Minggu, 25 Juni 2017 - Pukul 07:09

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

Konsumsi Air Kotor, Warga Cipanas Banyak Yang Diare

Oleh: Asri Fatimah - Rabu 09 September 2015 | 09:17 WIB

Konsumsi Air Kotor, Warga Cipanas Banyak Yang Diare

paien diare di rawar di RSUD Cimacan/asri fatimah/BC

BERITACIANJUR.COM, CIPANAS - Jumlah penderita penyakit diare saat ini di RSUD Cimacan Cipanas menduduki ranking pertama di Cianjur Utara. Musim kemarau mengakibatkan warga banyak mengkonsumsi air kotor sehingga terjangkit bakteri hingga terserang penyakit tersebut.

 

Menurut Kasubbag TU RSUD Cimacan, Hendrawan,  kebutuhan akan air bersih menjadi kendala yang dihadapi warga di kala musim kemarau ini. Tak ayal, pemanfaatan air kotor untuk dikonsumsi maupun keperluan sehari-hari seperti memasak atau mandi berpotensi meninggalkan bakteri. Hal tersebut memicu terjadinya wabah penyakit diare yang menjangkiti warga.

 

"Kalau disini penyakit diare merupakan penyakit yang paling banyak diderita oleh warga apalagi ini musim kemarau. Mengingat banyak warga yang mengkonsumsi air kotor akibat ketersedian air bersih untuk kebutuhan warga,” katanya, Selasa (8/9).

 

Selain itupun, kata Hendrawan, lingkungan yang jorok  ikut mempengaruhi warga terserang penyakit warga.  Ia mengibaratkan dengan menggunakan air kotor  untuk mandi termasuk cuci tangan bisa menjadi salah satu penyebab penyakit diare.

 

"Lingkungan yang tidak sehat serta jorok bisa jadi salah satu penyebab diare, termasuk penggunaan air kotor untuk mandi. Selain bisa menyebabkan gatal juga bisa jadi penyebab diare, misalnya tangan yang dibasuh oleh air kotor kemudian langsung digunakan untuk makan," imbuhnya.

 

Terpisah, Nunung Nuraeni (40) warga Desa Ciherang Kecamatan Pacet, tak menampik jika selama ini dirinya menggunakan air kotor. Air tersebut dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari, baik memasak maupun mandi. 

 

" Baru sekarang sekarang sih anak saya menderita diare,  saya perhatikan anak saya agak jorok. Kalau mau makan tak pernah mau cuci tangan karena emang airnya juga udah mulai tidak ada," terangnya. (ree)

Komentar