Minggu, 22 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Pasokan Minim, Pengusaha Kayu Galau

Misbah Hidayat

Senin, 10 Agustus 2015 - 03:43 WIB

Net
Net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Pedagang kayu industri tetap bertahan di tengah pesatnya kemajuan zaman. Hal tersebut disinyalir dikarenakan masyarakat masih belum sepenuhnya percaya terhadap bahan baku yang terbuat dari besi dan baja.

Salah seorang pengusaha bahan baku bangunan yang berasal dari kayu Cupiyandi (27) warga Kampung Cikaroya RT 04/06 Desa Cikoraya Kec. Warungkondang mengatakan, pesatnya kemajuan  zaman tidak membuat usahanya meredup karena ditinggalkan konsumen.

“Malah yang ada , kebanyakan masyarakat hanya percaya kepada bahan bangunan yang terbuat dari kayu. Meskipun belakangan ini banyak kontruksi bangunan yang terbuat dari baha baku baja dan besi,” ucap Cupiyandi kepada “BC” Minggu (9/8).

Meski demikian kata dia, kondisi yang ada saat ini tidak lantas membuatnya tenang dalam menjalankan bisnisnya. Karena bagaimana pun, kata dia, pesatnya kemajuan zaman, dikhawatirkan bisa merubah pola pikir masyarakat yang ada saat ini.

“Terlebih, dengan ketersediaan bahan baku yang berasal dari kayu lambat laun sudah mulai berkurang, hal tersebut dikarenakan jumlah petani yang menanam pohon kayu dari tahun ketahun terus menunjukan penurunan,” ungkapnya.

Sementara itu, Surah (30) salah satu konsumen bahan baku kontruksi yang terbuat dari kayu mengatakan, dengan bermunculannya bahan baku kontruksi bangunan yang  terbuat dari material besi dan baja tidak membuatnya berpaling dari bahan baku kayu.

“Iya, kalau secara logika mungkin bahan baku bangunan yang terbuat dari besi dan baja lebih kuat. Namun kalau dilihat dari segi keamanan saya lebih pilih bahan baku kayu,” paparnya.

Selama ini, kata dia, kayu yang digunakan sebagai kontruksi bangunan belum pernah berdampak negative pada keberlang

sungan hidup masyarakat. Terlebih kata dia, bahan kayu itu sendiri ramah lingkungan. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?