Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Harga Tomat di Cianjur Terpuruk, Petani Terus Merugi

Misbah Hidayat

Selasa, 11 Agustus 2015 - 12:00 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Anjloknya harga tomat disaat panen raya berlangsung dikeluhkan para petani dan pengepul tomat di Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Jafar (35) warga Kampung Pasir Gombong RT 01/02 mengatakan, sepertinya untuk panen kali ini sedang tidak berpihak kepada petani. Dengan turunya harga tomat dipasaran otomatis petani jadi merugi, pasalnya pendapatan yang kita dapat jadi tidak sebanding dengan modal yang sudah kita keluarkan pada saat menanam.

“Panen kali ini kita merugi, harga tomat soalnya anjlok, tak sebanding dengan modal awal yang dikeluarkan pada saat menanam,”keluh Jafar kepada “BC” Senin (10/8).

Ia mengungkapkan, hampir semua petani di daerahnya mengalami kerugian pada panen kali ini, dari harga jual normal yang mencapai harga Rp.3000 per kg, pada waktu panen sekarang ini  tomat petani hanya dihargai Rp 500 per kg.

“Baru kali ini harga tomat benar-benar murah. Sehingga sebagian petani  banyak yang membiarkan tomat tetap pada pohonnya,” ungkapnya.

Sambung dia, saat ini dibandingkan dengan harga jual tomat, biaya untuk panennya justru jauh lebih mahal dan itu juga yang menjadi alasan kenapa petani lebih membiarkan tomatnya untuk tidak dipanen.

“Bahkan harga tomat kalah dengan harga peti yang biasa kami pergunakan untuk mengemas tomat yang kami panen,” ucapnya.

Senada juga dikeluhkan Oleh (56), bandar tomat yang berada di wilayah Desa Sukamulya Kec. Cugenan. Ia mengaku kebingungan untuk menentukan harga kepada para petani yang menjual tomat kepadanya. Pasalnya, harga tomat di pasaran sedang anjlok sehingga tidak bisa memberikan harga yang sesuai kepada para petani.

“Malah, 10 ton tomat yang sudah saya beli, dibiarkan busuk. Soalnya saya juga kebingungan harus menjualnya kemana. Sementara harga dipasaran tidak sebanding dengan ongkos yang harus saya keluarkan,” tuturnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 37 menit yang lalu

5 Kecamatan di Cianjur Terdampak Gempa

Gempa bumi menggoyang Cianjur, Selasa (23/1/2018) siang. Sejumlah wilayah di selatan Cianjur terdampak cukup parah. Tercatat, sejumlah bangunan rusak dan delapan orang siswa sekolah mengalami luka-luka.

Aktualita 42 menit yang lalu

Masalahnya Banyak, RSUD Akan Diperiksa Khusus

SETELAH satu per satu permasalahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur terbongkar, akhirnya Inspektorat Daerah (Irda) Cianjur akan segera melakukan pemeriksaan khusus (riksus), terhadap para…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Polres Waspadai Wilayah Pesisir Pantai Selatan Cianjur

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mewaspadai wilayah pesisir pantai selatan dijadikan akses masuknya narkoba dari jalur laut ke wilayah hukum Cianjur. Peningkatan kewaspadaan itu, dilakukan karena wilayah…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Personel Polres Latihan Peningkatan Kemampuan

SERATUSAN personel pengendali massa (Dalmas) Sat Sabhara Polres Cianjur melakukan latihan peningkatan kemampuan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak bulan Juni mendatang.

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Antisipasi Penyebaran Difteri, Dinkes Lakukan Vaksinasi

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan imunisasi dan pemberian vaksin kepada masyarakat di sejumlah wilayah rawan kasus difteri.Namun, keterbatasan vaksin membuat petugas hanya melakukan…

Aktualita 23/01/2018 08:05 WIB

Desak Audit RSUD, Komisi IV Sebut Pemkab Cianjur Jangan Tinggal Diam

BPJS Kesehatan menunggak hingga Rp45 miliar. Itulah pengakuan dari pejabat RSUD Sayang Cianjur yang disampaikan terhadap Komisi IV DPRD Cianjur.

Aktualita 23/01/2018 08:00 WIB

Aset RSUD Diduga Raib

EMPAT masalah sudah terungkap dan membuat geram banyak pihak. Kini, persoalan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur kembali terbongkar. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 22/01/2018 21:29 WIB

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 22/01/2018 21:25 WIB

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…