Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Harga Cabe Rawit Makin "Menggigit"

Angga Purwanda

Sabtu, 08 Agustus 2015 - 01:10 WIB

A A A

BERITACIANJUR.COM – Dampak kemarau ekstrim yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir, kian meluas. Harga sejumlah komoditas hampir di semua pasar tradisional naik tajam, yang diduga terjadi akibat berkurangnya pasokan dari petani menyusul kekeringan yang terjadi dimana-mana belakangan ini.

Dampak paling besar antara lain dialami komoditi beras dan cabai rawit merah. Akibat penurunan produksi di tingkat petani, saat ini harga beras di pasaran mengalami lonjakan kenaikan yang cukup tajam.

"Akibat dampak kemarau ini, produksi beras kurang. Harga beras di pasaran naik hingga 100 persen," kata M Ridwan, salah seorang penjual beras di bilangan Jalan KH Hasyim Ashari, Jumat (7/8).

Ridwan menuturkan, akibat minimnya pasokan dari pabrik penggilingan, harga beras kualitas super yang sebelumnya hanya Rp9 ribu per kilogram, naik menjadi Rp12 ribu per kilogram.Sedangkan harga beras kualitas sedang yang harga semula Rp 8 ribu, naik  menjadi Rp11 ribu per kilogramnya.

"Akibat kondisi ini, penjualan kita sedikit menurun. Sebelumnya, bisa menjual hingga 300 kilogram, kini hanya mampu menjual setengahnya," katanya.

Kenaikan serupa juga dialami komoditas cabai rawit merah. Saat ini, harga dipasaran sudah menembus angka Rp 60 ribu per kilogramnya.

"Kini harganya Rp60 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya hanya Rp30 ribu per kilogram. Ini terjadi karena pasokan dari petani kurang," kata Fadil, ssalah seorang penjual cabai di Pasar Induk Cianjur.

Lonjakkan harga beras dan cabai rawit merah yang cukup pantastis ini dikeluhkan sejumlah pembeli. Ratna (28) misalnya, warga Cimaya, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur itu dibuat repot akibat kenaikan harga beras dan cabai. Akibat kenaikan tersebut, ia terpaksa harus menambah anggaran belanja sehari-hari.

"Kita minta harga-harga dapat kembali normal, karena kenaikan ini jelas akan merugikan warga dan penjual," kata Ratna. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 41 menit yang lalu

5 Kecamatan di Cianjur Terdampak Gempa

Gempa bumi menggoyang Cianjur, Selasa (23/1/2018) siang. Sejumlah wilayah di selatan Cianjur terdampak cukup parah. Tercatat, sejumlah bangunan rusak dan delapan orang siswa sekolah mengalami luka-luka.

Aktualita 46 menit yang lalu

Masalahnya Banyak, RSUD Akan Diperiksa Khusus

SETELAH satu per satu permasalahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur terbongkar, akhirnya Inspektorat Daerah (Irda) Cianjur akan segera melakukan pemeriksaan khusus (riksus), terhadap para…

Aktualita 23/01/2018 08:05 WIB

Desak Audit RSUD, Komisi IV Sebut Pemkab Cianjur Jangan Tinggal Diam

BPJS Kesehatan menunggak hingga Rp45 miliar. Itulah pengakuan dari pejabat RSUD Sayang Cianjur yang disampaikan terhadap Komisi IV DPRD Cianjur.

Aktualita 23/01/2018 08:00 WIB

Aset RSUD Diduga Raib

EMPAT masalah sudah terungkap dan membuat geram banyak pihak. Kini, persoalan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur kembali terbongkar. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Aktualita 22/01/2018 08:00 WIB

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…