Selasa, 22 Agustus 2017 - Pukul 04:40

Image
Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

Pemerhati Seni dan Budaya Cipanas, Desak Wujudkan Kampung Wisata

Oleh: Rudi Rusmana - Senin 10 Agustus 2015 | 02:48 WIB

Pemerhati Seni dan Budaya Cipanas, Desak Wujudkan Kampung Wisata

ilustrasi/net

BERITACIANJUR.COM, CIPANAS – Beberapa kalangan seperti para pemerhati serta pegiat seni dan budaya yang berada di daerah Cipanas berharap adanya semacam Kampung wisata yang di dalamnya terdapat berbagai macam kesenian dan budaya tradisional.

 

Ikhsan Waluyo (32), asal Cipanas yang juga merupakan salah seorang pegiat di bidang kesenian lokal, mengaku, setuju sekali bila di daerah Cipanas terdapat semacam Kampung budaya.

 

"Saya kira cukup bagus ya dan setuju sekali, apalagi bila masyarakat nantinya diajak untuk berkontribusi secara langsung. Sebab bisa mengangkat salah satunya dari aspek ekonomi kecil masyarakat," ucapnya kepada "BC" sewaktu ditemui di sanggar komunitas Rubsky All Crew di daerah Cipanas kemarin.

 

Pemuda yang akrab disapa Sansan ini menambahkan, misalnya saja dari segi pengembangan kalau bisa mengangkat kultur dibidang kesenian buhunnya.

"Seperti kesenian lokal itu lebih banyak menonjolkan dari kerajinannya, adat istiadatnya juga serta masih banyak lagi yang lainnya. Pokoknya betul-betul mengangkat nuansa lokal," katanya.

 

Sansan mengungkapkan, untuk di wilayah Cipanas sendiri hingga saat ini masih banyak daerah yang masih kuat budaya lokalnya. "Masih banyak seperti di daerah Simpang, Pakuon yang terdapat kesenian buhunnya tersebut. Pokoknya kalau di sana itu semuanya rata-rata masih aktif," terangnya.

 

Sansan mengatakan, nantinya juga disediakan berbagai macam kesenian tradisional lainnya pula salah satunya seperti kesenian tradisional seperti sisingaan."Bila Kampung Wisata ini bisa diwujudkan, diharapkan nanti ke depannya selain untuk mempertahankan berbagai kesenian dan budaya lokal juga dapat menarik minat bagi para wisatawan," ungkapnya.

 

Hal senada dikatakan Camat Cipanas, Firman Firdaus S, pihaknya mengaku setuju dengan wacana untuk diadakannya semacam Kampung Wisata di wilayah Cipanas.

 

"Kalau bagi kita ya sangat mendukung sekali, memang harus ada semacam Kampung Wisata di daerah Cipanas yang memiliki ciri khas budaya Cipanas. Namun kendalanya adalah di wilayah Cipanas sendiri tidak memiliki kampung khusus yang mempunyai karakteristik khusus," pungkasnya kepada "BC" dalam kesempatan terpisah.***

Komentar