Kamis, 14 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Anak Pilih Pilih Makanan, Tanda Masalah Emosional

Fl/voa/net

Sabtu, 08 Agustus 2015 - 22:46 WIB

Anak yang suka pilih pilih makanan, pertanda masalah emosional..
Anak yang suka pilih pilih makanan, pertanda masalah emosional..
A A A

Beritacianjur.com,Chicago. Orang tua anak picky eaters atau yang memilih-milih makanan bisa berbesar hati: Riset baru menunjukkan masalah anak memilih-milih makanan tidak perlu dipusingkan, walaupun bagi sebagian anak, hal itu bisa menandakan masalah emosional yang harus diperiksa.

 

Anak-anak usia pra sekolah yang sangat pemilh terkait makanan yang mereka konsumsi dan bahkan tidak suka berada di dekat beberapa jenis makanan kemungkinan besar mengalami kecemasan atau depresi, menurut penelitian tersebut. Tapi hanya 3 persen anak kecil yang ikut dalam penelitian sebegitu pemilihnya.

 

Mereka yang termasuk kategori pemilih makan tapi tidak terlalu parah, dan dijuluki "memilih makanan moderat" dalam penelitian itu, ditemukan pada 18 persen anak. Anak-anak ini hanya makan dengan pilihan makanan yang terbatas. Anak-anak yang tingkat pilih-pilih makanannya hampir dua kali lebih besar dari lainnya, kemungkinan besar mengalami gejala-gejala kecemasan dalam dua tahun berikutnya, menurut penelitian tersebut.

Model pilih-pilih makanan yang lebih umum ditemukan, termasuk anak-anak yang menolak makan sayuran, kemungkinan termasuk kategori "tidak suka yang normal," kata spesialis gangguan makan Nancy Zucker, peneliti utama dan seorang professor psikiatri di fakultas kedokteran Universitas Duke. Anak-anak yang ada dalam kategori ini biasanya meninggalkan kebiasaan tidak suka makan sayuran ketika mereka tumbuh dewasa.

 

Zucker mengatakan anak kecil yang cukup pemilih dalam hal makanan mungkin akan melampaui fase ini daripada kelompok pemilih makanan yang lebih parah, walaupun penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan. Penelitian tersebut dipublikasikan hari Senin (3/8) pada jurnal Pediatrics.

 

Dr. Arthur Lavin, seorang dokter anak dari Cleveland mengatakan memilih-milih makanan adalah salah satu di antara masalah yang terbanyak dilaporkan orang tua ketika berkonsultasi, dan penelitian tersebut "membantu memahami siapa yang perlu kita khawatirkan."

 

"Ada alasan yang lebih mendalam tentang penolakan mereka makan brokoli," kata Lavin, seorang anggota komite American Academy of Pediatrics terkait isu-isu sosial-psycho. Ia tidak terlibat dalam penelitian tersebut.

 

Penelitian itu fokus pada sekitar 900 anak berusia 2 hingga 5 yang dipilih dari pasien dokter yang berafiliasi dengan pusat medis Duke di Durham, North Carolina.

 

Para peneliti melakukan wawancara di rumah dengan orang tua untuk mengevaluasi kebiasaan makan anak-anak mereka dan masalah kesehatan mental. Evaluasi susulan dilakukan dua tahun berikutnya terhadap 200 anak.

 

Dibandingkan dengan anak-anak yang tidak terlalu cerewet tentang makanan mereka, depresi dan kecemasan sosial anak-anak yang memilih-milih makanan dua kali lebih besar; gejala-gejala attention deficit behavior (ADD) dan kecemasan bila terpisah dari orang tua biasa ditemukan di anak-anak yang pemilih moderat.

 

Pilih-pilih makanan yang parah yang dijelaskan dalam penelitian ini mirip dengan suatu kondisi yang disebut gangguan asupan makan terbatas atauavoidant/restrictive food intake disorder, dan ditambahkan pada tahun 2013 pada manual psikiatri terbaru yang digunakan dengan luas, menurut para peneliti. Gangguan ini bisa terjadi di semua umur, beberapa yang mengidap gangguan ini sangat sensitif terhadap rasa, bau dan tekstur makanan.

 

Zucker mengatakan pilih-pilih makanan yang parah bisa jadi petunjuk pertama bagi orang tua bahwa seorang anak mengalami kecemasan atau depresi dan mereka bisa berobat dengan spesialis kesehatan mental.

 

Pilih-pilih makanan yang moderat tidak terlalu mengkhawatirkan tapi anak-anak yang memiliki kondisi seperti ini bisa menyulitkan pada saat makan bersama keluarga, ujarnya. Untuk menghindari hal itu, Zucker menyarankan orang tua mencoba memperkenalkan makanan-makanan baru di luar jam makan. (FL/VOA)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 10 jam yang lalu

Cegah Difteri dengan Imunisasi

WABAH difteri di Cianjur makin meluas sehingga meneror masyarakat. Betapa tidak, di sepanjang 2017, tercatat 11 orang di lima lokasi berbeda terjangkit dan dua di antaranya meninggal dunia.

Aktualita 10 jam yang lalu

Dinkes Bilang Vaksin Halal, MUI: Kami Belum Pernah Terbitkan Sertifikasi Halal

KEPALABidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Neneng Efa Fatimah mengatakan, masih banyak warga Cianjur yang belum sadar pentingnya imunisasi.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Rem Blong, Truk Tronton Seruduk Mobil dan Pagar Rumah

KECELAKAAN kembali terjadi di ruas Jalan Raya Cianjur-Sukabumi, Kampung/Desa Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Cianjur, Rabu (13/12/2017) sekitar pukul 05.00 WIB.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Nasib Ratusan Buruh PT Ikon Garmindo, Harus Diselesaikan di Pengadilan

ANJURAN penyelesaian persoalan hak-hak buruh PT Ikon Garmindo ke ranah Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), ternyata tidak hanya disampaikan pihak Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Cianjur. 

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Tak Mudah Terbuai Iming-iming Investor

Alih fungsi lahan produktif di Kabupaten Cianjur terbilang menggila. Ratusan bahkan ribuan hektar lahan pesawahan di Kabupaten yang mayoritas masyarakatnya bergelut di bidang agraris (pertanian, red)…

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

2018 Bantuan DD Akan Naik Kabar Hoax

Kabar adanya kenaikan untuk pagu bantuan Dana Desa (DD) di Tahun 2018, nyatanya sebatas berita bohong belaka alias Kabar Hoax.  Hal tersebut dikatakan Kepala Desa Mekarwangi, Kecamatan Haurwangi, Cecep…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Pegadaian Berikan 200 Kupon Servis Motor Gratis

CIANJUR - Akhir tahun 2017, banyak perusahaan adu promosi agar target perusahaan mereka tercapai. Sebut saja salah satunya Pegadaian Cabang Cianjur. Dalam rangka mempromosikan program mereka yang bertajuk…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Papamango Thai Laris Manis

CIANJUR - Siapa tak kenal dengan minuman jus mangga kekinian asal negeri Thailand, Mangothai yang kini tengah menjadi incaran para pecinta kuliner. Minuman ngehits ini mendadak menjadi idola dan hampir…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Pemenang Tender Terbukti Subkan Pekerjaan

TERUNGKAP, pelaksanaan kegiatan perataan dan pemagaran pembangunan Masjid Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi ternyata disub kontrakkan oleh pihak pemenang tender.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

MTs Manarulhuda Adakan Bengkel Kreasi Siswa

MTs Manarulhuda mengadakan kegiatan Bengkel Kreasi Siswa, selasa (12/12) pagi hari. Kegiatan yang berlangsung di lingkungan sekolah, Desa Sukamanah Kecamatan Karangtengah itu dihadiri orangtua siswa dan…