Jumat, 20 Oktober 2017 - Pukul 03:01

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sosialita

Tujuan Hidup, Yah Untuk Kebahagiaan

Oleh: Raka Pramudya - Rabu 23 Desember 2015 | 17:00 WIB

Tujuan Hidup, Yah Untuk Kebahagiaan

ilustrasi/net

BAHAGIA adalah hak setiap orang dan dapat dimiliki oleh siapapun tanpa memandang status maupun usia. Rasa bahagia merupakan anugrah Tuhan yang diberikan secara cuma-cuma kepada manusia, namun pada kenyataannya sedikit sekali orang bisa merasakan kebahagiaan secara utuh.


Banyak orang memaknai kebahagiaan atau mendefinisikannya sebagai sebuah bentuk kondisi atau keadaan pikiran, serta emosi perasaan yang mampu merasakan kehadiran dari rasa senang, puas, cinta, kenikmatan ataupun kesuksesan dengan berbagai macam aktifitas yang bisa menjadi pemicunya. 


Beberapa filosofi juga mengaitkan kebahagiaan dengan kondisi emosi yang mengarah kepada sifat religius seperti bentuk kesyukuran dan penerimaan atas suatu keadaan (tawakal) tanpa berkeluh kesah.


Melalui filosofi ini pula akhirnya dikembangkan sebuah bentuk kecerdasan lain selain IQ (Intelligence Quotient), EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient), yaitu ESQ (Emotional Spiritual Quotient) yang mana kecerdasan ini adalah bentuk keseimbangan antara hal-hal yang bersifat keduniawian dengan hal-hal yang bersifat spiritual. 


Dengan keseimbangan hidup yang vertikal (sesama manusia) dan horizontal (manusia dan Tuhan) maka kebahagiaan pun dapat diciptakan dalam bentuk dan porsi yang seimbang. Adapun contoh dari ESQ misalnya adalah dengan melakukan perbuatan amal, beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya.


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwasanya kebahagiaan bisa datang menghampiri kepada siapapun orangnya tanpa memandang status, kekayaan yang dimiliki dan juga usia. Siapapun orangnya berhak untuk berbahagia dan bergembira dengan berbagai macam cara serta metode selama dilakukan dengan cara-cara yang positif. Bagi Anda yang ingin hidup bahagia dan gembira, maka berikut ini adalah beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai tips hidup bahagia.


Ada banyak cara untuk bahagia. Anak muda zaman sekarang di akun sosial medianya biasa mengatakan,bahagia itu sederhana, lho. Memang benar, bahagia itu bisa diciptakan sendiri dengan berbagai macam hal, misalnya melakukan hobi, jalan-jalan ke mall, nonton, dan lain sebagainya. 


Tidak perlu terhasut oleh orang lain yang terkadang lebih cantik dan tampan. Semua orang bisa kok hidup bahagia, terutama dalam mencari pasangan. Saat ini kan sudah dipermudah dengan adanya online dating yang lebih praktis, seperti Setipe.com.


Namun, apa saja sih yang bisa membuat hidup lebih bahagia tanpa harus menunggu satu purnama. Berikut cara yang bisa diikuti menemukan si bahagia.


Olahraga
Salah satu olahraga yang bisa dilakukan saat kesibukanmu berjejal adalah fitnes. Bila banyak orang mengatakan, fitnes buat tubuhmu kekar perkasa, jangan hiraukan. Sebab, tujuan utama dari melakukan olahraga ini adalah untuk membuat tubuh lebih segar dan bugar. Latihan ini sangatlah penting untuk menjaga kesehatan. Jika tubuh sudah sehat, bugar dan segar, tentu akan mempengaruhi pembawaan. Siapa sih yang tidak naksir bila pembawaanmu segar, sehat dan lebih prima?


Berfikir Positif
Berpikiran positif jauh lebih mengasikkan dibandingkan dengan memiliki pikiran yang tidak-tidak. Seringkali orang tidak mau mengambil risiko atas apa yang diberikan kepadanya, dengan mengatakan, hal tersebut di luar kemampuan saya. Cobalah untuk lebih berani melawan tantangan. Dengan begitu, kamu akan memiliki pikiran positif dan lebih percaya diri.


Bahagia Itu Dengan Membahagiakan
Bila banyak orang yang mengatakan bahwa bahagia itu sederhana. Memang benar bahagia itu sangat simpel. Lakukan hal-hal yang disukai oleh teman/kerabat/keluarga/pasangan, buatlah mereka bahagia atas apa yang kamu lakukan. Serta, tidak ada salahnya juga bila berbagi kepada sesama. Benar-benar mudah kan membuat suatu hal yang membahagiakan itu?


 Bersyukur
Jika kesuksesan Anda belum tercipta pada hari ini, maka syukurilah karena sesungguhnya Tuhan Maha Tahu. Yakinlah bahwa setiap keringat yang Anda teteskan dalam setiap kerja keras pasti akan dibayar dengan setimpal.


Jangan pernah merasa khawatir Anda tidak mendapatkan kebahagiaan karena kebahagiaan diciptakan untuk semua orang. Tetaplah bersabarlah, berbahagia serta berprasangka baik terhadap segala sesuatu yang datang dalam hidup Anda.


Fokus pada kesenangan, bukan pada kesusahan
Tips hidup bahagia selanjutnya adalah fokus pada kesenangan, bukan pada kesusahan. Percayalah bahwa setiap orang pasti memiliki masalah yang mungkin lebih berat dari yang kini Anda tengah alami. Meskipun demikian, jika Anda perhatikan tak semua orang yang dilanda kesulitan selalu merasa dirinya susah. Mengapa demikian?. Itu dikarenakan mereka lebih fokus terhadap nikmat dan kesenangan yang diberikan Tuhan kepada mereka, bukan terhadap kesulitan.


Jika Anda mencoba untuk renungkan lalu kemudian menghitung banyaknya jumlah kesenangan dan jumlah kesulitan yang diberikan Tuhan, niscaya kesenangan yang Anda miliki akan jauh lebih banyak dibandingkan dengan kesulitan. Oleh karenanya fokuslah pada kesenangan, bukan pada kesusahan.


Berbagilah dengan sahabat
Saat Anda merasa terbebani oleh suatu masalah, tentu tak ada salahnya jika Anda berbagi dengan sahabat-sahabat terdekat Anda. Dengan berbagi kepada orang yang benar dan dapat Anda percaya, niscaya Anda akan merasa jauh lebih lega dan beban terasa berkurang. Dengan demikian kesedihan yang mungkin Anda alami pun perlahan-lahan sirna dan terganti dengan kebahagiaan.


Percaya pada realita, bukan fantasi masa lalu
Sebagian orang mungkin akan merasa senang dengan mengenang indahnya masa lalu saat dilanda kesedihan. Percayalah, hal tersebut tak selamanya bisa membantu. Fokuslah dengan apa yang Anda miliki saat ini karena hidup Anda sekarang adalah realita, begitupun kebahagiaan yang nanti akan Anda jelang.


Anda pasti akan setuju apabila kebahagiaan saat ini pasti akan jauh lebih baik dibandingkan dengan kebahagiaan yang telah berlalu dan hanya tertinggal didalam ingatan bukan?. Oleh karenanya jadilah orang yang lebih kuat, lebih realistis, fokus, positif serta lebih mengutamakan kekinian daripada kebahagiaan yang hanya ada dalam sebuah fantasi.


Kebahagiaan adalah pilihan, bukan sekedar dinanti
Kebahagiaan hampir mirip dengan sebuah kesempatan yang datang dalam hidup Anda dan mesti diraih. Perasaan bahagia ataupun tidak bahagia bukanlah bersumber dari apa yang Anda miliki, siapa Anda ataupun apa pekerjaan yang Anda lakukan. Bahagia atau tidak bahagia bukanlah sebuah penantian, akan tetapi sebuah pilihan yang muncul dari pikiran Anda sendiri.


Kebahagiaan tidak hilang, tapi berpindah tempat
Banyak orang yang kemarin berbahagia, namun saat ini tak dapat lagi merasakan kebahagiaan tersebut. Lalu kemana perginya "kebahagiaan"?. Percayalah bahwa tak ada satupun kebahagiaan yang direnggut Tuhan dari Anda. Sesungguhnya kebahagiaan Anda hanyalah berpindah tempat saja.


Sebagai contoh misalnya, "Jika kemarin Anda bekerja di sebuah perusahaan dan merasa bahagia, namun sekarang tidak lagi merasa bahagia, maka carilah kesibukan baru disela-sela pekerjaan Anda yang mungkin bisa membuat Anda merasa lebih berbahagia. Jika Anda masih belum merasakannya, maka carilah kebahagiaan-kebahagiaan baru yang jumlahnya begitu banyak diluar sana.". 


Seperti juga halnya dengan rezeki, jutaan kebahagiaan juga tersebar diseluruh permukaan bumi, yang Anda perlukan adalah terus berusaha dan jangan pernah menyerah untuk menemukannya. (bbs)

Komentar