Rabu, 18 Oktober 2017 - Pukul 10:46

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sosialita

Ini Dia 10 Fakta Unik 'Si Kuning' yang Asem, Manis nan Seger

Oleh: Raka Pramudya - Senin 14 September 2015 | 17:30 WIB

Ini Dia 10 Fakta Unik 'Si Kuning' yang Asem, Manis nan Seger

ilustrasi/net

BUAH nanas merupakan salah satu buah yang rasanya sangat nikmat dan segar. Bagi kita, Nanas lazim digunakan untuk bahan es buah atau selai.

 

Selain rasanya yang manis. Perkembangan buah Nanas di Indonesia sudah seperti buah asli Indonesia. Bahkan, di wilayah Jawa Barat, Kabupaten Subang menjadikan Nanas sebagai ikon mereka.


Namun, buah yang memiliki banyak air ini ternyata menyimpan fakta unik. Seperti apa fakta unik dari Nanas ini?


1. Fakta Pertama
Tanaman nanas aslinya berasal dari daerah belantara Amerika Selatan tepatnya di daerah Brazil dan Paraguay.


2. Fakta Kedua
Christopher Columbus menemukan pertama kali tanaman nanas di Guadalupe, kepulauan Karibia pada tahun 1493 dan dia membawanya kembali ke Spanyol. Sementara itu, sejarah mencatat bahwa buah nanas pertama kali datang di Inggris pada tahun 1660.


3. Fakta Ketiga
Orang Spanyolpun menggunakan kata “pine cone” untuk menyebut buah nanas tersebut karena bentuknya yang hampir sama dengan biji pinus. Setelah Christopher Columbus memperkenalkan buah nanas ke Spanyol, buah nanas menjadi sangat populer di kalangan pelaut karena dapat mencegah penyakit kudisan.


4. Fakta Keempat
Baru pada sekitar tahun 1694, kata “pine cone” yang merujuk ke buah nanas diganti menjadi “pineapple” untuk menghindari kesimpang siuran dalam perdagangan.


5. Fakta Kelima
Orang Spanyol pula yang memperkenalkan pertama kali buah nanas ke Hawaii yang sekarang telah menjadi produsen terbesar buah nanas di dunia. Sepertiga buah nanas di dunia berasal dari sana dan lebih dari 60% nanas kalengan juga diproduksi di Hawaii.


6. Fakta Keenam
Pada tahun 1911, Henry Ginaca menemukan mesin yang dapat membuang biji dan mengupas 35 buah nanas setiap menitnya secara otomatis. Hal ini turut mempermudah dalam pengemasan nanas kalengan.


7. Fakta Ketujuh
Jika biasanya kita membuang kulit buah nanas ketika hendak memakannya, tidak demikian dengan industri nanas kalengan. Mereka masih memanfatakan limbah tersebut untuk berbagai macam keperluan, seperti bahan pembuatan alkohol, vinegar, atau pakan ternak.


8. Fakta Kedelapan
Buah Nanas membutuhkan waktu sekitar 18 bulan hingga 2 tahun untuk tumbuh maksimal. Uniknya, setiap tahun tanaman ini biasanya hanya dapat berbuah 1 kali saja.

 
9. Fakta Kesembilan
Buah nanas yang belum matang tidak hanya memiliki rasa yang masam tapi juga ternyata mengandung sedikit racun, memakannya dalam jumlah besar dapat mengakibatkan iritasi tenggorokan yang serius.


10. Fakta Kesepuluh
Satu cangkir jus nanas setidaknya mengandung sekitar 135 calori dan 33% RDA penyusun Vitamin C. (bbs)

Komentar