Rabu, 18 Oktober 2017 - Pukul 10:42

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sosialita

Membedah 'Perseturuan' Sneakers Vs Skaters

Oleh: Raka Pramudya - Sabtu 19 September 2015 | 17:00 WIB

Membedah 'Perseturuan' Sneakers Vs Skaters

net

SEBAGAI alas kaki, sepatu menjadi hal penting. Selain fungsinya yang membuat kaki kita tetap nyaman saat berjalan, dalam perkembangannya sepatu juga menjadi salah satu ikon fashion.

 

Dua jenis sepatu olahraga yang tak lekang dimakan zaman dan menjadi sepatu semua kalangan adalah sneakers. Namun sang kompetitor skaters juga tak kalah banyak punya fans.

 

Sneakers

Sneakers adalah jenis sepatu dengan sol fleksibel terbuat dari karet atau bahan sintetis dan bagian atas terbuat dari kulit atau kanvas. Tetapi, seiring perkembangan jaman sekarang banyak sneakers yang terbuat juga dari suede dan nylon.

 

Sneakers awalnya diambil dari kata dalam bahasa inggris, yaitu ‘sneak’ yang berarti penyelinap. Awalnya sneakers adalah sepatu olahraga dan sepatu lainnya yang digunakan untuk olahraga.

 

Sejarah sneakers sendiri pertama kali muncul pada tahun 1800an dengan nama ‘Plimsolls’, nama sneakers belum ada waktu itu. Pada tahun 1892 sebuah perusahaan sepatu karet, Goodyear, menciptakan suatu proses pembuatan sepatu baru dengan mencampur bahan dasar karet dengan kanvas. Hasilnya sepatu bermerk Keds muncul di pasaran. Pada tahun 1908, Converse ikut meramaikan bisnis footwear.

 

Perusahaan milik Marquis M.Converse ini langsung menjadi booming dengan kemunculannya pada banyak pertandingan basket di Amerika. Tidak mengherankan sneakers dari Converse lalu menjadi American Icon.

 

Pada tahun 1920 seseorang yang bernama Adi Dassler, pemilik bisnis sportswear dari Jerman tak lama kemudian membuat training shoes buatan tangan. Perusahaan itu kemudian terkenal dengan nama Adidas. Dan seiringnya perkembangan jaman banyak perusahaan yang berdiri untuk memproduksi sneakers seperti halnya Nike, New Balance, Vans, Asics, Puma, Reebok, dan lainnya.

 

Sejak tahun 1990 hingga sekarang penggila sneakers menjadi semakin banyak dan bertambah, karena sneakers pada saat ini menjadi hal yang istimewa bagi penggemarnya. Sneakers tidak hanya dijual untuk dipakai tetapi juga dijadikan barang koleksi. Seperti halnya mobil, sneakers juga ada yang rare limited edition dan hanya dijual beberapa pcs di dunia ini.

 

Sneakers bekas pun dengan kondisi apapun jika itu barang limited pasti akan banyak dicari para kolektor di dunia. Sneakers sekarang ini menjadi hal yang wajib bagi fashion kawula muda. Tidak cuma anak muda, orang yang sudah tua pun juga tidak sedikit yang menggilai sneakers.

 

Saat ini banyak artis di dunia juga menggunakan sneakers, di Indonesia juga banyak artis yang menggunakan sneakers seperti Raffi Ahmad, Tara Budiman, Wendy Cagur, Omesh, dsb. Dan hal ini yang membuat banyak perusahaan sneakers melirik para artis sebagai ajang promosi perusahaan tersebut. Dan inilah juga yang membuat harga sneakers saat ini melambung tinggi.

 

Untuk perawatan sneakers sangatlah membutuhkan hal yang sangat istimewa, untuk membersihkan sneakers sendiri harus menggunakan cairan tertentu yang memiliki kadar keasaman yang rendah supaya tidak mudah rusak atau hancur bahannya dan menggunakan sikat khusus yang padat, kaku, dan lembut. Tidak bisa sembarangan menggunakan sabun atau deterjen untuk membersihkannya.

 

Skaters

Sepatu ini memang jika dilihat hampir sama dengan sneaker tapi lahirnya sepatu ini dimulai oleh para penggemar skateboard. Sebenarnya nama Brand Emerika Shoes gak bener-bener dimulai dengan nama itu, dan penjualan nya pun tidak mulai di amerika, semua bisa dikatakan bermula dari Brand Etnies America yang menjadi awal mula dan dimiliki oleh Pierre André Senizergues, professional freestyle skateboarder dari France.

 

Sebelum terbentuknya brand sepatu Amerika sebenarnya berawal dari Etnies skate shoes yang memulai lebih awal, dan sebenarnya Brand Etnies skate shoes tidak dijual di pasar Amerika melainkan di pasar Eropa dengan dibawah naungan dan hak perusahaan Rautureau Apple sebagai line Etnies Skate Shoes.


Tapi itu tidak bertahan lama sampai Pierre André Senizergues mulai mendistribusikan produk etnies skate shoes ke Amerika Serikatdengan nama Etnies America dan menjadi merek sepatu skate pertama yang benar-benar dimiliki dan didistribusikan oleh pemain skateboard pro. (bbs)

Komentar