Minggu, 25 Juni 2017 - Pukul 14:07

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

Potensi Bunga Hias Makin tak Jelas

Oleh: Rudi Rusmana - Senin 10 Agustus 2015 | 02:42 WIB

Potensi Bunga Hias Makin tak Jelas

Net

BERITACIANJUR.COM – Sedikitnya terdapat dua perkumpulan para petani tanaman hias dan bonsai yang berada di Kabupaten Cianjur, yakni PPBI dan Paguyuban Petani Bonsai Cianjur (PPBC).

 

Karenanya, dikatakan Sekjen Sekretariat Bersama (sekber) Mitra Pemerintah Cipanas, Ade Kosasih, sudah menjadi sebuah keharusan, kalau Pemkab Cianjur bertanggung jawab untuk turun tangan dan membangkitkan kembali potensi bagi para petani bunga hias dan petani Bonsai.

 

Ade mengungkapkan, para petani bonsai yang berada di wilayah Cianjur utara khususnya, merupakan salah satu petani terbanyak di dunia. "Di mana tanaman Bonsai yang berasal dari Cianjur Utara tersebut, sudah banyak yang di ekspor ke berbagai negara di asia tenggara maupun negara-negara asia yang lainnya," ungkap Ade kepada “BC”, kemarin.

 

Ade menerangkan, sejak tahun sembilan puluhan wilayah Cianjur Utara khususnya di daerah Cipanas, merupakan daerah penghasil Bonsai dan tanaman hias terbesar di Indonesia.

 

"Jadi, selain sebagai daerah penghasil sayur mayur, daerah Cipanas juga merupakan salah satu penghasil bonsai dan tanaman bunga hias, dan potensi ini yang perlu dikembangkan kembali. Sehingga bisa menjadi salah satu penopang utama disektor pariwisata," ungkapnya.

 

Sebelumnya, para petani tanaman bunga hias yang berada di daerah Cipanas dan sekitarnya meminta perhatian pemerintah Kabupaten Cianjur, mengingat situasi dan kondisi saat ini dirasakan begitu berat bagi mereka.

 

"Untuk saat ini, dapat dikatakan bila sebagian besar para petani bunga hias itu tengah lesu. Sebab salah satunya sedang sepi pesanan tidak seperti pada saat dulu lagi," kata Deden S (45), salah seorang petani bunga hias di daerah Cibodas, Cimacan kepada "BC" saat ditemui dalam kesempatan terpisah. ***

Komentar