Rabu, 13 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Keindahan Panorama Situs Gunung Kasur Tiada Duanya

Susi Susilawati

Selasa, 15 September 2015 - 15:00 WIB

Susi/Susilawati/BC
Susi/Susilawati/BC
A A A

Selain Situs Megalitikum Gunung Padang, ternyata Cianjur memiliki situs lainnya. Yakni Situs Gunung Kasur yang berlokasi di perbatasan Desa Gadog dan Desa Cibodas, Kecamatan Pacet.

Meski tak setenar Gunung Padang, Gunung Kasur ternyata mempunyai daya tarik tersendiri yang mampu “menyihir” pengunjung untuk datang. Berada di ketinggian ± 1.080 DPL, situs ini memiliki panorama yang menyejukkan mata. Tidak hanya itu, hamparan gunung yang penuh pepepohonan dengan udara yang sejuk, mampu menghilangkan penat seketika dari aktivitas keseharian.

Seperti halnya, Gunung Padang, Situs Gunung Kasur juga memiliki cerita di dalamnya. Entah dimulai sejak kapan, Situs Gunung Kasur sering jadi destinasi wisata, tidak hanya warga Cianjur tapi juga daerah lainnya.

Serupa namanya, Situs Gunung Kasur disebut karena di puncak gunung terdapat lempengan batu menyerupai kasur (tempat tidur, red) lengkap dengan bantal dan gulingnya. Tidak diketahui kepemilikan kasur ini, namun, hal ini menjadi rata-rata alasan para pengunjung untuk datang ke sini.

Tidak hanya soal lempengan batu menyerupai kasur, di Situs Gunung Kasur juga terdapat telapak kaki, yang konon kabarnya merupakan kaki patih pertama Cianjur. Kaki tersebut tercetak di sebuah batu besar di sekitar Gunung Kasur dengan posisi seolah hendak pergi ke suatu tempat.

Sayangnya, tak ada penelitian lebih lanjut mengenai situs ini. Cerita yang menyelimutinya dibiarkan berkembang di masyarakat. Tidak hanya itu, kondisinya pun seolah tidak terawat, bahkan sejumlah benda di sekitar situs seperti batu berupa bantal dan guling sudah hilang.

Bagi pengunjung yang hendak mengunjungi situs yang berada di lahan sekitar 2,5 hektar ini, harus memiliki persiapan. Pasalnya, kurangnya perhatian pemerintah menyebabkan fasilitas di situs ini masih sangat minim. Hal ini terbukti dengan tidak adanya alat bantu berupa tangga, seperti halnya tangga buatan di Gunung Padang.

Hal tersebut tentunya menyulitkan, terutama bagi pengunjung yang tidak terbiasa untuk tracking. Kondisi jalan menuju situs ini biasanya diperparah jika sudah diguyur hujan.

Agar bisa menjadi primadona layaknya Gunung Padang, diharapkan pemerintah menata Situs Gunung Kasur. Pasalnya, jika dikelola dengan baik, tentunya bisa menjadi tujuan destinasi wisata di Cianjur, baik wisatawan lokal maupun nasional bahkan luar negeri. (zlf)

              

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Kemitraan Berdampak Positif Bagi KUMKM

SEJUMLAH pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur mengikuti sinergi kerjasama antara Rumah Pangan Kita (RPK) dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Honda Suguhkan New Revo yang Lebih Keren

MESKI segmen motor bebek tak sehebat atau tak sedahsyat matik, Astra Honda Motor (AHM) mencoba terus untuk tetap memenuhi kebutuhan pecinta motor Honda Revo. Kali ini Honda resmi mempermak sekaligus memperkenalkan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Muspika Tinjau Harga Sembakao di Pasar Ciranjang

MENJELANG perayaan Natal dan pergantian tahun baru 2018, Selasa (12/12) pagi hari, Muspika Kecamatan Ciranjang, meninjau harga sembako di Pasar Tradisional Ciranjang. Terlihat Kepala Pasar dan Kantib…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Persiapan Giat Bersihkan DAS Citarum

PERSIAPAN kegiatan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum mulai dilakukan Koramil Bojongpicung, Selasa (13/12) di Kampung Muhara, Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Ratusan Siswa PAUD Antuasias Ikuti Perlombaan

SEBANYAK 375 siswa/ siswi Paud dan TK yang berasal dari Kecamatan Ciranjang dan Haurwangi tampak antusias mengikuti lomba mewarnai gambar alam dan kesenian di lokasi Wana Wisata Pokland, kemarin.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Ratusan Polisi Disiagakan Jelang Natal dan Tahun Baru

RATUSAN personel dari Kepolisian Resor (Polres) Cianjur akan disiagakan di setiap gereja di Kabupaten Cianjur menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Seorang Mekanik AC Ditemukan Meninggal di Kamar Kontarakan

HUSEIN (34), seorang karyawan PT CKI yang sedang mendapatkan pekerjaan borongan dari PT Pou Yuen Indonesia (PYI) ditemukan meninggal dunia di kamar kontrakannya di Kampung Cikijing RT 02/01, Desa Selajambe,…

Ragam 20 jam yang lalu

Semarak VM TDI Cianjur

CIANJUR-Komunitas pecinta vape (rokok elektrik) varian therion, kini memasuki usia 8 bulan di Cianjur. Terkenal dengan nama Therion DNA Cianjur Chapter, komunitas ini memiliki rutinitas VM(Vape Meet)…

Ragam 20 jam yang lalu

GRANAT Advokasi Bahaya Narkoba ke KVC

CIANJUR-Maraknya oknum yang menyalahgunakan Vape (rokok elektrik) sebagai perangkat penyalahgunaan narkoba, membuat Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Cianjur geram. Pasalnya, di Kabupaten Cianjur…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Bersilaturhmi Dengan Awak Media

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH menggelar silaturahmi dengan awak media yang bertugas di Kabupaten Cianjur, di sebuah rumah makan ternama di bilangan Jalan Dr Muwardi (Bypass), Kelurahan Bojongherang,…