Jumat, 20 Oktober 2017 - Pukul 03:02

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sosialita

Yuk, Mengenal 3 Jenis Yoga dan Manfaatnya

Oleh: Raka Pramudya - Senin 21 September 2015 | 17:30 WIB

Yuk, Mengenal 3 Jenis Yoga dan Manfaatnya

ilustrasi/net

YOGA merupakan seni relaksasi tradisional untuk kebugaran jiwa dan raga. Berasal dari agama Budha diwariskan turun-temurun hingga kemudian menjadi trend di kalangan masyarakat modern. Yoga memiki banyak jenis sesuai dengan penerapannya masing-masing ditujuan untuk bagian tertentu pada tubuh kita. Namun secara umum kita mengenal 3 jenis yoga sebagai dasar oleharaga yoga. Mari kita lihat.

 

1. Asana

Asana adalah gerakan yoga yang berhubungan dengan posisi tubuh. Posisi Asana terdiri dari gerakan kelenturan, gerakan memutar dan keseimbangan yang digabungkan. Gerakan ini berbeda dengan jenis yoga lainnya sebab yoga Asana mengutamakan postur tubuh, konsentrasi pada pikiran dan memfokuskan pernapasan.

 

Latihan Yoga ini layaknya latihan beban karena juga meatih otot tubuh. Posisi Asana yang berfungsi untuk kekuatan otot adalah harus menahan berat badan kita sendiri. Manfaat yang di dapat adalah kekuatan otot, kesimbangan tubuh, daya tahan tubuh dan vitalitas.

 

2. Pranayama

Pranayama berasal dari kata “prana” yang berarti penapasan dan “ayama” yaitu pengaturan. Pranayama merupakan jenis latihan untuk pengaturan fungsi pernapasan. Pernapasan merupakan hal penting bagi kesehatan tubuh. Jika napas diatur dengan sebuah irama maka akan menyehatkan badan dan pikiran kita.

 

Jika diperhatikan dari postur posisi meditasi pranayama, manfaatnya daapt mengurangi risiko penyakit jantung, hipertensi dan jantung koroner. Pranayama dapat memperkuat paru-paru untuk meningkatkan penyerapan oksigen dan  mengeluarkan sisa pernapasan dengan baik.

 

 

3. Meditasi

Meditasi adalah keseluruhan kegiatan dari yoga. Meditasi di sini adalah menenangkan pikiran dan memfokuskan proyeksi pikiran kita. Hampir sama dengan asana dan pranayama yang melakukan keheningan untuk bermeditasi.

 

Meditasi yoga dapat membuat merelaksasikan tubuh untuk mengurangi stress. Jika stress muncul biasanya akan timbul gejala gangguan pernapasan dan denyut jantung yang berpacu lebih cepat. Biasanya dengan meditasi akan ada keselarasan dalam tarikan dan hembusan nafas, mengurangi hormone pemicu stress.

 

Ketiga jenis yoga ini pada dasarnya membantu kita merelaksasi dan menguatkan tubuh serta pikiran. Yoga bukanlah sebuah ajaran agama atau keyakinan namun sebuah cara untuk menjalani kehidupan yang tenang sehingga jiwa dan raga kita menjadi sehat. Untuk merasakan manfaat yoga secara maksimal tentunya kita melakukan dengan sungguh-sungguh serta menambah wawasan tentang meditasi yoga. (bbs)

Komentar