Selasa, 17 Oktober 2017 - Pukul 08:58

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

Kampung Cibodas Sukses Bangun Bank Sampah

Oleh: Apip Samlawi - Minggu 09 Agustus 2015 | 06:52 WIB

Kampung Cibodas Sukses Bangun Bank Sampah

Ilustrasi/Net

BERITACIANJUR.COM – Bank Sampah Jaya Sentosa, yang berada di Kampung Cibodas RT04/02, Desa Hegarmanah, Kecamatan Bojongpicung, belum lama ini dikunjungi Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Cianjur.

 

Kunjungan itu, disambut positif Pemerintahan Desa Hergarmanah, pengurus bank sampah dan disambut antusias seluruh masyarakat setempat.

 

Rombongan Kepala Dinas Kebersihan tidak hanya datang ke sekretariat dan penampungan sampah saja. Mereka juga ternyata sempat mengelilingi pemukiman warga setempat. Hal dilakukan karena Dias Kebersihan ingin tahu, apakah lingkungan setempat bersih dari sampah atau tidak.

 

“Di lingkungan setempat harus sudah bebas dari membuang sampah sembarangan. Dan ternyata betul lingkungan di kampung ini bersih dan asri,” terang Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Cianjur M Yeyen Rohyanda kepada BC kemarin.

 

Yeyen menjelaskan bahwa kunjungan tersebut adalah upaya untuk memotivasi masyarakat melakukan pola hidup sehat, dan edukasi buang sampah pada tempatnya. “Kami ingin melihat secara langsung dari dekat tentang keberadaan Bank Sampah Jaya Sentosa Mumpuni. Selain itu, juga sekaligus memberikan pengarahan pada pengurus anggota dan masyarakat setempat tetang manfaat kebersihan dan keindahan lingkungan,” ujarnya.

 

Dirinya berharap kegiatan bank sampah tersebut terus berkembang hingga mampu menginspirasi warga lain untuk melakukan hal yang sama. Karena selain berefek positif pada lingkungan, bank sampah tersebut juga memiliki nilai ekonomi yang bagus bagi warga sekitar.

 

“Selain lingkungan jadi bersih, asri, dan nyaman keberadaan bank sampah itu juga ikut mensejahtrakan warga setempat. Saya berharap, kampung ini mampu melebarkan sayap  dengan cara mendirikan Bank sampah di setiap desa yang ada di Kecamatan Bojongpicung,” ucapnya.

 

Pengetahuan soal memilah sampah, terangnya jadi satu hal juga yang penting. Hal ini karena untuk memudahkan warga lain dalam mendaur ulang sampah tersebut. Sebaiknya dipisah antara sampah organic maupun anorganik.

 

“Bila perlu disetiap kecamatan harus ada Bank sampah, supaya ke depannya Kabupaten  Cianjur bebas dari sampah organik maupun anorganik,” jelasnya.

 

Hal tersebut diamini oleh Kepala Desa Hegarmanah, Saepurrohman. Dengan adanya kegaitan itu, ia mengharapkan ke depannya di setiap kedusunan, bila perlu disetiap ke RW-an akan didirikan Bank sampah.

 

“Supaya Desa Hergarmanah bebas darai sampah dan seluruh warganya mampu mendapatkan penghasilan tambahan. Tentunya atas kehadiran Kepala Dinas Kebersiha dan Pertamanan Kabupaten Cianjur yang bersedia datang ke sini, kami ucapkan terimakasih. Karena kunjungan tersebut merupakan modal semangat untuk memajukan bank sampah yang ada di desa kami,” jelasnya. ***

Komentar