Senin, 19 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Kondisi Udara Cianjur (Masih) Normal

Misbah Hidayat

Rabu, 09 September 2015 - 07:40 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Cianjur menilai kondisi lingkungan di Kabupaten Cianjur dalam kondisi layak. Hal itu berdasarkan hasil laboratorium PAM Bandung dan ITB.

Kasubag Fasilitas dan Advokasi Sengketa Lingkungan, Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Cianjur, Tedy Kusnandar mengatakan, berdasarkan laporan pemeriksaan dan hasil pengecekan yang dilakukan oleh BLHD, kondisi lingkungan Cianjur secara keseluruhan dari pengecekan udara dan air tetap baik, diatas standar batas ambang pencemaran.

“Kondisi lingkungan Cianjur dari pencemaran terpantau masih baik berkisar 80 persen,” ujar Tedy, kepada “BC”, Selasa (8/9).

Dijelaskan Tedy, tidak ada lokasi di Cianjur yang pencemarannya membahayakan. Pasalnya BLHD Cianjur, ucap dia, secara rutin mengarahkan masyarakat di beberapa desa dan sekolah untuk menjaga lingkungan hidup dengan memilah sampah dan menyediakan fasilitas.

“Enam bulan sekali pihak PAM Bandung beserta BLHD Cianjur melakukan pengecekan secara rutin terhadap fasilitas udara dan air di Cianjur. Hasilnya masih positif dan baik,” ungkapnya.

Tedy menuturkan, masyarakat Cianjur agar  menghindari pembakaran sampah yang menimbulkan polusi udara yang tidak sehat, lebih baik sampah dijadikan kompos untuk sampah organik dan sampah anorganik dapat diolah dan menghasilkan pemasukan.

“Contohnya dengan membuat lubang biopori di halaman rumah tinggal. Selain berfungsi untuk mengurai sampah organik juga bermmanfaat sebagai jalur penampung air saat hujan,” ucapnya.

Tedy mengungkapkan, pengawasan lingkungan lewat pengontrolan limbah. BLHD Cianjur memberikan standar khusus terkait izin dan laporan berkala tentang pengolahan limbah. Sebulan sekali dilakukan pengecekan dan enam bulan sekali pihak pengelola bisnis dan industri setu semester sekali.

“Perusahaaan sudah ada IPLC dan dilihat terlebih dahulu dengan baku mutu yang berada diambang batas, instalasi pengolahan limbah sesuai standar baku, IPAL selesai. Apabila tidak akan ditegur dan didenda meskipun secara sanksi ada ditingkat provinsi,” katanya. (gap)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 54 menit yang lalu

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 59 menit yang lalu

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.

Ragam 15/02/2018 01:59 WIB

Baladewa Entertaiment Fokus Kembangkan Budaya Sunda

Perkembangan seni dan budaya asing, kini sudah tidak terbendung lagi. Kesenian dan budaya khas daerah, semakin jarang diminati. Berangkat dari fakta yang ada, beberapa paguyuban kesenian daerah semakin…

Cianjur Euy 14/02/2018 21:33 WIB

Dua Orang Calon Tenaga Kerja Ilegal Berhasil Dipulangkan

DINAS Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur kembali berhasil mengembalikan dua orang Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ilegal asal Cianjur. Keduanya diketahui menjadi korban…

Aktualita 14/02/2018 08:05 WIB

‘Maling’ Kembalikan Barang Curiannya, Tetap Dihukum?

DUGAAN tindak pidana kegiatan pengadaan barang dan jasa fiktif di RSUD Sayang Cianjur, masih terus diselidiki Sat Reskrim Polres Cianjur.

Aktualita 14/02/2018 08:00 WIB

DPMPTSP: Berkas Ajuan IMB-nya Belum Masuk

DUGAAN belum adanya kelengkapan izin untuk bangunan perkantoran baru Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur di Campaka, makin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 13/02/2018 22:12 WIB

H. Aris Mulkan Pimpin DPC Hiswana Migas Cianjur

MUSYAWARAH Cabang Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Cianjur berlangsung khidmat, Selasa (13/2/2018). Sebanyak 48 peserta dari berbagai perusahaan SPBU, LPG, SPBE dan Pelumas…

Cianjur Euy 13/02/2018 22:03 WIB

Jalur Puncak Siap Digunakan

PEMBUKAAN jalur (Open traffic) menuju Puncak dapat dilakukan, Kamis (15/2/2018) mendatang, meskipun pengerjaan di ambrolnya sejumlah ruas di kawasan Puncak Pass belum selesai.