Kamis, 21 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

1 Desa 8 Air Terjun, Sumber Mata Air yang Tak Pernah Habis

Gege

Sabtu, 26 September 2015 - 17:00 WIB

dok/BC
dok/BC
A A A

CIANJUR bukan hanya situs megalitikum Gunung Padang, Kebun Raya Cibodas ataupun Curug Citambur, namun masih banyak potensi wisata lainnya yang belum tergali. Di pelosok Cianjur bagian timur, tepatnya di sejumlah desa di Kecamatan Bojongpicung, memiliki banyak tempat wisata dan peninggalan sejarah. Sebut saja wisata air terjun (curug, red), makam kuno serta daerah penghasil daun pisang terbesar.

Salah satu tempat yang unik dan menarik berada di Desa Kemang. Di sana, terdapat delapan curug yang menawarkan eksotisme panorama alam yang indah dan asri. Meski kalah populer dari Curug Citambur di Pagelaran ataupun curug-curug terkenal di kota lainnya, namun keindahannya tak kalah menarik.

Delapan curug yang berada di satu desa tersebut berlokasi menjorok dari area pemukiman penduduk Kampung Cikupa, Desa Kemang, Kecamatan Bojongpicung. Semua curug tersebut masih dialiri sungai yang sama, yakni Sungai Cirangkong.

Di Kampung Beber terdapat Curug Ciung, Curug Selewer di Kampung Cikupa, Curug Nini di Kampung Ciburuh, Curug Munding dan Cigoong di Kampung Cigunung, serta Curug Panganten, Lalay dan Pancuran berada di Kampung Mujid.

Tokoh Masyarakat Desa Kemang, Denden (62) mengatakan, di antara curug-curug tersebut, curug pancuran menjadi air terjun yang paling banyak dikunjungi. Selain memiliki keindahan alam nan sejuk, curug dengan kecuraman tegak setinggi 10 meter dan lebar 12 meter ini pun menjadi sumber air bersih warga sekitar. Meski dilanda kemarau berkepanjangan, namun debit airnya tak pernah habis.

“Jangankan warga dari luar Cianjur, saya yakin warga Cianjur asli pun masih banyak yang belum mengetahui keberadaan curug-curug di Desa Kemang. Padahal jika dibandingkan dengan curug-curug lainnya, tak kalah indahnya,“ ujar purnawirawan TNI ini kepada “BC”, Jumat (25/9).

Untuk mengunjungi lokasi curug, kata Denden, para pengunjung hanya menempuh perjalanan sekitar 1,5 meter, yang melewati jalan lingkungan hingga jalan ‘satapak’ persawahan dan parit kecil di bibir sungai.

Tak perlu khawatir, rute perjalanan ke lokasi Curug Pancuran dari kampung terakhir Cikupa tidak begitu menyulitkan. Lokasinya yang nyaman, sejuk serta alam yang indah, akan menjadi obat setelah lelah menempuh perjalanan.

“Untuk ke lokasi, hanya cukup membawa perbekalan makanan dan minuman seperlunya. Jangan lupa pakaian ganti kalau berniat main di curug. Jangan lupa juga bawa kamera, karena banyak tempat yang bagus untuk dijadikan lokasi berfoto,“ jelasnya.

Sementara itu, warga Kampung Cikupa, Asep Azis (16) menyebutkan, Curug Pancuran yang didesaki dengan batu-batu besar banyak dikunjungi pada musim lebaran dan liburan sekolah. Umumya, pengunjung datang secara rombongan. Tak hanya pengunjung lokal, warga dari luar Cianjur pun sudah banyak yang datang.

"Kalau hari-hari biasa, biasanya lebih banyak warga kampung yang datang. Selain untuk bersantai, mereka juga mengambil air bersih untuk kebutuhan di rumah. Selain yang berjalan kaki, banyak juga komunitas motor yang menjadikan Kampung Mujid sebagai jalur lintasan trail yang tembus hingga ke Rajamandala Bandung Barat,“ paparnya.

Salah satu pengunjung dari Bandung Barat, Jajang mengaku kaget saat pertama kali di satu desa terdapat delapan curug. Ia yakin siapapun yang sekali saja berkunjung ke Desa Kemang, dijamin akan ketagihan.

"Awalnya saya tahu dari teman. Pertama kali berkunjung saat awal tahun, akhirnya jadi ketagihan. Keindahan alamnya tak kalah dari curug-curug yang sudah populer. Selain bisa menikmati keindahan alam curug, kita juga bisa berfoto dan ngaliwet,“ pungkasnya. (gg)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…