan Darmawangsa Cianjur, dinyatakan siap melaksanakan prakerin 2017-2018 dengan usainya pelaksanaan ujian pra-prakerin (UPP).

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Rem Blong, Truk Tronton Seruduk Mobil dan Pagar Rumah

KECELAKAAN kembali terjadi di ruas Jalan Raya Cianjur-Sukabumi, Kampung/Desa Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Cianjur, Rabu (13/12/2017) sekitar pukul 05.00 WIB.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Nasib Ratusan Buruh PT Ikon Garmindo, Harus Diselesaikan di Pengadilan

ANJURAN penyelesaian persoalan hak-hak buruh PT Ikon Garmindo ke ranah Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), ternyata tidak hanya disampaikan pihak Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Cianjur. 

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Tak Mudah Terbuai Iming-iming Investor

Alih fungsi lahan produktif di Kabupaten Cianjur terbilang menggila. Ratusan bahkan ribuan hektar lahan pesawahan di Kabupaten yang mayoritas masyarakatnya bergelut di bidang agraris (pertanian, red)…

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

2018 Bantuan DD Akan Naik Kabar Hoax

Kabar adanya kenaikan untuk pagu bantuan Dana Desa (DD) di Tahun 2018, nyatanya sebatas berita bohong belaka alias Kabar Hoax.  Hal tersebut dikatakan Kepala Desa Mekarwangi, Kecamatan Haurwangi, Cecep…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Pegadaian Berikan 200 Kupon Servis Motor Gratis

CIANJUR - Akhir tahun 2017, banyak perusahaan adu promosi agar target perusahaan mereka tercapai. Sebut saja salah satunya Pegadaian Cabang Cianjur. Dalam rangka mempromosikan program mereka yang bertajuk…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Papamango Thai Laris Manis

CIANJUR - Siapa tak kenal dengan minuman jus mangga kekinian asal negeri Thailand, Mangothai yang kini tengah menjadi incaran para pecinta kuliner. Minuman ngehits ini mendadak menjadi idola dan hampir…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Pemenang Tender Terbukti Subkan Pekerjaan

TERUNGKAP, pelaksanaan kegiatan perataan dan pemagaran pembangunan Masjid Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi ternyata disub kontrakkan oleh pihak pemenang tender.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

MTs Manarulhuda Adakan Bengkel Kreasi Siswa

MTs Manarulhuda mengadakan kegiatan Bengkel Kreasi Siswa, selasa (12/12) pagi hari. Kegiatan yang berlangsung di lingkungan sekolah, Desa Sukamanah Kecamatan Karangtengah itu dihadiri orangtua siswa dan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Pemkab Siap Laksanakan Kebijakan Satu Jalur

Uji coba kebijakan satu jalur di sejumlah ruas jalan di wilayah perkotaan Kabupaten Cianjur ditunda hingga awal Januari 2018. Fokus pengamanan dan rekayasa lalulintas menghadapi Natal dan Tahun baru menjadi…