Jumat, 27 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Harga Tomat di Cianjur Terpuruk, Petani Terus Merugi

Misbah Hidayat

Selasa, 11 Agustus 2015 - 12:00 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Anjloknya harga tomat disaat panen raya berlangsung dikeluhkan para petani dan pengepul tomat di Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Jafar (35) warga Kampung Pasir Gombong RT 01/02 mengatakan, sepertinya untuk panen kali ini sedang tidak berpihak kepada petani. Dengan turunya harga tomat dipasaran otomatis petani jadi merugi, pasalnya pendapatan yang kita dapat jadi tidak sebanding dengan modal yang sudah kita keluarkan pada saat menanam.

“Panen kali ini kita merugi, harga tomat soalnya anjlok, tak sebanding dengan modal awal yang dikeluarkan pada saat menanam,”keluh Jafar kepada “BC” Senin (10/8).

Ia mengungkapkan, hampir semua petani di daerahnya mengalami kerugian pada panen kali ini, dari harga jual normal yang mencapai harga Rp.3000 per kg, pada waktu panen sekarang ini  tomat petani hanya dihargai Rp 500 per kg.

“Baru kali ini harga tomat benar-benar murah. Sehingga sebagian petani  banyak yang membiarkan tomat tetap pada pohonnya,” ungkapnya.

Sambung dia, saat ini dibandingkan dengan harga jual tomat, biaya untuk panennya justru jauh lebih mahal dan itu juga yang menjadi alasan kenapa petani lebih membiarkan tomatnya untuk tidak dipanen.

“Bahkan harga tomat kalah dengan harga peti yang biasa kami pergunakan untuk mengemas tomat yang kami panen,” ucapnya.

Senada juga dikeluhkan Oleh (56), bandar tomat yang berada di wilayah Desa Sukamulya Kec. Cugenan. Ia mengaku kebingungan untuk menentukan harga kepada para petani yang menjual tomat kepadanya. Pasalnya, harga tomat di pasaran sedang anjlok sehingga tidak bisa memberikan harga yang sesuai kepada para petani.

“Malah, 10 ton tomat yang sudah saya beli, dibiarkan busuk. Soalnya saya juga kebingungan harus menjualnya kemana. Sementara harga dipasaran tidak sebanding dengan ongkos yang harus saya keluarkan,” tuturnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Petani Penggarap di Cianjur Tuntut Penerapan Reforma Agraria

RATUSAN petani penggarap di Cianjur menggeruduk gedung DPRD Kabupaten Cianjur, di Jalan KH Abdullah bin Nuh, Kamis (26/4/2018) pagi.Mereka menuntut pemerintah mengimplementasikan reforma agraria karena…

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Lodaya 2018

KAPOLRES Cianjur AKBP Soliyah SIK, MH memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Lodaya 2018 di Lapangan Utama Mapolres Cianjur, Jalan KH Abdulah bin Nuh, Kamis (26/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Warga Terdampak Banjir di Ciadun Kembali Tempati Rumah

WARGA di sejumlah kampung di Desa Kertajadi dan Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun yang sempat mengungsi akibat perkampungannya diterjang banjir bandang sudah kembali ke rumah mereka.

Aktualita 22 jam yang lalu

Dua Kali, Kadisdik Diperiksa Polres

DUGAAN korupsi di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Cianjur semakin menguat. Hal itu menyusul diperiksanya Kadisdik Cianjur, Cecep Sobandi oleh Kepolisian Resor (Polres) Cianjur.

Aktualita 22 jam yang lalu

Dugaan Permainan Proyek Terendus, Kadis Pertanian Dipanggil Polisi

WOW, ada apa dengan Cianjur? Setelah Kadisdik diperiksa karena dugaan korupsi, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Pangan dan Holtikultura Kabupaten Cianjur, Mamad Nano pun dipanggil Sat Reskrim Polres…

Cianjur Euy 25/04/2018 21:06 WIB

Banjir Bandang dan Longsor Terjang Cianjur Selatan

RATUSAN keluarga dievakuasi karena meluapnya air Sungai Cidamar, Kecamatan Cidaun. Sementara jalur penghubung Cianjur-Bandung di Kecamatan Naringgul tertutup longsor, akibatnya arus lalulintas di ruas…

Cianjur Euy 25/04/2018 21:06 WIB

Polres Cianjur Siap Gelar Ops Patuh Lodaya 2018

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas Polres Cianjur akan menggelar Operasi Patuh Lodaya 2018, mulai Kamis (26/4/2018) hingga Minggu (6/5/2018).

Aktualita 25/04/2018 08:00 WIB

Mundur Sebelum Kami Turun Tangan

SEGERALAH untuk mundur sebelum kami yang turun tangan. Kalimat itulah yang tertulis dalam Surat Pernyataan Terbuka untuk Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar dan wakilnya, Herman Suherman.

Aktualita 25/04/2018 07:55 WIB

Akhirnya Bupati Berani Sambangi Acara Menteri

Ada yang berbeda saat acara launching program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) yang digelar Kementrian Pertanian (Kementan) di Desa Cikancana, Kecamatan Sukaresmi, Senin (23/4/2018) lalu.

Cianjur Euy 24/04/2018 20:53 WIB

Siswa SMK Berikan Sarung Cinta Untuk Mak Icih

RAUT sumringah terlihat dari wajah Mak Icih, saat puluhan siswa dari salah satu SMK kesehatan swasta di Sukabumi mendatangi kediamannya di Kampung Cikaret, Gang Al Falah, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur.