Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Pasokan Minim, Pengusaha Kayu Galau

Misbah Hidayat

Senin, 10 Agustus 2015 - 03:43 WIB

Net
Net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Pedagang kayu industri tetap bertahan di tengah pesatnya kemajuan zaman. Hal tersebut disinyalir dikarenakan masyarakat masih belum sepenuhnya percaya terhadap bahan baku yang terbuat dari besi dan baja.

Salah seorang pengusaha bahan baku bangunan yang berasal dari kayu Cupiyandi (27) warga Kampung Cikaroya RT 04/06 Desa Cikoraya Kec. Warungkondang mengatakan, pesatnya kemajuan  zaman tidak membuat usahanya meredup karena ditinggalkan konsumen.

“Malah yang ada , kebanyakan masyarakat hanya percaya kepada bahan bangunan yang terbuat dari kayu. Meskipun belakangan ini banyak kontruksi bangunan yang terbuat dari baha baku baja dan besi,” ucap Cupiyandi kepada “BC” Minggu (9/8).

Meski demikian kata dia, kondisi yang ada saat ini tidak lantas membuatnya tenang dalam menjalankan bisnisnya. Karena bagaimana pun, kata dia, pesatnya kemajuan zaman, dikhawatirkan bisa merubah pola pikir masyarakat yang ada saat ini.

“Terlebih, dengan ketersediaan bahan baku yang berasal dari kayu lambat laun sudah mulai berkurang, hal tersebut dikarenakan jumlah petani yang menanam pohon kayu dari tahun ketahun terus menunjukan penurunan,” ungkapnya.

Sementara itu, Surah (30) salah satu konsumen bahan baku kontruksi yang terbuat dari kayu mengatakan, dengan bermunculannya bahan baku kontruksi bangunan yang  terbuat dari material besi dan baja tidak membuatnya berpaling dari bahan baku kayu.

“Iya, kalau secara logika mungkin bahan baku bangunan yang terbuat dari besi dan baja lebih kuat. Namun kalau dilihat dari segi keamanan saya lebih pilih bahan baku kayu,” paparnya.

Selama ini, kata dia, kayu yang digunakan sebagai kontruksi bangunan belum pernah berdampak negative pada keberlang

sungan hidup masyarakat. Terlebih kata dia, bahan kayu itu sendiri ramah lingkungan. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.