Senin, 11 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Pedagang Daging Ancam Mogok

Angga Purwanda

Senin, 10 Agustus 2015 - 02:07 WIB

Net
Net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Pasca lebaran pertengahan bulan lalu, harga daging sapi di pasaran terus merangkak naik. Akibatnya, stabilitas usaha yang dijalani para pedagang di sejumlah pasar tradisional di Cianjur pun  praktis mengalami gangguan serius.

Kenaikan harga yang nyaris tak bisa dikendalikan telah memicu terjadinya penurunan jumlah konsumen. Mahalnya harga jual daging sapi di pasaran, memaksa konsumen untuk menghentikan mengonsumsinya sementara waktu sambil menunggu hingga harga normal kembali. Alhasil, omzet para pedagang daging mengalami penurunan secara signifikan.

Menyikapi harga yang terus merangkak naik dan menyebabkan usahanya merugi, para pedagang daging sapi Pasar Induk Cianjur (PIC) berencana akan melakukan mogok berjualan. Keputusan tersebut mereka ambil lantaran terus memaksakan diri jualan pun malah akan semakin bertambah rugi.

Para pedagang mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebabharga daging sapi terus merangkak naik. Mereka hanya tahu harga daging terus mengalami kenaikan tanpa sempat turun sejak lebaran bulan lalu.

"Biasanya setelah Idul Fitri harga kembali normal. Tapi kemaren hanya beberapa hari saja turun, terus naik kembali sampai sekarang," ucap Asep (38), salah seorang pedagang sapi di PIC, kemarin (9/8).

Asep menyebutkan, untuk menghindari kerugian yang jauh lebih besar, para pedagang juga terpaksa harus mengurangi jatah potong hewan pesanannya. "Setiap hari biasanya 3 ekor, tapi sekarang paling hanya 2 ekor saja. Katanya pasokan berkurang," tambahnya.

Selain itu, lanjut Aep, para pembeli juga mengeluhkan harga yang terus melambung, sehingga mereka mengurungkan niatnya untuk membeli daging sapi. "Ya banyak pembeli yang nanya kenapa harga daging terus naik bukannya turun. Padahal biasanya setelah Idul Fitri harganya kembali normal. Sempat harganya mencapai sembilan puluh ribu setelah lebaran, tapi hanya beberapa hari. Setelah itu terus naik dan sekarang perkilogramnya mencapai Rp 110 ribu," jelasnya.

Aep mengaku merasa bingung dan khawatir kalau kondisi tersebut terus berlangsung, yang tentunya akan berpengaruh terhadap kelangsungan usahanya. Atau paling tidak, penjualan daging akan terus berkurang.

"Makanya kami untuk sementara tidak akan berjualan selama beberapa hari sambil nunggu harga sapi kembali normal," ucapnya.

Sementara itu, Yusi, salah seorang warga merasa sangat keberatan dengan kian mahalnya daging sapi. Ia juga mengaku merasa aneh dan bertanya-tanya kenapa harga terus mengalami kenaikan.

"Sangat keberatan. Meski hanya sekali-kali belinya tapi dengan adanya kenaikan akan semakin jarang bagi kami dan mungkin juga masyarakat lain mengkonsumsinya," ucapnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 13 jam yang lalu

Usai Periksa BPBP, Mobil Irda Dicegat

USAI melakukan pemeriksaan terhadap Balai Pengembangan Benih Padi (Cihea), tiba-tiba kendaraan yang ditumpangi tim Inspektorat Daerah (Irda) Jabar dicegat aktivis buruh tani. Ada apa?

Kick Off 14 jam yang lalu

BCFL 2017, Makin Akhir Makin Panas

LUAR BIASA! Meski masih menyisakan satu laga, Bayu FC sudah memastikan diri sebagai Jawara Seri B Berita Cianjur Futsal League (BCFL) 2017. Perolehan poinnya sudah tak mungkin disalip para pesaingnya.

Bisnis Line 20 jam yang lalu

234 SC Lebarkan Sayap ke Selatan Cianjur

234 Solidarity Community (SC) yang terkenal sebagai Organisasi Massa (Ormas) terbesar di Cianjur, kini semakin fokus lebarkan sayapnya hingga ke pelosok Cianjur. Bertempat di Kecamatan Pasir Kuda, pada…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Jelang Pemilu, Anggota Linmas Dapat Pembekalan

MENGANTISIPASI timbulnya konflik jelang pelaksanaan pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat dan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), 25 anggota Linmas Desa Sindangjaya, Kecamatan Ciranjang mendapat pembekalan.

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Gudang Biji Plastik Terbakar, Kerugian Capai Puluhan Juta

SEBUAH mesin pengolahan biji plastik di sebuah pabrik di Kampung Haurwangi RT 002/013, Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi terbakar, Minggu (10/12/2017) sekitar pukul 07.45 WIB. Tak ada korban jiwa dalam…

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Rem Blong, Truk Tanki Senggol Sepeda Motor

RANI Nuraeni (28), warga Kampung Raksabala RT 002/009, Desa Kertasari, Kecamatan Haurwangi harus mendapatkan perawatan dari tim medis, setelah motor yang dikendarainya tersempet sebuah truk pengangkut…

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Wana Wisata Pokland Terus Berbenah

Meski Wana Wisata Pokland terbilang anyar, belum genap satu tahun, namun keberadaan wisata di Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur itu sudah bisa mencuri perhatian para wisatawan.

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Penyempitan Jalan dan Buruknya Drainase Disoal

PEMBANGUNAN ruas trotoar di Kabupaten Cianjur dikeluhkan pengendara dan pengguna jalan. Karena, pembangunan itu menyebabkan menyempitnya ruas jalan dan menimbulkan kemacetan.

Si Maung 08/12/2017 19:10 WIB

Segera Tiba di Bandung, Ini Gomez di Mata Essien

KEHADIRAN pelatih anyar Roberto Carlos Mario Gomez disambut baik para bobotoh dan jajaran pelatih, termasuk bintang Maung Bandung, Michael Essien.

Aktualita 08/12/2017 19:04 WIB

Sejarah Baru Dua Srikandi

SEJARAH baru di Kepolisian Resor Cianjur, seorang kapolres dipimpin oleh pejabat perempuan. Dia adalah AKBP Soliyah SIk MH yang menjadi Kapolres Cianjur menggantikan pejabat lama AKBP Arif Budiman SIk…