Jumat, 27 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Di Cianjur, Bisnis Fotografi Mulai Mengeliat

Putra Lugina Sukma

Selasa, 11 Agustus 2015 - 12:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Sebagian orang mungkin masih banyak yang beranggapan bahwa bisnis fotografi adalah bisnis padat modal. Ini bisa dilihat dari aset yang harus dimiliki seorang fotografer, untuk bisa memiliki sebuah studio lengkap dengan peralatan foto yang profesional.

Akan tetapi, saat ini paradigma itu lambat laun mulai bergeser, bahkan harus diakui dunia digital pada kenyataannya telah membawa perubahan besar terhadap perkembangan fotografi itu sendiri.

Pemilik usaha fotografi di Cianjur yang berada di bilangan RSUD Cianjur, Jepret Studio, L Nur Hakim mengatakan, sebelum memulai bisnis fotografi. Setiap orang harus memiliki segmentase pasar, siapakah calon konsumen dan hal lainnya.

“Biasanya membuat portfolio yang seperti kumpulan karya, bisa berupa foto portrait, fashion, jurnalistik, still life, dan sebagainya yang semuanya tergantung lagi kepada segmentasi pasar. Portofolio bisa dicetak dan disusun dalam satu album, atau bisa juga menempatkannya pada media-media sosial di internet.” Papar L Nur, Senin (10/8).

Untuk melakukan promosi awal, papar Lukman, pemilik pengusaha foto bisa memulainya dengan memberikan jasa foto grastis atau dibayar ongkos cetak, mouth to mouth marketing sebagai salah satu cara yang paling efektif dan efisien untuk mengenalkan bisnis promosi usahanya fotonya kepada masyarakat.

“Ya, kita mulai semuanya dengan melakukan promosi. Setelah itu nanti pun bakal mengikuti. Untuk membuka studio foto seperti ini saya perlu mengeluarkan modal awal yang kurang lebih 40 juta rupiah,” tuturnya.

Lukman mengungkapkan, biasanya usaha yang dijalankannya tersebut memiliki keuntungan yang tidak teratur setiap bulannya. Meski bagitu, tak kurang dari 5 hingga 10 juta perbulan bisa didapatkan dari hasil usaha foto dengan berbagai permintaan.

“Ya, kalau secara jelas kita mungkin tidak teratur, paling ranchnya dalam kisaran 5 hingga 10 juita perbualan dan tergantung dengan bulan juga, soalnya ada beberapa bulan yang biasanya bagus untuk menikah, disitu memang permintaan foto pun meningkat,” imbuhnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Petani Penggarap di Cianjur Tuntut Penerapan Reforma Agraria

RATUSAN petani penggarap di Cianjur menggeruduk gedung DPRD Kabupaten Cianjur, di Jalan KH Abdullah bin Nuh, Kamis (26/4/2018) pagi.Mereka menuntut pemerintah mengimplementasikan reforma agraria karena…

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Lodaya 2018

KAPOLRES Cianjur AKBP Soliyah SIK, MH memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Lodaya 2018 di Lapangan Utama Mapolres Cianjur, Jalan KH Abdulah bin Nuh, Kamis (26/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Warga Terdampak Banjir di Ciadun Kembali Tempati Rumah

WARGA di sejumlah kampung di Desa Kertajadi dan Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun yang sempat mengungsi akibat perkampungannya diterjang banjir bandang sudah kembali ke rumah mereka.

Aktualita 22 jam yang lalu

Dua Kali, Kadisdik Diperiksa Polres

DUGAAN korupsi di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Cianjur semakin menguat. Hal itu menyusul diperiksanya Kadisdik Cianjur, Cecep Sobandi oleh Kepolisian Resor (Polres) Cianjur.

Aktualita 22 jam yang lalu

Dugaan Permainan Proyek Terendus, Kadis Pertanian Dipanggil Polisi

WOW, ada apa dengan Cianjur? Setelah Kadisdik diperiksa karena dugaan korupsi, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Pangan dan Holtikultura Kabupaten Cianjur, Mamad Nano pun dipanggil Sat Reskrim Polres…

Cianjur Euy 25/04/2018 21:06 WIB

Banjir Bandang dan Longsor Terjang Cianjur Selatan

RATUSAN keluarga dievakuasi karena meluapnya air Sungai Cidamar, Kecamatan Cidaun. Sementara jalur penghubung Cianjur-Bandung di Kecamatan Naringgul tertutup longsor, akibatnya arus lalulintas di ruas…

Cianjur Euy 25/04/2018 21:06 WIB

Polres Cianjur Siap Gelar Ops Patuh Lodaya 2018

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas Polres Cianjur akan menggelar Operasi Patuh Lodaya 2018, mulai Kamis (26/4/2018) hingga Minggu (6/5/2018).

Aktualita 25/04/2018 08:00 WIB

Mundur Sebelum Kami Turun Tangan

SEGERALAH untuk mundur sebelum kami yang turun tangan. Kalimat itulah yang tertulis dalam Surat Pernyataan Terbuka untuk Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar dan wakilnya, Herman Suherman.

Aktualita 25/04/2018 07:55 WIB

Akhirnya Bupati Berani Sambangi Acara Menteri

Ada yang berbeda saat acara launching program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) yang digelar Kementrian Pertanian (Kementan) di Desa Cikancana, Kecamatan Sukaresmi, Senin (23/4/2018) lalu.

Cianjur Euy 24/04/2018 20:53 WIB

Siswa SMK Berikan Sarung Cinta Untuk Mak Icih

RAUT sumringah terlihat dari wajah Mak Icih, saat puluhan siswa dari salah satu SMK kesehatan swasta di Sukabumi mendatangi kediamannya di Kampung Cikaret, Gang Al Falah, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur.