Rabu, 28 Juni 2017 - Pukul 17:40

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

ekonomi bisnis

Masyarakat Indonesia Makin Konsumtif

Oleh: Raka Pramudya - Senin 10 Agustus 2015 | 03:46 WIB

Masyarakat Indonesia Makin Konsumtif

Net

BERITACIANJUR.COM – Masyarakat Indonesia cenderung semakin konsumtif. Hal itu tercermin dari menurunnya Marginal Propensity to Save (MPS) dan meningkatnya Marginal Propensity to Consumption (MPC) selama tiga tahun terakhir.

 

Hal tersebut terungkap dalam Focus Group Discuaaion Redaktur Peran OJK di Industri Jasa Keuangan Mendukung Perekonomian Nasional, di Bandung, kemarin.

 

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S. Soetiono memaparkan berdasarkan data yang diolah dari World Bank menunjukkan bahwa budaya konsumsi masyarakat Indonesia terua meningkat.

 

Sedangkan di sisi lain, budaya untuk menabung terus turun selama 3 tahun terakhir. "Bahkan, di akhir tahun 2014, grafik kedua hal ini bersilangan," katanya.

 

Ditambah lagi, meski sejak tahun 2000 kesejahteraan masyarakat Indonesia terus meningkat yang ditandai dengan peningkatan pendapatan perkapita, justru tidak seiring dengan angka Gross National Savings per GDP yang malah stagnan.

 

Tercatat, Gross National Savings per GDP Indonesia sebesar 30,87 persen.Angka tersebut di bawah Cina yang sebesar 48,87 persen, Singapura 46,73 persen, dan Korea 35,11 persen. ***

Komentar