Selasa, 17 Oktober 2017 - Pukul 08:57

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

edukasi

Fungsi BK Bukan Sekedar Ngurusi Siswa Bandel

Oleh: Susi Susilawati - Rabu 09 September 2015 | 08:23 WIB

Fungsi BK Bukan Sekedar Ngurusi Siswa Bandel

ilustrasi/net

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Peran guru Bimbingan Konseling (BK) di ssekolah tidak hanya mengurusi siswa yang kerap melanggar aturan atau bandel. Melaikan juga berperan dalam mengembangkan karakter serta bakat siswa.

 

“Makanya kalau di sini, guru BK itu juga ikut memantau prestasi belajar siswa,” ujar Guru BK SMA Terpadu Al-Ittihad Kadi Saripudin, kemarin.

 

Dikatakannya, peran BK di sekolah harus bisa membantu wali kelas dalam mengembangkan karakter serta bakat siswa. “Kalau masuk kelas, kita punya jadwal yakni sekitar satu jam. Kita berikan pembinaan. Selebihnya, kita juga buka sesi lainnya di luar kelas. Biasanya, di sesi ini para siswa sering mencurahkan apa yang menjadi permasalahan mereka. Di situ peran kita, meluruskan, memotivasi apa yang seharusnya dilakukan sebagai seorang pelajar,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Guru BK SMAN 1 Cilaku Idang menuturkan, peran BK di sekolahnya juga terlibat dalam penentuan masa depan siswa.

 

“Bukan berarti kita yang menentukan. Kita ikut membantu mengarahkan, mulai dari pemilihan jurusan sampai persoalan melanjutkan ke perguruan tinggi. Jadi BK bukan hanya mengurusi siswa yang bandel, memberikan hukuman atau sanksi saja. Tapi juga berperan di persoalan lainnya, seperti itu tadi, mengarahkan apa yang menjadi keinginan siswa disesuaikan dengan bakatnya,” tandasnya. (usi)

 

Komentar